Pengennya sih, cepet financial freedom. Sering sih, kerja lembur bagai kuda demi dapat banyak bonus. Tapi kok, dompet masih minus? Tenang, Finansialku punya jawabannya!

Simak selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

Kamu bisa menonton video informasi dan tips lainnya dari kanal youtube resmi Finansialku. Gratis cuma buat kamu!

 

 

Kalau kamu menilai video kami bermanfaat, jangan lupa beri kami dukungan dengan tekan tombol subscribe di bawah ini, ya! Supaya Finansialku bisa terus memberikan video informasi dan tips bermanfaat lainnya buat kamu!

 

 

 

Langkah Tepat Mencapai Financial Freedom

Kalau di kesempatan sebelumnya, Finansialku pernah kasih skema rencana untuk mencapai financial freedom, di rangkuman kali ini, Finansialku mau kasih tahu kamu langkah-langkah untuk mencapai financial freedom, nih!

Apa saja? Cek langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

 

Langkah Tepat Mencapai Financial Freedom #1 Cek Kondisi Keuangan Saat Ini

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mencapai financial freedommu, maka kamu tentunya harus mengetahui kondisi keuanganmu saat ini!

Hal ini diperlukan agar kamu bisa mulai dari mana kamu harus mulai dan apa yang harus kamu perbaiki untuk dapat mencapai mimpi financial freedommu!

Kamu dapat mengecek kondisi kesehatan keuanganmu saat ini di sini atau di aplikasi Finansialku yang bisa kamu unduh di Google Play Store dan Apple App Stores, ya!

 

Langkah Tepat Mencapai Financial Freedom #2 Ketahui Posisi Keuanganmu

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah, ketahui terlebih dulu posisi keuanganmu saat ini. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui seberapa jauh jarak antara kamu dan mimpi financial freedommu.

 

#3 Jangan Biasakan Melakukan Utang

Ketiga, mulailah untuk hentikan kebiasaan burukmu satu ini. Sebaiknya, mulai hindari utang untuk hal yang sifatnya konsumtif.

Tenang, kalau sudah terlanjur, maka segera hentikan melakukan utang baru dan lunasi utang secepatnya, ya!

 

#4 Miliki Dana Darurat

Kamu pasti sudah nggak asing dengan istilah ini. Ya, untuk mencapai financial freedom, maka kamu harus mulai mengumpulkan dana darurat, ya!

Dana darurat ini dapat kamu gunakan ketika ada sesuatu yang terjadi di luar rutinmu yang sifatnya genting dan mendesak.

Selain itu, dana darurat juga berguna sebagai proteksi diri agar kamu tetap bisa bertahan meski dalam keadaan darurat.

 

#5 Miliki Asuransi

Eits! Buang dulu semua pendapat skeptismu terkait asuransi ini. Karena asuransi merupakan sebuah elemen penting yang bisa membantu kamu capai financial freedom!

Dengan memiliki asuransi, maka semua asetmu akan terlindungi. Sebelum itu, jangan lupa untuk memastikan kalau kamu sepenuhnya mengerti polis yang ditawarkan.

 

#6 Mulai Investasi

Mulai sekarang, hentikan aksi impulsif yang mengganggu alur finansialmu, ya!

Alokasikan semua dana yang ‘nganggur’ itu untuk investasi.

Jangan lupa untuk lakukan investasi yang sesuai dengan anggaran dan tujuan keuangan kamu, ya!

 

Lakukan semua langkah ini secara sistematis, ya! Jangan lupa untuk catat semua kegiatan finansialmu mulai dari pengeluaran dan pemasukan di aplikasi Finansialku! Jangan sampai kamu menyesal karena aksi impulsifmu yang bisa datang kapan saja!