Banyak klien yang menanyakan kepada kami, Pak Asuransi Pendidikan Unitlink untuk Dana Pendidikan itu cocok? Kata agen penjualnya unitlink untuk dana pendidikan anak itu yang paling bagus. Berikut ini pendapat Kami mengenai unitlink untuk dana pendidikan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Beneran Asuransi Pendidikan Unitlink untuk Dana Pendidikan?

Sebelum berbicara mengenai asuransi pendidikan unitlink, Finansialku akan membahas mengenai asuransi pendidikan yang paling dasar. Zaman dulu, sebelum boomingnya unitlink, asuransi pendidikan yang ditawarkan adalah jenis asuransi tradisional berjangka (endowment). Model asuransi endowment memiliki fitur penarikan dana yang dapat disesuaikan ketika anak mulai masuk SD, SMP, SMA dan kuliah.

Beneran Asuransi Pendidikan Unitlink untuk Dana Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Seiring perkembangan zaman, produk asuransi unitlink lahir dan hampir seluruh asuransi pendidikan basisnya adalah asuransi pendidikan unitlink. Tapi apakah cocok asuransi pendidikan unitlink untuk dana pendidikan? Coba Anda berikan penilaian Anda sendiri, kami akan coba bahas dari beberapa sudut pandang.

Secara sederhana unitlink adalah produk gabungan antara proteksi dan investasi. Jadi mari kita bahas kedua fitur utama ini. Jika Anda belum mengenal apa itu produk asuransi pendidikan unitlink, silahkan baca artikel berikut ini:

 Apakah Investasi di UnitLink Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Kerja Asuransi Unitlink]

 

Proteksi Asuransi Pendidikan Unitlink untuk Dana Pendidikan

Konsep dasar asuransi pendidikan adalah memberikan perlindungan (meng – cover) jiwa orang tua atau pembayar premi asuransi. Fungsi awal asuransi pendidikan adalah apabila pembayar premi asuransi (misal orang tua) meninggal dunia, anak akan mendapatkan dana untuk biaya pendidikannya.

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !

Quiz Asuransi Dana Pendidikan Unitlink Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?

Sampai ini, Anda sudah mengenal konsep dasar asuransi pendidikan. Coba kita test, jawab pertanyaan berikut ini:

 

Salah Satu Masalah saat Memilih Asuransi Pendidikan

Beberapa waktu yang lalu ada beberapa oknum agen asuransi yang agak salah dalam memilihkan produk (product advice). Kesalahan tersebut murni karena kesalahan individu, bukan karena kesalahan produk asuransi pendidikan. Kesalahannya adalah yang diberi perlindungan jiwa adalah si anak.

Bagaimana kalau yang diberi perlindungan jiwa adalah anaknya? Konsekuensinya adalah jika orang tua meninggal, anak tidak akan mendapatkan dana uang pertanggungan. Ya iya donk, yang di-cover adalah anak, yang meninggal orang tua. Uang pertanggungan hanya akan keluar jika anak meninggal dunia.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Untuk solusi permasalahan di atas, oknum agen tersebut menganjurkan untuk membeli asuransi tambahan (rider) yang namanya payor benefit. Asuransi tambahan Payor Benefit akan melanjutkan pembayaran premi jika orang tau meninggal sampai anak selesai sekolah.  Oknum agen asuransi tersebut mengatakan, dengan cara meng-cover anak, maka biaya asuransinya lebih murah.

 

Investasi Asuransi Pendidikan Unitlink untuk Dana Pendidikan

Mari kita lihat dari sisi investasi asuransi pendidikan unitlink, apakah ini cocok untuk dana pendidikan? Finansialku pernah menuliskan salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih produk investasi untuk dana pendidikan adalah: Apakah hasil investasi lebih besar dari kenaikan biaya pendidikan?

Rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia sebesar 10% per tahun. Beberapa sekolahan kenaikannya lebih besar dari pada itu. Kira-kira apakah hasil investasi Anda lebih besar dari 10%?

Pada dasarnya investasi di unitlink ada mirip-miripnya dengan reksa dana. Jadi Finansialku tidak akan terlalu banyak membahasnya. Anda dapat membaca juga artikel kami terkait investasi reksa dana untuk dana pendidikan.

 Rencanakan Dana Pendidikan dengan Reksa Dana - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Pendidikan dengan Reksa Dana]

 

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami tidak mengatakan bahwa asuransi pendidikan unitlink itu bagus atau tidak. Kami memberitahukan bahwa produk ini punya konsekuensinya tersendiri. Jadi pastikan Anda mempelajari lagi, sebelum membeli asuransi pendidikan unitlink atau produk keuangan lainnya.

 

Jadi Menurut Anda: Apakah asuransi pendidikan unit link cocok untuk dana pendidikan buah hati Anda? Silahkan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 

Image Credit:

  • Asuransi Unit Link – http://goo.gl/eenBw8

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku