Ternyata ini ciri-ciri investasi emas bodong yang bikin korbannya rugi miliaran! Sudah tahu?

Kalau belum, lebih baik cari tahu di artikel video Finansialku di bawah ini secepatnya!

 

Kurva penyebaran virus corona belum menunjukkan penurunan. Ini sebabnya, jika tidak ada kepentingan mendesak, lebih baik kamu bertahan diam di rumah, ditemani dengan video-video informatif yang ada di kanal youtube Finansialku, yuk!

 

 

Jangan lupa untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

Ciri-Ciri Investasi Emas Bodong

Beberapa di antara kita mungkin belum tahu apa ciri-ciri dari investasi emas bodong yang sering berkeliaran di masyarakat luas, yang menyasar para investor pemula.

Oleh karena itu, kali ini Finansialku akan memberikan beberapa ciri-ciri investasi emas bodong agar Sobat Finansialku bisa menghindarinya. Catat, ya!

 

#1 Menjanjikan Return Tinggi

Return tinggi, mungkin akan menjadi kemungkinan yang bisa terjadi untuk beberapa investor dengan beberapa profil investasi. Salah satunya, untuk mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi.

Tapi, return tinggi dan risiko rendah, dalam kurun waktu yang singkat, adalah ketidakmungkinan.

Dalam instrumen mana pun, untuk mendapatkan return yang tinggi, maka diperlukan profil risiko yang tinggi, dan kurun waktu yang lama pula.

Apalagi investasi emas, yang biasanya, para investor akan mendapatkan return tinggi dalam kurun waktu yang panjang, meski sebenarnya alur emas cenderung flat mengikuti laju inflasi.

Jadi, apabila Sobat Finansialku diiming-imingi perkataan seperti ini, sebaiknya bersikap kritis, ya!

 

#2 Menawarkan Paket Investasi

Dalam investasi emas, ada beberapa jenis emas yang harus diketahui, seperti perhiasan, batangan, atau pun logam mulia.

Biasanya, cara investasinya adalah dengan menabung, menyicil, atau bahkan membayar tunai untuk setiap jumlah gramasi yang dibeli.

Ini artinya, kita tidak bisa membeli emas dengan cara mencampur setiap jenis emas yang ada, dalam satu bundle paket.

Nah, apabila Sobat Finansialku menemukan penawaran paket investasi emas yang tidak masuk akal, lebih baik mewaspadainya, ya.

 

#3 Belum Punya Izin yang Jelas

Di ciri-ciri investasi emas bodong yang ketiga ini, masih banyak calon investor yang terkesan abai dan tidak meneliti dengan benar.

Padahal, legalitas adalah hal penting untuk satu lembaga atau instansi keuangan tertentu, sebelum bisa dipercaya untuk mengelola investasi dari pada investor.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengecek terlebih dulu lembaga atau instansi tersebut ke pihak berwenang, di mana dalam hal ini adalah OJK, dengan mengunjungi situs resmi ojk.go.id dan memeriksa apakah nama lembaga tersebut terdaftar di sana.

Salah satu lembaga yang sudah terdaftar dan jelas mendapatkan izin untuk mengelola investasi emas adalah Pegadaian.

Per 2017 sendiri, Pegadaian sudah meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital, di mana penggunanya bisa melakukan investasi emas semudah isi pulsa, lho!

Bukan cuma membeli emas, di aplikasi ini, penggunanya juga dimungkinkan untuk melakukan jual, beli, cetak, transfer, sampai gadai tabungan emas, tanpa harus susah payah datang ke kantor Pegadaian.

Sobat Finansialku tertarik untuk mulai investasi emas lewat Pegadaian Digital dengan mudah? Yuk, unduh langsung aplikasinya di Google Play Store atau Apple Apps Store sekarang!

 

#4 Pengelolaan Dana Tidak Jelas

Untuk memberikan keuntungan besar layaknya apa yang dijanjikan, para penipu ini biasanya bakal membuat skema yang menggiurkan supaya banyak yang bergabung.

Padahal jika dilihat lebih dalam sebenarnya bisa saja yang diterapkan adalah skema ponzi (investasi bodong).

Oleh karena itu, bila menemukan perusahaan investasi emas yang sistem pengelolaan dananya tidak masuk akal, sebaiknya jauhi saja.

 

#5 Setoran DP Mempengaruhi Return

Perusahaan atau individu yang menjual investasi emas ilegal seringkali meminta investor untuk menyetor uang muka atau DP.

Modusnya, semakin besar DP, semakin tinggi pula return yang akan diperoleh. Jika mendapatkan penawaran ini, sebaiknya Sobat Finansialku jangan percaya, ya!

 

Itu dia beberapa ciri-ciri investasi emas bodong yang harus diketahui, agar tidak terjebak pada kerugian dengan nominal besar.

Apakah Sobat Finansialku di sini punya tips lain untuk menghindari investasi bodong yang semakin marak ini? Tunggu apa lagi? Yuk, segera bagikan tipsnya di kolom komentar!

Jangan lupa juga untuk bagikan informasi ini kepada orang-orang tercinta, agar mereka terhindar dari penipuan investasi emas bodong, melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini.