Kali ini, Bersama dengan Dimas Prasojo selaku President Director of PopLegal Indonesia, Finansialku akan membahas jenis-jenis modal perusahaan!

 

Simak penjelasannya di bawah ini!

Anda bisa menonton video-video menarik lainnya melalui kanal youtube resmi Finansialku, lho!

 

 

Sebelum mengetahui rangkuman dari video di atas, jangan lupa untuk menekan tombol subscribe di bawah untuk mendapatkan informasi-informasi dan tips-tips yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja!

 
 

Jenis-Jenis Modal Perusahaan

Buat Anda para pelaku bidang usaha, Dimas Prasojo selaku President Director of PopLegal Indonesia akan memberikan informasi tentang jenis-jenis modal perusahaan hanya untuk Anda!

Simak kesimpulan dari videonya di bawah ini ya!

 

#1 Modal Ditempatkan atau Modal Disetor

Pada modal ditempatkan atau modal disetor, biasanya berisi 25 persen dari jumlah modal dasar. Jika dicontohkan, apabila Anda memiliki modal dasar sebesar Rp1 miliar, maka modal disetornya adalah sebesar Rp250 juta.

Pada modal ditempatkan atau modal disetor, terdapat jenis perusahaan yang dibagi ke dalam empat kategori berdasarkan modal disetor, yaitu:

  1. Perusahaan mikro. Perusahaan mikro adalah perusahaan yang modal disetornya dimulai dari skala 0 hingga 50 juta rupiah.
  2. Perusahaan kecil. Perusahaan kecil adalah perusahaan yang modal disetornya dimulai dari skala 51 juta 1 rupiah hingga 500 juta rupiah.
  3. Perusahaan menengah. Yang termasuk ke dalam perusahaan menengah adalah perusahaan yang modal disetornya dimulai dari skala 500 juta 1 rupiah hingga 10 miliar rupiah.
  4. Perusahaan besar. Yang termasuk ke dalam kategori perusahaan besar adalah perusahaan yang modal disetornya di atas 10 miliar satu rupiah.

 

#2 Modal Dasar

Sementara itu, modal dasar merupakan seluruh nilai nominal saham perusahaan yang disebut dalam Anggaran Dasar atau dokumen Akta Pendirian. Pada prinsipnya, modal dasar merupakan total jumlah saham yang dapat diterbitkan oleh perusahaan.

Untuk Anda yang ingin memulai membangun sebuah perusahaan, sebelum terjun langsung dan memulai membangun perusahaan impian Anda, tentu saja Anda perlu menambah wawasan dan mengetahui istilah-istilah berkaitan.

Selain mendapatkan informasi dari sumber buku dan internet, Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan dari fitur live chat yang ada di aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan permasalahan finansial langsung dari ahli yang kredibel dan bersertifikat, lho!

 

Finansialku tidak pernah bosan untuk membantu meningkatkan literasi finansial Anda dengan menghadirkan video-video tips dan informasi bermanfaat secara Cuma-Cuma.

Aktifkan notifikasi dengan menekan ikon lonceng di samping tombol subscribe agar tidak tertinggal video-video terbaru dari kanal youtube resmi Finansialku, ya!