Belanja, Enaknya Bayar Utang atau Kontan?

Belanja, Enaknya Bayar utang atau kontan? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas sebuah topik yang sering jadi pergulatan dalam mengelola keuangan rumah tangga yaitu kalo belanja, enaknya bayar utang atau kontan?

 

Sebelum menjawab, pertanyaan utama belanja, enaknya bayar utang atau kontan? Finansialku akan berbagi sebuah quote dari Dave Ramsey. Beliau adalah perencana keuangan independen di Amerika.

 

English

Debt is Dumb, Cash is King

Dave Ramsey

 

Bayar dengan Utang atau Kontan - Perencana Keuangan Independen Finansialku - Web

 

Indonesia

Utang itu Bodoh, Uang Kontan itu Raja

Dave Ramsey

 

Belanja, Enaknya Bayar Utang atau Kontan?

Ketika kita berbelanja di toko online atau di toko tradisional (minimarket atau supermarket) sering kali kita tergiur untuk bayar pake kartu kredit. Sebenarnya oke ga sih kalo belanja bayar utang?

Nah mari kita bahas belanja, enaknya bayar utang atau kontan. Jawaban dari pertanyaan tersebut, jawabannya kembali ke masing-masing orang. Intinya jika lebih banyak keuntungan dengan bayar utang kenapa tidak. Salah satu keuntungan berbelanja dengan kartu kredit adalah dapat point, dapat bonus (biasanya program promosi), dapat catatan pengeluaran bulanan.

Dave Ramsey - Bayar Utang atau Kontan - Debt is Dumb - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Kartu kredit bisa menjadi masalah jika Anda tidak disiplin menggunakannya, lupa waktunya bayar, kredit kelebihan, selalu bayar minimum (ga pernah lunas). Nah kalo sudah begini saatnya Anda membaca ulang quote dari Dave Ramsey, Debt is Dumb, Cash is King.

 

Simalakama Bayar Utang atau Kontan?

Ternyata masyarakat Amerika pun memiliki permasalahan bayar utang atau kontan. Dave Ramsey salah seorang perencana keuangan di Amerika mengatakan Debt is Dumb (Ngutang itu Bodoh). Hal ini terpicu karena banyak tawaran-tawaran kredit konsumtif. Tahukah Anda, semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin banyak tawaran-tawaran kredit (terutama kredit konsumtif) yang datang. Setelah terjebak dengan enaknya kredit konsumtif, orang menjadi ketagihan dengan kredit konsumtif dan susah untuk lepas dari jeratan kredit.

Salah satu tanda seseorang terkena jerat kartu kredit adalah, orang hidup dari Kartu Kredit setelah tanggal 20. Nah jika Anda termasuk golongan ini hati-hati, sudah saatnya Anda merubah cara mengelola keuangan Anda.

 

Kesimpulan

Jadi Kalau Belanja, Enaknya Bayar utang atau kontan? Jawabannya tergantung pada masing-masing orang. Intinya jika bayar utang lebih menguntungkan kenapa tidak. Jika tidak bisa disiplin menggunakan utang, pastikan bayar Kontan.

 

Sumber Gambar

  • Dave Ramsey – Debt is Dumb http://goo.gl/S4jz2k

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment