Fungsi dan Manfaat Perencanaan Keuangan

Apa saja fungsi-fungsi dan manfaat perencanaan keuangan? Perencanaan keuangan tidak hanya menyelesaikan permasalahan keuangan tetapi juga meningkatkan kualitas hidup keluarga. Berikut ini penjelasannya

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Anda Harus Punya Panduan

Finansialku.com mengucapkan selamat, karena Anda akan mengetahui salah satu rahasia cara membangun keluarga yang sejahtera dan bahagia. Setiap orang, setelah masuk ke dunia kerja (baik menjadi karyawan atau wiraswasta) pasti akan mengelola keuangannya. Bagi teman-teman yang masih single, berarti mengelola keuangan Anda sendiri. Bagi teman-teman yang sudah berkeluarga, berarti mengelola keuangan keluarga Anda. 

Ada seorang ahli bernama Yogi Berra yang menjelaskan manfaat sebuah perencanaan keuangan sebagai panduan untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dan mencapai keluarga yang sejahtera serta bahagia

 

English

If You don’t know where you are going, You’ll end up some place else.

Yogi Berra

 

Fungsi dan Manfaat Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Bahasa Indonesia

Jika Anda tidak tahu kemana Anda akan melangkah, Anda akan tersesat disuatu tempat.

Yogi Berra

 

Setiap orang, termasuk Anda perlu sebuah panduan (guide) untuk menuju keluarga yang sejahtera dan bahagia. Banyak kasus perceraian di Indonesia dan di dunia, berawal dari permasalahan keuangan. Diharapkan dengan adanya perencanaan keuangan yang baik, Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan benar dan dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

 

Vote and Share Your #IndonesianDreams

 Vote and Share Your Indonesian Dreams 2016 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

What is your dreams #IndonesianDreams?

 

Infografis: Manfaat Perencanaan Keuangan

Berikut ini sebuah infografis yang menggambarkan secara keseluruhan (holistic) hubungan antara manfaat perencanaan keuangan dengan kesejahteraan serta kebahagiaan rumah tangga.

 

 Infographic Tujuan Perencanaan Keuangan - Black - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Dalam perencanaan keuangan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah memperbaiki arus kas (cash flow). Seperti yang Anda ketahui namanya arus kas pasti ada uang masuk dan uang keluar. 8 dari 10 orang belum  memaksimalkan sumber pendapatan mereka. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah menganalisis cara memaksimalkan pendapatan.

 

Langkah kedua  yang dapat Anda lakukan adalah berhemat. Ingat berhemat bukan berarti pelit ya. Apakah Anda tahu perbedaan antara berhemat dengan pelit? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah artikel ini ya. Selain itu Kita semua perlu bersedekah atau memberikan donasi kepada sesama, khususnya untuk masyarakat yang kurang mampu.

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Langkah meningkatkan pendapatan dan berhemat adalah langkah yang bagus untuk mulai menuju keluarga yang sejahtera (khususnya dari segi finansial). Selain itu Anda perlu adanya proteksi (asuransi) dan investasi. Proteksi bertujuan untuk melindungi Anda dari kerugian-kerugian ekonomi, jika terjadi kerusakan terhadap asset Anda. Dalam hal ini asset tidak hanya barang, rumah, kendaraan tetapi juga diri Anda sendiri.

 [Baca Juga: Apa itu Asuransi Jiwa? dan Kenapa Saya Membutuhkannya?]

 

Investasi bertujuan untuk mempermudah upaya Anda untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Dalam beberapa kesempatan, kami pernah ditanyai Pak/Bu kok investasi itu membingungkan ya? Sebenarnya investasi itu tidak membingungkan asal Anda memiliki panduan (guide). Coba saja Anda pergi ke suatu daerah yang baru, tanpa dibekali GPS, peta dan lainnya. Tentu saja Anda akan kebingungan kan? Manfaat perencaaan keuangan adalah memberi tahu, berapa yang harus Anda investasikan? Berapa lama harus berinvestasi? Sebaiknya investasi di produk mana? dan lain sebagainya.

 

 [Baca Juga: Berinvestasi Sesuai dengan Rencana Keuangan!]

 

Tujuan utama dari merencanakan keuangan adalah membantu Anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Teman-teman yang masih single pastinya ingin mempersiapkan dana untuk menikah, membeli rumah dan mulai menyiapkan kelahiran sang buah hati. Teman-teman yang sudah berkeluarga pastinya ingin menyiapkan biaya pendidikan untuk anak-anak, menyiapkan dana untuk pensiun, melakukan perjalanan ibadah dan lain sebagainya.

 

 [Lihat Infografis : Bagaimana Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan?]

 

Apa yang Anda dapatkan jika Anda sudah mampu mewujudkan tujuan keuangan dan memiliki kondisi keuangan yang sehat? Tentu saja Anda akan dapat memberi lebih banyak waktu dan perhatian kepada diri Anda, anak-anak, pasangan dan orang-orang yang dicintai. Selain itu Anda juga akan terhindar dari kecemasan-kecemasan. Biasanya kecemasan dan kekhawatiran kondisi keuangan, adalah biang penyakit. Inti dari manfaat perencanaan keuangan yang sejati adalah membantu Anda dan keluarga hidup lebih sejahtera dan lebih bersyukur.

 

Apakah Anda Mau Hidup Lebih Bahagia dan Sejahtera?

Keluarga yang bahagia dan sejahtera tidak dapat diwujudkan jika Anda hanya INGIN. Anda dan pasangan perlu MEMPERJUANGKANNYA dan perlu BERUSAHA mencapainya. Mulailah dengan membuat perencanaan keuangan dan mengelola keuangan keluarga dengan benar.

 

 

Bagaiamana cara, agar keluarga Anda hidup lebih sejahtera secara keuangan dan bahagia?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang

     

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download