Awas! Jangan buru-buru beli saham! Pastikan kamu sudah melakukan lima hal ini!

Apa saja? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel video Finansialku di bawah ini!

 

Apa kabar? Masih di rumah aja, ‘kan? Masih patuh protokol kesehatan saat berada di luar rumah, ‘kan?

Sekedar mengingatkan, pandemi belum selesai, corona masih ada di sekitar kita. Lebih baik diam di rumah kalau tidak ada keperluan mendesak, ditemani dengan ratusan video dari kanal youtube Finansialku yang dijamin nggak bakal bikin bosen.

 

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Beli Saham

Sobat Finansialku, udah mulai investasi saham? Udah mau beli saham pilihan? Kami sarankan untuk jangan dulu check out sebelum mempertimbangkan 5 hal ini!

 

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Beli Saham #1 Kamu Investor Apa?

Di dunia saham, nggak semua investor menggunakan metode yang sama, lho! Ada growth, nabung saham, atau value investing.

Masing-masing metode punya cara tersendiri dalam memilih saham atau bahkan saat mengambil keputusan.

Nah, ada baiknya Sobat Finansialku tentukan dulu mau pakai metode yang mana, yang sekiranya cocok sama tujuan keuangan Sobat Finansialku!

 

#2 Perhatikan Keuntungannya

Instrumen investasi saham memang punya keuntungan yang nggak pasti, tapi biasanya, rata-rata keuntungan gabungan saham-saham di Indonesia adalah 12 persen.

Nah, dari sini, Sobat Finansialku bisa sesuaikan sama tujuan keuangan Sobat Finansialku.

Apakah dengan return 12 persen tersebut, tujuan keuangan Sobat Finansialku bisa terpenuhi?

Aku nggak tahu berapa persen keuntungan investasi yang harus aku penuhi, Minku!

Nah, untuk tahu berapa persen keuntungan yang dibutuhkan biar tujuan keuangan tercapai, Sobat Finansialku bisa merencanakan keuangan lewat fitur Rencana Keuangan di aplikasi Finansialku.

Dari situ, Sobat Finansialku bisa tahu, deh, berapa persen keuntungan investasi yang harus didapatkan biar tujuan keuangan kita terwujud!

Tenang, Kalau masih bingung, langsung tanyakan pada CFP Finansialku, lewat aplikasi secara GRATIS!

 

#3 Value Investor Harus Lakukan Ini!

Sebagaimana yang sudah kami tuliskan di poin pertama, ada beberapa metode investasi saham yang bisa dipilih.

Nah, kalau Sobat Finansialku pake metode value, maka Sobat Finansialku harus perhatikan value-nya, apakah saham yang akan dipilih harganya undervalue atau overvalue.

 

#4 Jangan Lupakan Risiko!

Biarpun kita melakukan investasi untuk mencapai tujuan keuangan kita, kami nggak akan pernah bosen ingatkan Sobat Finansialku untuk tetap menyiapkan manajemen risiko.

Manajemen risiko dalam investasi saham bisa dilakukan dengan melakukan diversifikasi, atau membagi aset kita ke beberapa saham.

Jadi, ketika ada saham yang merah, kita nggak seratus persen rugi, karena kita bisa mengandalkan aset di saham yang lainnya.

 

#5 Jangan Beli Saham Ketika Sedang Ini!

Terakhir, jangan sampai Sobat Finansialku melakukan check-out ketika emosi sedang nggak stabil, baik itu ketika marah atau ketika senang.

Karena ketika melakukan investasi, Sobat Finansialku harus melakukannya dengan penuh perhitungan, biar nggak menyesal dan kegiatannya nggak jadi judi. Sebelum check-out, pastikan perasaan Sobat Finansialku lagi netral, ya!

 

Itu dia beberapa tips dari Finansialku untuk Sobat Finansialku yang mau beli saham. Kalau Sobat Finansialku punya tips lain, yuk, tuliskan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada investor lainnya lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya!