Utang itu sulit pada saat mengajukan dan melunasi. Bagaimana cara melunasi utang? Kali ini rekan kami, Halo Money akan berbagi 5 langkah jitu untuk melunasi utang.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

5 Langkah Jitu untuk Melunasi Utang

Kertas tagihan atau email tagihan adalah mimpi buruk jika kita tidak memiliki uang untuk melunasinya. Belum lagi cicilan rumah dan kendaraan yang juga menunggu dibereskan. Plus tagihan kartu kredit.

5 Langkah Jitu untuk Melunasi Utang - Kebebasan Keuangan - Financial Freedom - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Idealnya, setiap bulan kamu sudah menyediakan dana untuk membayar tagihan bulanan, dana untuk mencicil rumah dan kendaraan. Sebab bank dan lembaga keuangan sudah menghitung kemampuan kamu membayar angsuran: besarnya tak lebih 30% penghasilan. Sehingga kamu tidak keteteran dalam melunasi tagihan. Berikut 6 langkah jitu untuk melunasi hutang kamu, check this out! 

 

Buatlah Daftar Utang

Langkah pertama melunasi utang adalah membuat daftar utang. Mulailah dengan membuat data semua utang yang masih menjadi beban. Mungkin masih punya beberapa kartu kredit, dan utang usaha. Ketika mendata, jangan sampai ada yang terlupa! Sebab bunga utang terus berjalan. Urutkan besaran utang berdasarkan nilai tertinggi hingga terendah. Kemudian cantumkan nilai suku bunga pada setiap utang. Sehingga kamu bisa memetakan utang-utang itu!

 

Tentukan Prioritas Pembayaran

Langkah kedua melunasi utang adalah Lunasi utang dengan bunga yang paling besar sehingga tidak menjadi beban lanjutan. Lalu kamu bisa segera menghapusnya dari daftar . Sementara untuk utang yang lainnya, selesaikan dengan membayar sedikit lebih tinggi dari tagihan minimum! 

 

Berhenti Belanja yang Tidak Perlu

Langkah ketiga melunasi utang adalah stop pengeluaran yang tidak perlu. Sementara kamu sedang dalam masa pemulihan keuangan, kamu harus lebih berhemat. Kurangi nongkrong di restoran, dan bawa bekal sendiri untuk makan siang. Berhenti dulu minum kopi di kedai langganan, lalu bawa minuman dari rumah. Setiap rupiah yang kamu simpan, dengan menurunkan standar gaya hidup menjadi lebih sederhana, bisa dialihkan untuk membayar utang agar lebih cepat lunas!

 

Cari Tambahan Penghasilan

Langkah keempat melunasi utang adalah tambah penghasilan. Jika pendapatanmu kamu tak cukup menyelesaikan utang dengan cepat, cari cara untuk mendapat uang tambahan. Kamu bisa mengambil beberapa pekerjaan paruh waktu yang tidak mengganggu aktifitas keseharian. Uang dari kerja sampingan bisa kamu alokasikan untuk membayar utang!

 

Bijak Pakai Kartu Kredit

Langkah kelima melunasi utang adalah bijak dalam pemakaian kartu kredit. Gunakan kartu kredit dengan bijak jangan sampai gunakan kartu kredit untuk gesek tunai (cash advance). Anda tidak dapat melunasi utang dengan cara gali lubang tutup lubang.

 

Kalau kamu ingin membandingkan produk-produk pinjaman, Kamu dapat membandingkan di HaloMoney sekarang, klik di sini! 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang