Ayo Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Ayo Mengelola Keuangan Rumah Tangga. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas tips mengelola keuangan rumah tangga.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Ayo Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Salah satu cara mengelola keuangan rumah tangga yang baik adalah membuat anggaran (pendapatan dan pengeluaran) serta membuat catatan pengeluaran. Dalam artikel ini Finansialku akan membahas 10 keuntungan mengelola keuangan rumah tangga dengan menggunakan anggaran.

 

Ayo Mengelola Keuangan Rumah Tangga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Anggaran bisa membuat Anda tahu, berapa uang yang didapat, digunakan dan ditabung. Keuntungan utama Anda mengelola keuangan rumah tangga dengan anggaran adalah Anda memegang kendali uang Anda.

 

  1. Tidak ada lagi akhir bulan hidup pas-pasan, karena kekurangan uang.
  2. Tidak ada lagi akhir bulan harus ngutang sana-sini.
  3. Tidak ada lagi akhir bulan hidup dari kartu kredit.

Setiap orang tentu saja memiliki tujuan keuangan (beli rumah, mobil, pendidikan anak, jaminan kesehatan, pensiun aman dan sebagainya). Pastikan Anda dapat fokus pada tujuan keuangan Anda dengan membuat anggaran.

Anda dapat mengetahui bocor-bocor dalam keuangan rumah tangga Anda. Anda juga tahu dana-dana siluman dan bagaimana cara menyelesaikannya. Anggaran dapat membantu Anda menjadi pembeli yang cerdik dan bijak (wise and smart shopper). Mana yang Anda pilih TV layar datar 32” merek A (Rp 5.000.000) atau merek B (Rp 6.000.000) dan lain sebagainya.   

Banyak orang mengalami kesulitan untuk menabung dan berinvestasi untuk masa depan, bukan karena tidak mampu. Tetapi tidak NIAT. Kalau Anda mau coba buktikan buat anggaran dulu, pastikan setelah Anda menerima pendapatan bulanan, langsung gunakan 20% untuk tabungan. Finansialku di artikel berikutnya akan berbagi template mengelola keuangan rumah tangga dengan anggaran.

Anda dapat membuat sebuah rencana, agar suatu saat uang Anda dapat bekerja buat Anda. Penjelasan ini akan dibahas pada artikel berikutnya.

Anggaran dapat berguna untuk menyiapkan dana darurat untuk keperluan-keperluan yang penting dan gawat. Jadi pas keadaan butuh dana cepat, Anda masih memiliki cukup dana.

Seringkali suami istri ribut karena masalah uang. Hal ini terjadi karena suami dan istri tidak memiliki persepsi dan gamabaran kondisi keuangan saat ini. Sang istri berpikir suaminya melakukan hal aneh, padahal suami tidak. Nah anggaran dapat berguna untuk memberikan gambaran yang sama mengenai kondisi keuangan keluarga.

Anggaran dapat digunakan sebagai alarm kalau-kalau keuangan Anda sudah mulai salah. Misal Anda mengganggarkan makan di restaurant untuk bulan ini adalah Rp 1.000.000. Nah kenyataan sampai akhir minggu pertama sudah keluar Rp 500.000. Saatnya Anda dan keluarga mulai bijak untuk pos makan di restaurant. Singkatknya anggaran berguna untuk menghindarkan kita dari hedonisme dan konsumerisme.

Apakah Anda pernah bingung:

  • Ada tawaran utang ambil ga ya?
  • Ada tawaran cicilan handphone ambil ga ya?
  • Ada tawaran cicilan mobil ambil ga ya?

Anggaran membantu Anda untuk memutuskan ketika bisikan-bisikan untuk berutang datang. Anda dapat memutuskan dengan mudah jika Anda memiliki anggaran.

  • Oh saat ini aku boleh ambil cicilan handphone, tapi maksimal Rp 400.000 per bulan.
  • Oh saat ini aku belum boleh ambil cicilan apapun, karena cicilan bulananku masih terlalu besar.

 

Kurangi atau hilangkan pengeluaran tidak perlu seperti denda keterlambatan bayar telepon, listrik, tagihan dan lainnya. Hilangkan bunga karena telat bayar kartu kredit.

[/fusion_accordion]

 

Kesimpulan

Salah satu cara paling sederhana mengelola keuangan rumah tangga adalah dengan membuat anggaran. Berikut ini 10 keuntungan mengelola keuangan rumah tangga dengan anggaran:

  1. Anda bisa mengendalikan uang Anda.
  2. Anda dapat fokus pada tujuan keuangan dan kebutuhan.
  3. Anda tahu, bocor-bocor dalam keuangan Anda.
  4. Anda bisa menabung dan berinvestasi untuk masa depan.
  5. Anda dapat mendesain agar uang dapat bekerja untuk Anda.
  6. Anda dapat menyiapkan dana darurat.
  7. Menjaga hubungan baik dengan pasangan.
  8. Anda dapat tahu jika ada sesuatu yang salah dengan keuangan Anda.
  9. Anda dapat tahu apakah boleh berutang dan berapa banyak.
  10. Mengurangi pengeluaran tidak perlu.

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!

 

Hubungi Finansialku

 

Sumber Gambar:

  • Don’t Worry be Happy – Fullhdwpp di http://goo.gl/Tg1t2Q

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Maret 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment