Solusi masalah keuangan keluarga kamu kadang bikin kepala pening. Finansialku punya solusinya!

Selengkapnya, ada di artikel rangkuman di bawah ini!

 

Bukan cuma solusi masalah keuangan kamu, tapi Finansialku juga punya ratusan solusi lainnya yang ada di kanal youtube resmi Finansialku yang bisa ditonton gratis! Jadi, tunggu apa lagi?

 

 

Gimana? Udah ditonton video-videonya? Udah nemu solusinya? Kalau gitu, jangan lupa kasih dukungan buat Finansialku dengan tekan tombol subscribe di bawah ini, ya!

 

 
 

Solusi Masalah Keuangan Keluarga Kamu

Masalah keuangan yang kita pikir bisa diselesaikan dengan mudah, nyatanya jadi salah satu pemicu keretakan rumah tangga, lho!

Maka dari itu, untuk menghindari adanya percekcokan soal keuangan, kita perlu melakukan pengaturan keuangan bersama dengan pasangan.

Di bawah ini, Finansialku akan kasih tips yang bisa dilakukan untuk para pasangan yang sudah menikah untuk melakukan pengaturan keuangan. Ini dia!

 

Solusi Masalah Keuangan Keluarga #1 Buat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan

Ketika menikah, maka terdapat lebih banyak opsi yang bisa dilakukan. Berbeda dengan keadaan sebelum menikah yang hanya ada ‘aku’, ketika menikah, maka ‘aku’ otomatis berubah menjadi ‘kita’.

Semua hal dilakukan bukan hanya untuk ‘aku’, tapi juga untuk ‘kita’. Begitu pun dengan pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang sekarang bisa dilakukan berdua.

Nah, contoh pengeluaran yang bisa dicatat oleh ‘kita’ di antaranya adalah:

  • Belanja bulanan
  • Biaya pemeliharaan rumah
  • SPP sekolah anak
  • Biaya berdua lainnya.

 

#2 Buka Rekening Bersama

Para pasangan yang sudah menikah, lebih baik untuk buka rekening bersama yang berisi tabungan dari dua pihak.

Hal ini bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Aliran uang yang masuk dan keluar pun bisa terlacak dengan jelas.

 

#3 Sepakati Pengelolaan Keuangan Bersama

Kegiatan mengelola keuangan setiap pasangan sebenarnya ada beberapa opsi dan pilihan yang sesuai dengan mempertimbangkan pada karakteristik setiap pasangan yang tentu berbeda-beda.

 

#4 Komunikasikan Masalah yang Dihadapi Secara Terbuka

Apapun yang terjadi dalam kehidupan pernikahanmu, semuanya tentu harus dikomunikasikan secara terbuka.

Apalagi soal keuangan, jangan sampai hal ini menjadi pemicu miskomunikasi dan kesalahpahaman di antara kamu dan pasanganmu, ya!

Salah satu masalah keuangan yang harus dikomunikasikan antar pasangan adalah kewajiban finansial dari masing-masing yang harus dipenuhi.

Jangan disembunyikan karena perkara gengsi semata, ya!

 

Agar lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu dan energi, lakukan proses pencatatan dan pengelolaan keuangan di aplikasi Finansialku yang bisa kamu download di Google Play Store dan Apple App Store, ya!