Apakah Saya perlu asuransi perjalanan? Jika ya kenapa dan berapa biayanya? Kali ini Finansialku.com akan mengulas pentingnya asuransi perjalanan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Apakah Saya Perlu Asuransi Perjalanan

Jika ditanya apakah saya perlu asuransi perjalanan (travel insurance)? Jawabannya tidak jauh dari apa saja fitur-fitur yang ditawarkan asuransi perjalanan? Secara umum asuransi perjalanan menawarkan fitur-fitur berikut:

 

#1 Meninggal dan/atau Cacat karena Kecelakaan saat berlibur

Asuransi perjalanan akan memberian sejumlah uang jika terjadi kematian, kehilangan anggota badan, cacat atau kelumpuhan total karena terjadi kecelakaan selama berlibur.

Apakah Saya Butuh Asuransi Perjalanan

[Baca Juga: Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa]

 

#2 Bantuan biaya pengobatan darurat

Ada perusahaan asuransi yang menawarkan fitur pengobatan darurat, jika Kita tiba-tiba sakit saat berlibur dan butuh biaya pengobatan.

 

#3 Biaya pemulangan jenazah

Asuransi perjalanan juga seringkali menawarkan manfaat untuk pemulangan jenazah atau biaya pemakanan (kremasi atau penguburan) di lokasi terjadinya musibah kematian terjadi.

 

#4 Santunan untuk keluarga

Walaupun tidak sebesar asuransi kesehatan dan/atau asuransi jiwa, namun asuransi perjalanan juga memberikan manfaat kepada satu orang keluarga, yang akan menemani atau melakukan perjalanan selama Anda dirawat di luar negeri.

[Baca Juga: Cara Kerja Asuransi Unitlink]

 

#5 Evakuasi medis

Jangan panik, jika terjadi sesuatu di tempat wisata. Asuransi perjalanan menawarkan juga evakuasi medis dalam bentuan medis 24 jam.

 

#6 Bagasi dan barang pribadi

Pernah mengalami kerugian, karena bagasi hilang? Atau barang bawaan rusak? Asuransi perjalanan menanggung kerugian karena kehilangan atau kerusakan bagasi.

[Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan]

 

#7 Terkait perjalanan

Nah ini adalah fitur yang penting, yaitu asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan jika terjadi penundaan perjalanan, jika terjadi keterlambatan lebih dari batas yang ditentukan (biasanya terlambat lebih dari 12 jam).

 

Berapa Biaya Asuransi Perjalanan

Premi asuransi perjalanan besarnya tergantung dari beberapa hal, antara lain

  • Lama perjalanan: Semakin lama durasi perjalanan, premi yang dibayarkan semakin mahal.
  • Jumlah yang ditanggung: biasanya asuransi perjalanan menawarkan perlindungan untuk perorangan atau keluarga. Biaya asuransi dengan perlindungan keluarga tentu lebih mahal dibandingkan asuransi perjalanan perorangan.
  • Tujuan perjalanan: khusus orang Indonesia, harga asuransi perjalanan ke Asia lebih murah dibandingkan dengan perjalanan ke luar Asia.

 

Kesimpulan

Semoga setelah Anda membaca penjelasan mengenai asuransi perjalanan, Anda dapat mengetahui apakah Anda perlu asuransi perjalanan atau tidak? Sebelum membeli asuransi perjalanan, pastikan Anda tahu cara klaim, seberapa besar uang yang didapat saat klaim dan lain sebagainya.

 

Apakah Anda pernah mendapatkan ganti rugi dari asuransi perjalanan karena delay pesawat?

 

Image Credit:

  • Wedding Ring – https://goo.gl/f6y49L

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang