Anda Perlu Asuransi Jiwa

Anda Perlu Asuransi Jiwa jika ada keluarga atau orang yang bergantung pada Anda. Berikut ini Perencana Keuangan Independen Finansialku memiliki sebuah quote dari Suze Orman yang dapat menjawab kapan Anda perlu asuransi jiwa.

 

English

If a child, a spouse, a life partner, or a parent depends on you and your income, you need life insurance.

Suze Orman

 

Anda Perlu Asuransi Jiwa Jika Punya Tanggungan - Perencana Keuangan Indepedenden Finansialku (Web)

 

Indonesia

Jika ada seorang anak, pasangan atau orang tua yang bergantung pada Anda dan pendapatan Anda, maka Anda membutuhkan asuransi jiwa.

Suze Orman

 

Anda Perlu Asuransi Jiwa

Seperti yang dikatakan oleh Suze Orman, seorang perencana keuangan di Amerika. Jika ada anak, pasangan atau orang tua yang bergantung pada Anda atau pendapatan Anda maka Anda perlu asuransi jiwa.

Pada dasarnya produk asuransi jiwa diciptakan untuk memberikan proteksi pendapatan terhadap risiko kematian dini. Saat ini Anda sudah mendapat gambaran kenapa Anda perlu asuransi jiwa. Pertanyaan berikutnya berapa uang pertanggungan yang Anda perlukan?

 

Uang Pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan dibayarkan oleh perusahaan Asuransi kepada ahli waris yang sah, jika nasabah (tertanggung) meninggal dunia.

 

Ada beberapa cara untuk menghitung kebutuhan uang pertanggungan, seperti human life value, income based protection value dan human life value. Perencana keuangan Finansialku akan menjelaskan metode perhitungan tersebut pada artikel berikutnya. Dalam artikel kali ini Perencana Keuangan Finansialku akan membahas sekilas mengenai kurva biaya hidup (curves of living expenses).  Kemampuan seseorang menghasilkan secara ekonomis berada pada usia produktif 25 sampai dengan 55 tahun.

Nilai Ekonomi Hidup Manusia - Perencana Keuangan Independen FinansialkuSumber Gambar: Materi Perencanaan Keuangan CFP Asuransi – Binus 

 

Seperti yang dijelaskan oleh Suze Orman di atas, Finansialku akan menggarisbawahi “bergantung pada Anda dan pendapatan Anda”. Uang pertanggungan tersebut bergantung pada nilai ekonomis hidup manusia (economic value of human life). Uang pertanggungan tersebut tercermin pada besarnya uang pertanggungan (sum insured).

Secara teori, uang pertanggungan dihitung sesuai dengan nilai ekonomi hidup manusia. Hal ini bertujuan agar ketika Anda membeli asuransi jiwa tidak mengalami:

  • kelebihan uang pertanggungan (over insured) yang menyebabkan premi mahal.
  • kekurangan uang pertanggungan (under insured) yang menyebabkan uang pertanggungan kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

 

Kesimpulan

Anda perlu asuransi jiwa jika Anda memiliki tanggungan: anak, pasangan, orang tua, saudara dan lainnya. Besarnya uang pertanggungan asuransi jiwa perlu mempertimbangkan nilai ekonomi hidup manusia agar Anda tidak over insured atau under insured.

 

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Mei 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Ali 16 October 2015 at 07:09 - Reply

    Jangan lupa pula faktor hutang. selain biaya hidup buat keluarga anda, jika memiliki hutang, ini juga perlu di hitung supaya jika terjadi apa2, keluarga anda tdk di bebani oleh hutang anda yg BELUM TERASURANSI.

    • Finansialku
      Finansialku 27 October 2015 at 09:34 - Reply

      Hallo Pak Ali, Terima kasih atas tambahan infonya. Finansialku setuju dengan kata Suze Orman, uang pertanggungan harus dihitung sesuai dengan nilai ekonomis seseorang. Dan info dari Pak Ali dapat memperkaya cara perhitungan jumlah uang pertanggungan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa.

Leave A Comment