Virus corona varian Delta saat ini sudah berkembang dan menyebar luas di Indonesia. Apa yang harus dilakukan ketika terkena virus varian baru ini?

 

Jika Terpapar Virus Corona Varian Delta

Virus corona terus bermutasi hingga sampai saat ini. Dilansir dari WebMD, 12 Juli 2021, varian Delta ini juga dikenal sebagai B.1.617.2, yang dapat menyebar lebih mudah menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika, CDC.

Strain tersebut punya mutasi pada protein lonjakan yang dapat membuat lebih mudah menginfeksi pada sel manusia.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika terinfeksi virus corona varian Delta?

Dilansir dari laman Jakarta Smart City, 2 Juli 2021, langkah yang diambil kurang lebih sama dengan seperti ketika terinfeksi virus lainnya.

 

#1 Sobat Finansialku Perlu Melaporkan Hasil Tes Ke RT Atau RW Setempat Dan Lakukan Isolasi Mandiri

Jika Sobat Finansialku memiliki gejala ringan, Sobat Finansialku dapat melakukan isolasi mandiri dirumah atau yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat.

Sesuai himbauan oleh Kemenkes bahwa tempat isolasi mandiri harus memiliki ventilasi yang baik dengan mobilitas yang terbatas.

Namun, jika Sobat Finansialku merasakan gejala sedang, dapat menjalani isolasi dengan perawatan dari RS lapangan, RS Darurat Covid-19, RS non-rujukan, dan RS rujukan.

[Baca Juga: Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman ini Saat Isolasi Mandiri]

Tetapi, jika Sobat Finansialku mengalami gejala berat-kritis, kamu dapat menjalani perawatan HCU/ICU RS rujukan. Selama melakukan isolasi mandiri atau mendapatkan perawatan, seseorang yang terkena positif Covid-19 diwajibkan seperti berikut ini:

  • Pakai masker
  • Menjaga jarak dengan orang lain
  • Mencuci tangan dengan sabun dan di air mengalir
  • Memakai peralatan makan terpisah
  • Rutin membersihkan ruangan
  • Menghindari kontak dengan barang-barang yang mungkin terkontaminasi

 

Dihimbau juga untuk menginformasikan hasil tes kepada orang-orang yang pernah berkontak erat dengan kamu setidaknya selama dua minggu terakhir. Hal penting juga yang harus kamu ketahui yaitu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Selama isolasi mandiri, kamu perlu istirahat yang cukup, makan dan minum yang teratur, serta berolahraga ringan setiap hari.

 

#2 Cara Melindungi Diri

Perlindungan terbaik agar dapat mencegah terinfeksi virus corona varian Delta yaitu dengan mendapatkan vaksin terlebih juga dengan dosis vaksin kedua.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Pengobatan Darurat di Johns Hopkins Medicine, Baltimore, DR Gabe Kelen. Ketika kamu sudah mendapatkan dosis kedua, kamu perlu menggunakan masker dan jaga jarak, menurut CDC.

Tetapi, hal tersebut bukan berarti seseorang tidak dapat terinfeksi sama sekali, namun rawat inap dan kematian secara signifikan lebih kecil kemungkinannya daripada jika tidak divaksinasi.

 

#3 Berikut Gejala Virus Corona Varian Delta

Varian Delta mirip degan virus corona awal dan varian lainnya, termasuk batuk terus menerus, sakit kepala, demam, dan juga sakit pada tenggorokan.

Walau demikian, terdapat laporan dari pasien Covid-19 di Inggris yang menyatakan bahwa beberapa gejala varian Delta berbeda, menurut data dari ZOE Covid Symptom Study.

Selain itu juga, batuk dan kehilangan penciuman tampak kurang umum, yang ada justru sakit kepala, sakit pada tenggorokan, dan demam tampak lebih umum.

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan terkait hal ini? Tuliskan komentarmu di bawah ini.

Selalu jaga kesehatan badan dan juga kantong ya Sobat Finansialku. Terapkan protokol kesehatan 5M: Mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Amankan juga kesehatan keuanganmu dengan aplikasi Finansialku!

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Finansialku.com dengan Kompas.com . Isi dan data yang tertera dalam artikel ini merupakan tanggung jawab Kompas.com

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3zJKQEl