Ada salah satu pilar perencanaan keuangan yang harus kamu ketahui, agar tidak sampai merugi di masa depan. Apa itu?

Jawabannya bisa kamu ketahui di artikel video Finansialku di bawah ini!

 

Sampai saat ini, masih banyak korban berjatuhan karena terpapar Covid-19. Ini artinya, meski sudah diberlakukan new normal, akan lebih baik bila kamu tetap diam di rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

Tidak perlu khawatir bosan, ratusan video bermanfaat dari kanal youtube Finansialku, akan menemani kamu selama berkegiatan di rumah. Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

Salah Satu Pilar Perencanaan Keuangan yang Harus Kamu Perhatikan!

Ketika kamu merencanakan keuangan untuk impianmu, ada salah satu pilar perencanaan keuangan yang benar-benar harus kamu perhatikan, lho!

Adalah manajemen risiko, yang merupakan bentuk pengelolaan ketidakpastian dari ancaman yang bisa menyerang rencana keuanganmu.

Risiko yang bisa menyerang rencana keuanganmu datang dalam berbagai jenis dan bentuk, seperti ketika tiba-tiba kamu dilanda sakit dan arus keuanganmu terpaksa harus rusak karena kamu butuh biaya rumah sakit.

Lalu, apa saja manajemen risiko yang bisa kamu siapkan agar arus keuanganmu tidak terganggu? Ini dia!

 

Pilar Perencanaan Keuangan #1 Dana Darurat

Sesuai dengan namanya, dana darurat adalah sejumlah dana yang bisa kamu manfaatkan ketika menghadapi keadaan darurat.

Keadaan darurat sendiri merujuk pada keadaan di mana kamu sama sekali tidak bisa menghasilkan uang, seperti ketika kamu keluar dari pekerjaan.

Sudah tahu besaran dana darurat yang harus kamu kumpulkan? Untuk kamu yang single dan belum punya tanggung jawab, besaran dana daruratmu adalah 6x pengeluaran bulananmu.

Sementara untuk kamu yang sudah menikah, besaran dana darurat yang harus disiapkan adalah sebesar 9x pengeluaran bulananmu.

Kemudian untuk kamu yang sudah menikah dan punya anak serta tanggungan, besaran dana darurat yang harus disiapkan adalah 12x pengeluaran bulananmu.

 

Pilar Perencanaan Keuangan #2 Asuransi

Setelah kamu selesai mengumpulkan dana darurat, maka kini saatnya untuk melindungi diri kamu dengan asuransi.

Ada dua asuransi yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu asuransi kesehatan dan jiwa.

Asuransi jiwa, akan menjamin keluarga kamu dari kesulitan ketika kamu meninggal dunia.

Sementara asuransi kesehatan, bisa melindungi kamu dari kerugian dan rusaknya arus keuangan ketika kamu sakit.

Karena kita tahu, risiko-risiko di atas ini datang di momentum yang tidak kita duga sebelumnya.

Jadi, untuk menghindari kerugian, ada baiknya untuk kamu memiliki asuransi kesehatan.

 

#3 Cari Produk yang Sesuai

Di Indonesia, produk asuransi kesehatan semakin lama semakin banyak, dengan kelebihan yang berbeda dari masing-masing produk.

Ini akhirnya mengharuskan kamu untuk memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan profilmu.

Kamu bisa melakukan perbandingan semua asuransi kesehatan yang banyak itu dalam satu waktu, dengan menggunakan aplikasi Qoala, yang bisa kamu unduh di Google Play Store sekarang!

 

#4 Sesuaikan Budget dengan Premi

Kalau kamu sudah menemukan produk asuransi kesehatan yang sebelumnya kamu bandingkan di aplikasi Qoala, ini waktunya kamu untuk menyesuaikan budget dengan premi yang tersedia.

Jangan sampai memaksakan harga dan kemampuan kita, sampai-sampai harus rela merusak kondisi keuangan kita, ya!

Tidak perlu bingung menyesuaikan secara manual, karena kini kamu bisa melakukannya dengan mudah, lewat aplikasi Qoala.

 

#5 Beli di Tempat Terpercaya

Jangan asal beli di tempat yang tidak kamu ketahui asal usulnya, ya! Karena kita tahu sendiri, bentuk penipuan sudah semakin kreatif.

Maka kita harus lebih kreatif untuk melakukan crosscheck dan membeli asuransi kesehatan di tempat yang sudah terpercaya.

 

#6 Konsultasi Dulu!

Jangan buru-buru membeli asuransi kesehatan! Lebih baik kamu konsultasikan lagi pada ahlinya langsung, untuk memastikan kalau kamu sudah memilih premi yang benar.

Kamu bisa konsultasikan ini bersama para ahli lewat aplikasi Qoala, lho! Jadi, bukan hanya melakukan perbandingan produk dan harga, lewat aplikasi Qoala ini, kamu juga bisa konsultasi langsung dengan ahlinya!

 

Masih bingung? Tanyakan langsung saja caranya lewat Direct Message di instagram resmi Qoala: @qoala.app sekarang!

 

Apakah kamu sudah pernah melakukan konsultasi dan membandingkan produk hingga harga asuransi di aplikasi Qoala? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, yuk!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini pada teman-temanmu yang lainnya, lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya!