Lagi cari tempat wisata yang indah dan sejuk? Wahana Alam Parung bisa menjadi pilihan utama yang wajib kamu kunjungi saat berlibur.

Cek ulasan Finansialku berikut yang akan membahas seputar tempat wisata Wahana Alam Parung di Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

Summary:

  • Wahana Alam Parung pertama kali dibuka sebagai kolam pemancingan pada tahun 2009.
  • Terdapat banyak fasilitas di area Wahana Alam Parung, mulai dari permainan air, playground, mini zoo, hingga penginapan yang nyaman.

 

Sejarah Wahana Alam Parung

Wahana Alam Parung adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Tepatnya ada di Kampung Parung Desa Guranteng Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya.

Objek wisata ini dibangun di atas lahan seluas 4 hektare dengan kapasitas 4 ribu pengunjung. Wahana ini didirikan oleh pengusaha berdarah Tasikmalaya yaitu Haji Aji Hidayat.

Dibuka sejak 2009, Wahana Alam Parung awalnya hanya berupa kolam pemancingan. Kini, tempat wisata ini telah berkembang pesat dan menjadi primadona di Jawa Barat.

Wahana alam parung

Tempat Wisata Wahana Alam Parung di Tasikmalaya. Sumber: Instagram (@wahanaalamparung_)

 

Di dalamnya, terdapat beragam wahana yang bisa kamu nikmati, mulai dari wahana air, pemancingan, playground, sampai kebun binatang mini.

Tak heran, Wahana Alam Parung selalu ramai pengunjung guna sesaki berbagai wahana, terutama setiap pekannya selama liburan sekolah.

 

Lokasi dan Cara Menuju Wahana Alam Parung

Berada di wilayah perbukitan hijau, tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin berlibur sekaligus melepas penat bareng keluarga.

Selain dapat menikmati berbagai fasilitas dan wahana seru, ada juga keindahan hamparan bukit dan persawahan yang terbentang yang memanjakan mata.

Untuk lokasinya, Wahana Alam Parung berada di Jalan Suryalaya – Pagerageung No. 431, Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Akses menuju lokasi Wahana Alam Parung ini cukup mudah, serta tidak jauh dari pusat kota Tasikmalaya. Pengunjung akan menempuh jarak kurang lebih 40 km dari Tasikmalaya ke arah utara atau kurang lebih sekitar satu jam perjalanan.

[Baca Juga: Inilah 10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Nataru 2024]

 

Wahana yang Terdapat di Wahana Alam Parung

Wahana Alam Parung sangat cocok kamu kunjungi bersama keluarga karena tempat ini memiliki banyak wahana dan fasilitas bermain bagi anak-anak.

Selain itu, background pegunungan dan persawahan yang membentang di sekitarnya membuat pemandangan di sekitar objek wisata ini begitu indah dengan udaranya yang sejuk.

Berikut adalah sejumlah wahana yang bisa kamu coba di tempat wisata Wahana Alam Parung:

 

#1 Kolam Renang

Area permainan air di Wahana Alam Parung tentu menjadi wahana yang paling digemari para pengunjung. Ada beberapa kolam renang dengan ukuran besar, mulai dari kolam khusus anak-anak, kolam khusus dewasa, hingga kolam renang unik berbentuk love.

Menariknya lagi, setiap kolam memiliki wahana atau permainan air tersendiri, seperti perosotan, ember tumpah, dan wahana salju.

 

#2 Taman Kelinci

Di sini juga ada Taman Kelinci yang cute dan eye catching banget, lho. Pengunjung bisa melakukan kegiatan seru seperti bermain dengan kelinci yang imut dan menggemaskan di atas rerumputan hijau.

Finansialku jamin si kecil bakal happy banget saat mengunjungi Taman Kelinci ini.

 

#3 Mini Zoo

Tak hanya Taman Kelinci, tempat wisata ini juga menyediakan mini zoo dengan berbagai macam hewan jinak.

Di sini, pengunjung dapat berinteraksi dan berfoto bersama koleksi satwa yang ada di Wahana Alam Parung. Mulai dari rusa, burung merak, hingga kuda poni.

 

#4 Playground

Berikutnya, ada playground dengan ragam permainan seru seperti labirin, yang bakal membuat anak-anak betah bermain di sini.

Jadi, para orangtua bisa menikmati liburan dengan tenang sambil menyaksikan momen keceriaan si kecil.

 

#5 Sepeda Gantung

Bagi yang suka memacu adrenalin, kamu bisa mencoba wahana sepeda gantung yang tersedia di Wahana Alam Parung.

Nggak perlu takut! Pasalnya, wahana ini sudah menyiapkan sejumlah perlengkapan safety dan jaring yang menjamin keselamatan para pengunjung.

 

Tempat wisata ini memang pas kamu kunjungi saat akhir pekan maupun di hari-hari biasa. Selain untuk melepas penat, para orang tua juga bisa memberi edukasi pada anak-anaknya untuk mengenali berbagai jenis hewan serta memberi mereka makan.

Sementara itu, para ayah juga bisa mencoba bermain bola di mini soccer yang tersedia di Wahana Alam Parung.

Namun, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp200.000 per jam pada siang hari dan Rp250.000 per jam pada malam hari untuk menyewa lapangan ini.

Bagi Sobat Finansialku yang tertarik berkunjung ke Wahana Alam Parung, pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Seperti lahan parkir, kamar bilas, café, gazebo, toilet, dan tentunya masjid yang nyaman untuk beribadah.

Sobat Finansialku yang ingin melangsungkan pernikahan juga bisa menyewa gedung wedding di Wahana Alam Parung untuk merayakan momen bahagia kamu bersama pasangan.

[Baca Juga: 35 Resort-Hotel Hingga Tempat Wisata Kuliner di Lembang]

 

Harga Tiket Masuk Wahana Alam Parung

Untuk menikmati keindahan dan keseruan berlibur di Wahana Alam Parung, pengunjung harus membeli tiket masuk yang tersedia di area ticket box.

Harga tiket masuknya sendiri terbagi menjadi 3, yaitu tiket reguler, extra, dan golden.

Untuk tiket reguler, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp25.000 (weekday) dan Rp35.000 (weekend) dengan fasilitas seperti kolam renang reguler, mini zoo, dan panggung hiburan.

Jika ingin menikmati kolam renang executive, playground, dan perosotan pelangi, pengunjung bisa menambah tiket extra seharga Rp20.000.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati semua wahana sepuasnya, kamu bisa membeli tiket golden seharga Rp40.000 (weekday) dan Rp50.000 (weekend).

Dengan biaya yang terhitung murah ini, pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas dan wahana yang ada.

Mulai dari kolam renang reguler + executive, panggung hiburan, playground, perosotan pelangi, sepeda gantung, dan mini zoo.

Wahana Alam Parung buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Pengunjung yang berencana berlibur ke tempat tersebut dapat menyesuaikan dengan jam operasionalnya.

Gimana Sobat Finansilku? Harga tiketnya masih relatif terjangkau, kan? Nah, jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak tips liburan yang murah meriah, tonton video yang tersemat berikut ini!

 

 

Penginapan Sekitar Wahana Alam Parung

Selain berbagai fasilitas yang ada, pengunjung juga dapat menginap di penginapan yang tersedia di tempat wisata Wahana Alam Parung.

Kamar-kamarnya pun sudah berskala hotel, sehingga akan terasa nyaman saat bermalam bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Soal harga, pengunjung harus membayar sekitar Rp400.000 per malam untuk kamar berkapasitas 3-4 orang.

Adapun fasilitas yang tersedia di dalam kamar seperti smart TV, AC, hingga water heater. Pokoknya nyaman banget, deh!

Nah, setelah mengetahui beragam fasilitas dan harga tiketnya, apakah Sobat Finansialku tertarik untuk mengunjungi destinasi ini?

Jika kamu datang dari luar kota, maka persiapkan juga biaya transportasi dan akomodasinya, apalagi jika ada rencana menginap di penginapan Wahana Alam Parung.

Agar lebih mudah dalam merencanakan keuangannya, yuk, hitung dengan Kalkulator Dana Liburan Finansialku. Untuk panduan lengkapnya, kamu pun bisa download ebook gratis dari Finansialku Cara Menikmati Liburan Seru Anti Bokek

 

Tempat Makan Sekitar Wahana Alam Parung

Para pengunjung juga tidak perlu khawatir soal makanan karena Wahana Alam Parung terus berinovasi dengan menyediakan foodcourt area yang cozy.

Ada juga berbagai tenant makanan dan minuman yang harganya ramah di kantong. Mulai dari rice bowl, ayam geprek, seblak, roti bakar, ice coffee, es krim, hingga warung jajanan.

Pengunjung yang membawa makanan sendiri dari rumah pun bisa tetap menikmatinya bersama keluarga dan orang tersayang di gazebo yang tersedia.

[Baca Juga: 15+ Rekomendasi Tempat Wisata Tawangmangu untuk Liburan]

 

Rencanakan Dana Liburan Secara Maksimal

Itu tadi informasi lengkap seputar Wahana Alam Parung, tempat wisata di Tasikmalaya yang seru dan wajib banget kamu kunjungi.

Yuk, rencanakan liburan bersama keluarga ataupun teman di tempat wisata yang satu ini! Kamu bisa mulai dengan menyiapkan anggaran liburan yang sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Jika memerlukan advice dalam merencanakan keuangan termasuk untuk dana liburan, Perencana Keuangan Finansialku siap membantu.

Kabar baiknya, kamu bisa manfaatkan layanan FREE Konsultasi seputar keuangan dan investasi selama 20 menit (seharga Rp250.000). 

Ambil kesempatanmu sekarang juga dengan cara klik banner di bawah ini atau hubungi Customer Advisory via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

Free FCU

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Berlibur di Wahana Alam Parung pasti seru banget, deh! Bukan cuma menyuguhkan keindahan alamnya saja, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas dan wahana yang sayang banget untuk dilewatkan.

Tunggu apalagi? Buruan share artikel ini dan ajak keluarga, teman, ataupun pacar kamu untuk menikmati liburan di Wahana Alam Parung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Dhani Irawan. 18 Juli 2022. Satu Lagi Primadona Wisata Tasikmalaya: Wahana Alam Parung. Kompas.com – https://shorturl.at/pvCO4
  • Dini Daniswari. 08 Juli 2023. Wahana Alam Parung: Daya Tarik, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute. Kumparan.com – https://shorturl.at/lT156
  • Viral Food Travel. 20 Juni 2022. Wahana Alam Parung, Tempat Wisata di Tasikmalaya untuk Liburan Seru Keluarga. Djavatoday.com –https://shorturl.at/gDKV0
  • Willy Azizzah. 29 Januari 2022. Wahana Alam Parung, Destinasi Wisata Keluarga di Kabupaten Tasikmalaya. Detik.com – https://shorturl.at/egyKM