Untuk kamu yang berencana pindah kerja, yuk baca dulu artikel Finansialku berikut ini tentang ‘waktu yang tepat untuk pindah kerja’

Supaya keputusan kamu tepat, yuk disimak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pindah Kerja

Berpindah-pindah kerja seringkali dianggap negatif. Pasalnya, kamu akan dianggap tidak loyal pada perusahaan. Namun, hal ini tergantung dengan situasi dan kondisinya. Generasi angkatan kerja saat ini lebih memiliki keinginan untuk berkembang.

Memiliki visi mengenai karier yang akan ditempuh. Hal ini tentu berbeda dengan generasi angkatan kerja baby boomers dan sebelumnya yang menganggap kerja di satu tempat sampai pensiun menunjukkan loyalitas.

 

Waktu yang Tepat untuk pindah kerja, yaitu:

Finansialku akan membahas untuk kamu, kapan waktu yang tepat mengambil keputusan pindah kerja. Ini dia…

 

#1 Saat Tidak Ada Hal yang Bisa Dipelajari Lagi

Jika kamu merasa tak ada kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dan ide, inilah waktu yang tepat untuk pindah kerja. Memang, ada tipe orang yang suka dengan zona nyaman. Mereka senang jika melakukan hal yang sama.

Namun, hal itu menjadi masalah untuk kamu yang haus akan pengalaman baru. Kamu pasti ingin mempelajari hal dan tantangan baru.

Pindah 1

[Baca Juga: Intip Fasilitas Kerja Perusahaan Unicorn yang Buat Karyawan Hepi]

 

Ini akan membuat potensi diri kamu berkembang. Kamu pun dapat berkontribusi pada perusahaan dengan memaparkan ide-idemu.

Namun, saat tak ada hal yang dipelajari lagi, potensi kamu akan stuck alias mandek. Hal ini biasanya berhubungan dengan tidak adanya jenjang karier. Lebih baik mencari pekerjaan baru yang lebih mendukung perkembangan potensi dan skill kamu.

 

#2 Saat Kamu Tak Lagi Antusias

Pindah kerja merupakan hal terbaik jika kamu merasa tak lagi antusias untuk menginjakkan kaki di kantor. Apalagi, mengerjakan pekerjaan. Intinya, kamu sudah tak menikmati pekerjaan itu seperti dulu. Maka, itulah waktu yang tepat untuk pindah kerja.

 

#3 Saat Tak Ada Peningkatan Gaji

Sebelum memutuskan untuk pindah kerja, kamu harus memastikan bahwa prestasi yang kamu lakukan sesuai dengan gaji yang diterima. Jika tidak, inilah saatnya Anda mencari pekerjaan lain yang lebih menghargai usaha kamu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan dan harga barang selalu naik.

Jika setiap tahun gaji tak ada peningkatan, pantau apakah kamu sudah maksimal memberikan yang terbaik bagi perusahaan? Bila kamu sudah maksimal untuk perusahaan tersebut, tapi gaji kamu masih tetap seperti itu tidak ada peningkatan, maka itulah waktu yang tepat untuk pindah kerja. 

 

#4 Saat Tabungan Sudah Cukup

Apabila kamu belum memiliki tabungan yang cukup, urungkan untuk pindah kerja. Jika kamu sudah punya pekerjaan pengganti, itu lebih aman. Masalahnya, jika belum memiliki pekerjaan pengganti.

Pindah 3

[Baca Juga: Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya!]

 

Ketika keluar dari pekerjaan, kamu butuh waktu untuk mencari pekerjaan baru. Pastikan kamu memiliki tabungan yang cukup untuk masa-masa ini, ya. Besarannya berkisar 4 sampai 12 bulan pengeluaran bulanan.

 

#5 Saat Tidak Ada Penghargaan yang Sesuai

Kamu sudah bekerja keras dan berprestasi untuk mencapai target perusahaan. Jika dibutuhkan, kamu pun tak menolak untuk bekerja lembur. Bahkan, kamu bersedia ‘diganggu’ oleh pekerjaan di waktu libur.

Intinya, kamu sudah mengorbankan waktu dan energi untuk perusahaan. Namun, tak ada penghargaan yang sesuai. Prestasi seolah tidak dianggap oleh perusahaan. Bahkan, usaha kamu dinilai biasa saja.

Atasan pun tak memperjuangkan usahamu untuk mendapatkan penghargaan yang sesuai. Jika semakin lama ada di situasi seperti ini, kamu akan tertekan dan tidak dihargai.

Bagaimana pun juga seorang karyawan butuh diapresiasi atas kontribusinya. Maka dari itu, inilah saatnya untuk pindah ke perusahaan lain yang lebih menghargai usaha dan prestasi kamu.

 

#6 Saat Tingkat Stres Terlalu Tinggi

Tekanan dalam pekerjaan memang tidak bisa dihindari. Namun, jika sudah merampas kesehatan mental kamu, sebaiknya tinggalkan dan cari perusahaan lain yang tidak membebani mental. Tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi hubungan intrapersonal dan interpersonal.

Kamu akan sering kehilangan kendali emosi. Sering kali melampiaskan stres kamu pada keluarga dan teman. Kinerja kamu di perusahaan pun akan menurun dan kreatifitas berkurang.


 

#7 Saat Lingkungan Tidak Lagi Membuat Nyaman

Bekerja di perusahaan membutuhkan teamwork. Saat hubungan kamu dengan rekan kerja atau atasan tidak lagi sejalan, kinerja kamu pun akan menurun.

Ada banyak sebab yang membuat hubungan menjadi tidak baik. Hal ini tidak baik untuk kamu dan perusahaan. Pasalnya, akan menimbulkan situasi tidak nyaman dan kondusif.

 

Pindah Kerja dalam Waktu Berkala

Pindah kerja bukan berarti menyia-nyiakan kesempatan kerja. Justru, disarankan untuk pindah kerja secara berkala. Minimal 2-4 tahun.

Di luar sana, banyak hal yang perlu kamu pelajari. Apalagi jika kamu masih muda. Ini artinya, kamu tahu betul bagaimana memanfaatkan kesempatan untuk membangun hidup yang lebih stabil.

 

Di tengah pekerjaan maupun rencana untuk pindah kerjamu, jangan lupa untuk memperkaya ilmu finansial kamu dengan membaca ebook gratis dari Finansialku berikut ini:

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Itu dia waktu yang tepat untuk pindah kerja. Apakah kamu sudah mantap untuk pindah kerja? Jangan lupa share artikel ini ya. Siapa tahu ada teman atau saudara yang bernasib sama sepertimu. Terima kasih…

 

Sumber Referensi:

  • Natasha Gowandi. 4 Juli 2018. Ini Dia Waktu yang Tepat untuk Pindah Kerja Bagimu. Swara.tunaiku.com – https://bit.ly/2XOBLZr
  • Admin. Hal-Hal Yang Membuat Anda Harus Pindah Kerja. Id.jobsdb.com – https://bit.ly/2ZW8ZJ6

 

Sumber Gambar:

  • Pindah 1 – https://bit.ly/2TWMOip
  • Pindah 2 – https://bit.ly/36LsV2U
  • Pindah 3 – https://bit.ly/3ckbyav