Sebelum melangsungkan pernikahan, alangkah baiknya kamu tanyakan lima pertanyaan ini pada pasangan kamu, ya. Supaya jadi keluarga yang samawa!

Apa saja pertanyaannya? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel video Finansialku kali ini.

 

Sobat Finansialku, menikah itu bukan hanya perkara siap secara fisik dan mental, tapi juga secara keuangan. Sudah siapkah keuangan kamu untuk menikah dan pasca menikah? Kalau belum, jangan buru-buru menikah, ya.

Selagi mempersiapkan dana pernikahan, kamu bisa sambil menambah pengetahuan keuangan kamu lewat video-video informatif di kanal Youtube Finansialku.

 

Jangan lupa klik tombol subscribe dan nyalakan loncengnya agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video bermanfaat lainnya!

 

 

 

Tanyakan Pertanyaan Ini Pada Pasangan Sebelum Menikah!

Di usia yang memasuki fase ‘dewasa’ di kehidupan sosial, apalagi buat Sobat Finansialku yang sudah punya pasangan dan dana pernikahan pun bentar lagi terkumpul, rasanya ingin langsung nikah aja.

Tapi, jangan terburu-buru, ya. Sebelum menikah, kamu harus membicarakan lima hal ini bareng pasangan kamu, agar menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, marrahmah.

 

#1 “Apa yang Kamu Harapkan dari Sebuah Pernikahan?”

Nikah itu bukan cuma tinggal bareng pasangan sampai maut memisahkan, lho! Tapi juga menyamakan persepsi tentang cara pandang kita dengan pasangan terhadap sesuatu.

Kita nggak mau, ‘kan, ketika nikah nanti dibumbui hal-hal nggak mengenakkan hanya karena selalu punya perbedaan persepsi?

 

#2 “Bagaimana Cara Kamu Menghadapi Situasi yang Sulit?”

Pertanyaan kedua ini wajib untuk kamu tanyakan pada pasangan, karena jawaban pasangan kamu akan memberikan jawaban tentang sifatnya.

Juga, penilaian apakah pasangan kamu adalah sosok yang bertanggung jawab atau tidak, ketika kalian berdua dihadapkan pada keadaan yang sulit.

 

#3 “Apakah Kamu Akan Merasa Nyaman Berbagi Rasa Tanggung Jawab?”

Ketika menikah, mayoritas orang di dunia merasa kalau pihak laki-laki yang harus seratus persen bertanggung jawab terhadap kesejahteraan keluarga.

Padahal sebenarnya, sifat dan sikap tanggung jawab bukan hanya harus dilakukan dan dimiliki oleh kaum laki-laki, tapi juga perempuan.

Nah, untuk menyamakan persepsi ini, tentu kamu harus bertanya soal ini ke pasangan sebelum menikah.

 

#4 “Bagaimana Cara Kamu Mengelola Keuangan?”

Ini adalah salah satu pertanyaan yang cukup penting untuk ditanyakan.

Meski terdengar sangat tabu untuk dibicarakan, tapi kamu tentu harus tahu bagaimana kebiasaan pasangan kamu dalam mengeluarkan uang dan bagaimana dia mengelola keuangannya.

Ini perlu ditanyakan untuk menghindari adanya cekcok tentang perbedaan kebiasaan mengelola keuangan yang bisa menjadi pemicu pertengkaran.

Selain itu, pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk mengetahui apakah kamu dan pasangan punya visi dan misi yang sama terhadap uang.

 

#5 “Apa Pengalaman Masa Kecil yang Masih Kamu Ingat?”

Pertanyaan ini mungkin menurutmu tidak penting. Tapi, tahukah kamu kalau pengalaman masa kecil memegang peran penting dalam membentuk kepribadian seseorang?

Bukan cuma itu, tidak semua orang sadar kalau pengalaman masa kecilnya bisa jadi pemicu munculnya trauma-trauma yang dirasakan oleh orang dewasa.

Ketika kamu mengetahui pengalaman masa kecil yang masih diingat pasangan, secara tidak langsung kamu juga mengetahui pola pikir, serta keadaan mental pasanganmu.

 

Sobat Finansialku, sudah menanyakan kelima hal itu pada pasangan? Sudah seberapa siapkah kamu untuk berumah tangga? Yuk, share jawaban kamu di kolom komentar!

Jangan lupa bagikan pula artikel ini pada rekan-rekan yang akan nikah. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri Haryati