Ini cara menghemat anggaran keluarga, supaya tidak kalang kabut ketika harus social distance!

Cari tahu selengkapnya di artikel rangkuman Finansialku di bawah ini, ya!

 

Selain video cara menghemat anggaran keluarga di tengah wabah pandemik corona, masih banyak informasi yang bisa ditonton dari video-video yang ada di kanal youtube resmi Finansialku, lho! Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Kalau sudah ditonton, jangan sampai sobat Finansialku lupa untuk tinggalkan jejak di kolom komentar kami, ya! Selesai berkomentar, boleh, lho, tekan tombol subscribe di bawah ini!

 

 

 

Cara Menghemat Anggaran Keluarga di Tengah Wabah Pandemik Corona

Kebanyakan dari kita berpikir kalau Financial Freedom berarti dapat pekerjaan bagus, gaji besar, berhemat gila-gilaan, menginvestasikan 50% dari pendapatan, tidak punya utang dan berharap bisa menabung untuk hari tua.

Tapi apakah kenyataannya seperti itu? Kenyataannya, 97% orang yang hidup dengan pola pikir seperti itu ketika memasuki masa pensiun tidak punya apa-apa. Uang mereka habis. Kenapa?

Karena ada terlalu banyak godaan dan terlalu sedikit kekuatan untuk melawannya. Pada akhirnya kita malah jadi stres sendiri karena tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan melakukan apa yang seharusnya tidak dilakukan.

Cara ampuh yang diberikan saat ini adalah cara sederhana yang bisa Moms coba lakukan dalam keluarga.

Agar nantinya, Moms akan menyadari bahwa sudah banyak sekali yang Moms bisa hemat dari pengeluaran keluarga.

Gimana caranya? Ini dia!

 

Cara Menghemat Anggaran Keluarga #1 Hemat Pengeluaran Listrik

Ada dua cara yang bisa Moms lakukan untuk menghemat biaya pengeluaran listrik.

Pertama, pilihlah produk-produk yang hemat energi. Memang harganya biasanya jauh lebih mahal, tapi dalam jangka panjang, produk-produk seperti ini bisa sangat menghemat pengeluaran.

Kedua, disiplinlah dalam menggunakan listrik. Ajak tiap anggota keluarga untuk mematikan perangkat-perangkat listrik seperti AC, TV, lampu saat tidak digunakan.

 

#2 Buat Daftar Belanja

Cara berhemat yang kedua adalah dengan membuat daftar belanja dan disiplin dalam mengikuti daftar belanja yang sudah dibuat.

Usahakan, daftar tersebut dimulai dari barang yang terpenting dahulu, baru berlanjut pada barang yang sifatnya remeh atau bisa ditunda pembeliannya. Tujuannya tentu agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu.

 

#3 Terapkan Pola Hidup Sehat

Sakit itu mahal. Demikianlah sebuah ungkapan berkata. Faktanya memang benar demikian.

Karena itu, usahakanlah untuk menjalani gaya hidup sehat, sehingga Moms tidak  harus mengeluarkan banyak biaya untuk obat-obatan dan bahkan perawatan rumah sakit.

 

#4 Kurangi Hangout

Nongkrong bersama teman-teman atau rekan kerja memang diperlukan sebagai bagian dari sosialisasi.

Pergi keluar bersama keluarga untuk sekadar refreshing juga diperlukan sesekali.

Meski demikian, bukan berarti kegiatan ini harus dilakukan setiap hari, dan di tempat yang mahal pula, kan?

 

#5 Berhenti Berlangganan yang Tidak Penting

Hentikan berlangganan untuk banyak jasa, dan pilihlah keanggotaan dan langganan untuk keperluan yang sifatnya mendesak saja dan mulailah berhenti berlangganan layanan yang dirasa tidak perlu.

 

Sobat Finansialku, masa pandemi belum terlihat akan segera berakhir, tapi makin banyak saudara-saudara kita yang terseok-seok memenuhi kebutuhan sehari-hari karena PHK dampak COVID-19. Tidak ada yang bisa membantu mereka, selain kita.

Jika kita tidak mau membantu mereka, apa jadinya dengan keluarga yang harus diberi makan? Bagaimana dengan nasib anak-anak mereka yang kelaparan?

Belum terlambat untuk membantu mereka! Segera klik tombol di bawah ini sekarang untuk memberi Donasi bersama Finansialku, terima kasih…

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Untuk mengetahui ke mana saja perginya anggaran keluarga, ada baiknya Moms juga mulai catat setiap pengeluaran dengan disiplin.

Pencatatan pengeluaran anggaran memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan di sela-sela mengerjakan pekerjaan lain.

Oleh karena itu, perlu bantuan dari pihak atau teknologi lain yang menunjang.

Moms bisa manfaatkan aplikasi Finansialku bisa didownload di Google Play Store dan Apple Apps Store untuk menjadi teman Moms mengatur dan mencatat pengeluaran setiap harinya!