Kini whatsapp dark mode secara resmi sudah bisa diaplikasikan pada aplikasi kita dengan ketentuan ini.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Baca Ini Untuk Bisa Menikmati Fitur Whatsapp Dark Mode

Applikasi WhatsApp kini menghadirkan fitur terbaru yakni dark mode. Fitur yang telah diterapkan pada Instagram sejak tahun 2019 lalu.

Layanan mode gelap ini dapat dinikmati oleh pengguna iPhone maupun Android.

Hal ini diumumkan langsung oleh WhatsApp melalui situs resmi perusahaan, seperti diikuti dari CNBC Indonesia, Kamis (05/03).

“Kami sangat senang dapat merilis pembaruan WhatsApp dengan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna di mana pun mereka berada, yaitu Dark Mode. Dark Mode untuk WhatsApp menawarkan tampilan baru pada pengalaman yang familier,” ujar WhatsApp.

WhatsApp mengungkapkan bahwa fitur ini bisa digunakan bagi pengguna ponsel pintar dengan spesifikasi tertentu, semisal Android 10 dan iOS 13.

Kedua ponsel pintar tersebut dapat mengaktifkan fitur  mode gelap di pengaturan (setting) sistem.

Adapun pengguna Android 9 atau yang lebih lama dapat mengaksesnya dengan membuka Setting > Chat > Theme (tema) > pilih dark.

WhatsApp menjelaskan fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah.

WhatsApp berharap fitur ini dapat membantu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika ponsel Anda menerangi ruangan.

Kabarnya fitur mode gelap ini sudah diujicobakan sejak tahun lalu. WhatsApp pun menjelaskan kenapa lama meluncurkan fitur ini.

Muncul WhatsApp Dark Mode, Begini Cara Mengaktifkannya! 01

[Baca Juga: Inilah Kisah Sukses Jan Koum, Sang Pendiri WhatsApp]

 

Ternyata adalah lamanya peluncuran fitur ini karena tim WhatsApp meluangkan waktu untuk melakukan penelitian dan eksperimen dengan berfokus pada dua area.

Pertama, Keterbacaan: Ketika memilih warna, WhatsApp ingin meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih mendekati default system pada iPhone dan Android.

Kedua, Hierarki Informasi: WhatsApp ingin membantu pengguna agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar.

Pihaknya melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.

Harus diingat, untuk bisa menikmati fitur ini pengguna terlebih dahulu meng-update (mutakhirkan) aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di Android dan iPhone.

Untuk versi Android, WhatsApp yang sudah punya pilihan tema mode gelap ini adalah versi 2.20.64, sementara untuk iOS versi 2.20.30.

Bagi pengguna Android langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Setelan/Setting
  • Pilih Chat
  • Pilih Tema
  • Pilih Gelap

 

Sementara bagi pengguna iPhone, mode gelap akan mengikut tampilan iOS. Untuk mengubah tampilan iPhone jadi mode gelap langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Settings
  • Pilih Display & Brightness
  • Pilih Dark

 

Selamat mencoba Sobat Finansialku!

 

Dark mode alias mode gelap ini membantu lho untuk refleksi mata. Bagaimana pendapatmu? Kamu bisa tuangkan komentar pada kolom komen di bawah ini, lho!

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Arif Budiansyah. 05 Maret 2020. WhatsApp DarkMode Akhirnya Dirilis, Ini Cara Aktifkannya! CNBC Indonesia – https://bit.ly/32Ret7l
  • Bill Clinten. 05 Maret 2020. DarkMode WhatsApp Akhirnya Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya. Kompas.com – https://bit.ly/32TGPxL
  • Admin. 04 Maret 2020. Tak Semua Pengguna Bisa Dark Mode, WhatsApp Beri Jawaban. CNN Indonesia – https://bit.ly/2TmPjKW
  • Adi Fida Rahman. 04 Maret 2020. Ini Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp, Tersedia di Android dan iOS. Detik.com – https://bit.ly/2vIOIdt