5 Kesalahan dalam Perencanaan Dana Hari Tua

Dana hari tua adalah dana yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan keuangan di hari tua. Perencanaan dana hari tua harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini Finansialku akan membahas 5 kesalahan dalam perencanaan dana hari tua.

retirement-plan Perencanaan Dana Hari Tua

 

Perencanaan Dana Hari Tua

Seperti dijelaskan pada bagian awal, perencanaan dana hari tua ditujukan utuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan seseorang di masa tuanya. Perencanaan dana hari tua dapat dilakukan sendiri jika Anda mengerti caranya atau dapat meminta bantuan profesional untuk melakukan perhitungan. Dalam melakukan perencanaan dana hari tua tidak hanya berhenti di perhitungan jumlah dana yang dibutuhkan, tetapi juga alokasi aset dan strategi-strategi untuk memenuhi dana hari tua.

 

5 Kesalahan Perencanaan Dana Hari Tua

Berikut ini adalah 5 kesalahan dalam melakukan perencanaan dana hari tua:

 

Gagal melakukan Perencanaan Dana Hari Tua

family Perencanaan Keuangan Paduan Ilmu Keuangan dan Seni

[Baca juga : Jangan Berpikir Pensiun di Usia Muda, Jika 5 Hal Ini Belum Beres]

 

Kesalahan yang paling fatal adalah gagal atau tidak memiliki perencanaan dana hari tua. Seseorang yang gagal melakukan perencanaan dana hari tua seringkali harus menurunkan atau mengurangi gaya hidupnya (lifestyle). Seseorang yang berada di hari tua biasanya pengeluaran-pengeluaran mulai berkurang, kecuali untuk dana kesehatan. Dana kesehatan biasanya akan bertambah, karena harus mulai rutin mengkonsumsi vitamin, kontrol ke dokter, cek laboratorium dan lainnya. Solusinya adalah mulai membuat perencanaan dana hari tua.

 

Terlambat memulai Perencanaan Dana Hari Tua

financial-planner4 perencana keuangan berlisensi CFP

[Baca juga : Pensiun Dini : Apakah Lebih Banyak Manfaat atau Mudaratnya?]

 

Terlambat melakukan perencanaan dana hari tua juga adalah kesalahan umum yang dilakukan. Biasanya perusahaan memiliki inisiatif baik untuk mengikutan karyawan-karyawannya ke dalam progam persiapan pensiun. Progam tersebut dilakukan 1-5 tahun sebelum karyawan tersebut memasuki masa pensiun. Persiapan dana pensiun dalam waktu pendek (1-5 tahun) biasanya cukup sulit dilakukan. Tenggang waktu yang panjang dapat mempermudah seseorang mempersiapkan dana hari tuanya. Solusinya adalah lakukan perencanaan dana hari tua mulai dari awal (sedini mungkin).

 

Salah Membuat Perhitungan

Kesalahan teknis berupa salah melakukan perhitungan dapat terjadi dalam melakukan perencanaan dana hari tua. Kesalahan perhitungan ini dapat Anda hindari dengan cara berkonsultasi dengan kawan yang mengenal keuangan pribadi atau berkonsultasi dengan profesional perencana keuangan. Setelah melakukan perhitungan jangan lupa konsultasikan pula strategi untuk memenuhi dana hari tua tersebut.

8-kesalahan-dalam-merencanakan-biaya-pensiun-yang-harusnya-dihindari-finansialku

[Baca juga : Perencana Keuangan Berlisensi CFP di Indonesia -1]

 

 

Mengabaikan Faktor Inflasi

Dalam melakukan perhitungan dana hari tua harus memperhatikan faktor inflasi. Inflasi adalah salah satu variabel penting dalam melakukan melakukan perencanaan dana hari tua. Sebagai gambaran sebuah mie instan dengan harga Rp 4000 saat ini dengan asumsi inflasi (kenaikan harga) 4% setahun, maka 30 tahun lagi nilainya akan menjadi Rp 13.000. Cukup mahal kan? Solusinya adalah Anda dapat menanyakan kembali asumsi-asumsi yang dibuat oleh konsultan atau perencana keuangan Anda. Umumnya perencana keuangan berlisensi akan melakukan perhitungan dengan cermat.

 

Salah Berinvestasi

Kesalahan berikutnya adalah salah melakukan investasi. Contoh berinvestasi terlalu sedikit atau berinvestasi terlalu konservatif. Oleh sebab itu strategi berinvestasi atau strategi pemenuhan dana hari tua (contoh dengan pendapatan pasif) harus dilakukan dengan baik dan benar. Anda dapat berkonsultasi dengan teman yang mengetahui ilmu keuangan atau profesional di bidang perencana keuangan.

 

Kesimpulan

Perencanaan dana hari tua harus dilakukan sesegera dengan perhitungan dan strategi yang tepat. Anda dapat melakukan perencanaan keuangan Anda sendiri atau dengan bantuan jasa profesional, seperti perencana keuangan independen.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuPerencanaan Keuangan: Paduan Ilmu Keuangan dan SeniBaca
finansialkuMengenal Rencana Waris (Estate Planning)Baca
finansialkuSolusi Kredit: Take Over KreditBaca
finansialkuIngin Bekerja menurut Passion ?Baca
finansialkuPendapatan Pasif : Uang Bekerja untuk KitaBaca
By | 2016-12-15T14:48:25+00:00 October 16th, 2013|Categories: Perencana Keuangan, Tujuan Keuangan|1 Comment

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

One Comment

  1. surghani 24 October 2013 at 09:16 - Reply

    GOOD JOB!

Leave A Comment