Wow!!! Ternyata ini instrumen investasi reksa dana yang bisa kasih cuan sampe 50 persen buat investor!

Apa itu? Yuk, cari tahu sama-sama di artikel video Finansialku di bawah ini.

 

Diam di rumah bukan berarti berhenti memberi asupan diri dengan wawasan-wawasan baru soal finansial, ya!

Tetap #ProduktifDiRumah ditemani oleh ratusan video informatif di kanal youtube resmi Finansialku, agar literasi finansial kita lebih luas!

 

 

Finansialku sangat senang kalau video-video kami bisa bermanfaat untuk sobat Finansialku.

Kami akan lebih senang kalau sobat Finansialku memberi apresiasi untuk kanal youtube resmi Finansialku dengan menekan tombol subscribe di bawah ini. Terima kasih!

 

 

 

Investasi Reksa Dana yang Bisa Cuan 5 – 50 Persen

Siapa yang nggak tahu instrumen investasi reksa dana, yang punya risiko lebih rendah dibanding saham?

Produk investasi reksa dana bisa kita ibaratkan sebagai sereal. Hah, maksudnya gimana?

Sama seperti produk sereal yang terdiri dari berbagai bahan dan komposisi, yang dijual dalam satu kesatuan, reksa dana juga ‘menjual’ emiten-emiten dan produk saham lain dalam satu paket.

Investasi reksa dana merupakan produk yang sudah dikomposisikan oleh manajer investasi. Komposisi pembentuknya bisa pasar uang, obligasi, ataupun saham. Tergantung jenisnya dan manajer investasinya.

Ada 4 jenis reksadana yang umumnya kita temui. Reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Apa bedanya? Ini dia!

 

#1 Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang kebijakan investasinya 100 persen pada surat berharga yang jatuh temponya di bawah 1 tahun termasuk deposito.

Untuk ketahui contohnya, akan dijelaskan dalam video selanjutnya. Jadi, agar tidak ketinggalan, jangan lupa untuk subscribe kanal youtube Finansialku sekarang, ya!

 

#2 Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan pada surat utang (obligasi).

 

#3 Reksa Dana Saham

Reksa dana saham adalah  jenis reksa dana yang menempatkan investasi ke pembelian saham – saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hasil keuntungan diperoleh dari kenaikkan harga saham yang dibeli di bursa saham.

 

#4 Reksa Dana Campuran

Terakhir, reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang alokasinya masing-masing tidak boleh melebihi 79%.

Kenapa tidak boleh melebihi 79%? Karena jika reksa dana ini memiliki komposisi 80% saham, maka nanti akan menjadi reksadana saham.

Bagaimana jika komposisi obligasinya mencapai 80%? kalau mencapai 80%, nanti akan menjadi reksadana pendapatan tetap.

 

Keuntungan dan Kekurangan

Instrumen investasi reksa dana ini jelas lebih aman daripada kamu harus langsung melakukan investasi di instrumennya langsung.

Kenapa? Masih ingat prinsip high risk high return, low risk low return, ‘kan? Ya, reksa dana melakukan diversifikasi produk dan juga instrumen sehingga saat salah satunya lagi ambyar, yang lainnya nggak ikutan ambyar.

Hal ini bisa membuat investasi lebih aman, tapi saat salah satu instrumen lagi naik, kenaikannya pun tidak akan terasa secara signifikan. Selain itu, reksa dana ini pun harganya relatif lebih murah daripada investasi lainnya.

Keuntungan lainnya, investor tidak perlu repot-repot untuk mempelajari detil dari tiap instrumen, tinggal cari manajer investasi yang tepat untuk kemudian kita pantau perjalanannya dari sana.

Pastikan untuk memilih manajer investasi yang tepat agar kamu tidak merugi, ya!

 

Itu dia sedikit informasi mengenai instrumen investasi reksa dana. Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan lain terkait ini? Jangan ragu sampaikan di kolom komentar, ya!

Sobat Finansialku juga bisa menyebarkan informasi ini kepada keluarga atau teman-teman sebanyak-banyaknya lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!