Ajari Anak Menabung dengan Simpanan Pelajar (SIMPEL)

Pendidikan keuangan, idealnya harus diajarkan mulai sejak dini. Pemerintah Indonesia, melalui OJK mengeluarkan produk simpanan pelajar untuk meningkatkan kesadaran menabung anak-anak. Kali ini Finansialku.com akan membahas produk: Simpanan Pelajar (SIMPEL).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bunda Harus Kenal:  Simpanan Pelajar (SIMPEL)

Produk simpanan pelajar (SIMPEL) diluncurkan pertama kali pada tanggal 16 September 2015. Apa yang dimaksud dengan simpanan pelajar (SIMPEL)?

 

Tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Otoritas Jasa Keuangan

 

Keterangan:

Inklusi keuangan adalah: kemudahan askses untuk mendapatkan informasi mengenai keuangan.

 

Produk tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) memiliki banyak manfaat. Untuk adik-adik pelajar, tabungan ini tentu saja dapat memberikan pengalaman menabung, membangun budaya yang gemar menabung dan melatih mengelola keuangan sejak dini.

 Ajari Anak Menabung dengan Simpanan Pelajar (SIMPEL) - Logo - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: Siapa yang Perlu Belajar Keuangan Keluarga?]

 

Bunda juga diuntungkan dengan adanya produk Simpanan Pelajar (SIMPEL) karena Bunda dapat mengajarkan pentingnya menabung ke anak-anak, mengajarkan kedisiplinan dalam mengelola keuangan dan Bunda dapat mengontrol pengeluaran anak.

 

Ajari Anak Menabung dengan Simpanan Pelajar (SIMPEL) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: Ajarkan Anak Mengelola Keuangan]

 

Produk simpanan pelajar (SIMPEL) cocok untuk anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sampai dengan SMA. Pemerintah melalui OJK mengatakan bahwa program ini bisa menjadikan menabung bukan sebagai kewajiban melainkan sebagai sebuah gaya hidup (lifestyle).

 

[Baca juga: Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan]

 

Mengutip situs resmi OJK pada saat launching produk SImpanan Pelajar (SIMPEL) terdapat 8 Bank Umum Konvensional dan 6 Bank Umum Syariah yang ikut membantu memasarkan Simpanan Pelajar (SIMPEL). Delapan bank umum konvensional tersebut adalah: Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Bank Permata,  Bank BJB  dan Bank Jatim.

Produk Simpanan Pelajar (SIMPEL) juga memiliki versi syariah dan pada saat launching terdapat enam bank umum syariah yang ikut memiliki produk Simpanan Pelajar (SIMPEL) antara lain: Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, BCA Syariah, dan Panin Syariah.

 

Fitur Produk Simpanan Pelajar (SIMPEL)

Apa saja fitur – fitur produk simpanan pelajar (SIMPEL)?

 

FiturBank KonvensionalBank Syariah
Nama produkSimPelSimPel iB
Mata UangRupiah (IDR)Rupiah (IDR)
AkadMudharabah (Bagi Hasil) atau Wadi’ah (Bonus)
Nama Rekening & CIFNama SiswaNama Siswa
Setoran AwalRp 5.000Rp 1.000
Setoran SelanjutnyaMinimum Rp 1.000Minimum Rp 1.000
Biaya Administrasi
Saldo MinimumRp 5.000Rp 1.000
Saldo MaksimumTidak dibatasiTidak dibatasi
Bunga / Bonus / Bagi HasilTidak diberikan (diganti dengan program reward).Ketentuan masing-masing bank.
Biaya penutupan rekeningRp 5.000Rp 1.000
Rekening tidak aktif (status Dormant)Rekening tidak bertransaksi 12 bulan berturut-turut.Rekening tidak bertransaksi 12 bulan berturut-turut.
Biaya Penalti saat berstatus Dormant Rp 1.000 per bulan.Rp 1.000 per bulan.
Penutupan Rekening OtomatisApabila saldo rekening mencapai kurang dari Rp 5.000 maka rekening dapat ditutup secara otomatis oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.Apabila saldo rekening mencapai kurang dari Rp 1.000 maka rekening dapat ditutup secara otomatis oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.
Penarikan, Penyetoran dan Pindah BukuDilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai kebijakan bank. Transaksi dilakukan secara offline diserahkan kepada kebijakan masing-masing bank.Dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai kebijakan bank. Transaksi dilakukan secara offline diserahkan kepada kebijakan masing-masing bank.
Frekuensi Tarik TunaiPenarikan maksimal 2 kali/bulan. Penarikan lebih dari 2 kali/bulan sesuai dengan ketentuan bank.Tidak dibatasi
Nominal Tarik TunaiMaksimal Rp 250.000, kecuali saat tutup rekening. Penarikan di atas Rp 250.000 sesuai dengan ketentuan bank.Maksimal Rp 500.000 / hari, kecuali saat tutup rekening.

 

Aturan Cara Penarikan

Siswa PAUD / TK / SD

Penarikan di Sekolah: penarikan dilakukan oleh siswa dengan mengisi slip penarikan serta ditandatangani siswa dan orang tua. Tanda tangan siswa sebagai saran edukasi, tidak menjadi acuan validasi bank.

 

Penarikan di Bank: penarikan dilakukan oleh siswa didampingi orang tua. Verifikasi diserahkan pada masing-masing bank.

 

Siswa SMP / SMA

Penarikan dapat dilakukan oleh siswa bersangkutan. Verifikasi diserahhkan pada masing-masing bank.

 

Selain fitur standard, produk Simpanan Pelajar (SIMPEL) juga memiliki fitur-fitur optional. Fitur ini bisa jadi berbeda antara bank yang satu dengan bank yang lain.

 

FiturBank Konvensional & Bank Syariah
Bukti Kepemilikan Rekening
  • Buku, rekening Koran, e-statement, kartu atau tanda kepesertaan lainnya.
  • Apabila menggunakan buku, diseragamkan dengan branding baru.
  • Biaya dan persyaratan penggantian buku/ lembar statement yang hilang / rusak mengikuti ketentuan yang berlaku di masing-masing bank.

Fasilitas

E-Banking

Pemberian fasilitas e-banking (Kartu ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, dll) beserta limit transaksi dan biayanya diserakan masing-masing bank.
Fasilitas LainSaving plan atau cross selling lainnya diserahkan pada kebijakan masing-masing bank.
Lain-lainFitur – fitur optinal lainnya dapat disesuaikan dengan ketentuan di masing-masing bank.

 

Membangun Budaya Menabung Sejak Dini

Budaya menabung perlu dibandung sejak usia dini, agar dapat menghindarkan anak dari sikap-sikap konsumtif, membangun rasa disiplin dalam membelanjakan uang. Kebiasaan menabung sejak usia dini juga dapat menjadi bekal di masa depan, dalam mengelola keuangannya.

 

Bunda, sudahkah buah hati Anda, memiliki simpanan pelajar (SIMPEL)?

 

Sumber:

  • Bank Mandiri – SIMPEL – http://goo.gl/Rrjxed
  • OJK – Siaran Pers: Dorong Budaya Menabung, OJK Kembangkan Tabungan Simpanan Pelajar – http://goo.gl/YhxIzG
  • Generic Model Simpel – http://goo.gl/RhEV6N

 

Image Credit:

  • Simpanan Pelajar (SIMPEL) anak-anak – http://goo.gl/35CT2d
  • Simpanan Pelajar (SIMPEL) Mandiri – http://goo.gl/tJK8jE
  • Simpanan Pelajar (SIMPEL) OJK – http://goo.gl/KWqSHH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By |2016-12-09T11:44:22+00:00October 11th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Lifestyle, Tabungan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment