Pilihan Bekerja dan Berbisnis adalah cara kekinian untuk meningkatkan penghasilan. Salah satu rekan Finansialku.com akan membahas lebih dalam mengenai bekerja dan berbisnis.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh: 

Halomoney Indonesia Logo

 

Bekerja dan Berbisnis di Saat yang Sama?

Beberapa tahun lalu, selalu ada pertanyaan kamu mau jadi karyawan atau wiraswasta? Nah sekarnag ini, di era digital, bekerja dan berbisnis dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Maksudnya bekerja dan berbisnis di sini bukan korupsi ya! Ingat korupsi itu sama dengan pencuri dan tidak halal. Bekerja dan berbisnis adalah salah satu cara memperbanyak sumber pemasukan. 

5 Cara Bekerja dan Berbisnis - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Baca Juga: Perbanyak Sumber Pendapatan dengan Multiple Streams of Income]

 

Sederhananya sekarang semua orang bisa membuka toko online di website-website seperti bukalapak.com, tokopedia.com, olx.com dan lain sebagainya. Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk memiliki toko online dan bahkan Anda tidak perlu memproduksi produk untuk dijual. Anda dapat menjadi reseller di toko online. Nah kalau Anda masih bingung untuk memulai bekerja dan berbisnis, langsung saja ikuti 5 tips berikut ini:

 

#1 Tentukan Tujuannya

Sebelum memulai melakukan bisnis apapun, Anda harus membuat tujuan yang jelas. Ada banyak alasan seseorang memilih bekerja dan berbisnis pada saat yang sama. Ada orang yang ingin menyalurkan hobi atau passionya. ada juga yang memang kepepet dan lain sebagainya. Sebelum Anda memulai bisnis Anda, pastikan tujuan yang jelas.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengubah Passion Menjadi Sumber Pendapatan?]

 

#2 Lakukan Survey

Langkah kedua saat Anda ingin melakukan bisnis adalah lakukan survey. Dengan adanya kemajuan teknologi, bantuan om Google dan website-website canggih Anda dapat melakukan survey secara online. Anda dapat mengetahui berapa banyak sih orang yang mencari tiket pesawat murah, berapa banyak orang yang mencari jilbab dan lain sebagainya. Satu hal yang harus Anda ingat, karena Anda bekerja, usahakan bisnis Anda tidak mempersulit. 

 

#3 Tentukan Model Bisnisnya

Namanya juga bekerja dan berbisnis, berarti bisnis mendapatkan prioritas kedua atau sampingan. Namun bisnis sampingan juga harus dibuat model bisnis yang jelas. Mulai dari siapa customernya, produk atau layanan apa yang ditawarkan, dari mana sumber penghasilan dan lainnya. Salah satu cara yang paling mudah adalah buat model bisnis kanvas.

[Baca Juga: Cara Membuat Model Bisnis Kanvas]

 

#4 Memulai Bisnis dan Buat Sistem Operasional

Hal yang penting tapi sering terlewatkan pebisnis baru yaitu sistem operasional. Contoh Anda membuka toko di bukalapak.com. Anda harus memperhatikan dan membuat sistem operasional, mulai dari Anda  menghubungi supplier, menerima order, melakukan follow up order dan lain sebagainya. Buat sistem dan cara untuk mempermudah pekerjaan Anda.

 

#5 Lakukan Perbaikan pada Bisnis dan Time Management

Dalam bekerja dan berbisnis, perbaikan berkelanjutan adalah syarat mutlak menuju kesuksesan. Semua orang dan bisnis harus melakukan perbaikan, agar dapat meningkatakn kualitas layanan, mengurangi biaya dan melakukan efisiensi. 

.

Apakah Anda pernah bekerja dan berusaha pada saat yang bersamaan?

 

Image Credit:

  • Work – http://goo.gl/ymvlJu

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang