Investasi itu Ibarat Orang Menanam Pohon. Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahasnya seperti apa sih investasi itu.

Rubrik Finansialku

 Rubrik Finansialku Learn and Invest

Mengapa Harus Berinvestasi?

Banyak orang bertanya Pak investasi itu seperti apa sih? Kenapa butuh investasi? Kita akan bahas bersama-sama mengenai investasi, semoga pemahaman kita mengenai investasi menjadi lebih baik.

Pertanyaan Pertama: Sebutkan sumber penghasilan Anda?

Jika Anda menjawab dari gaji, bonus dan tunjangan itu artinya Anda masih orientasi pada pendapatan aktif. Pendapatan aktif adalah jenis dihasilkan dari Anda bekerja. Nah sekarang ada sumber pendapatan lainnya yang disebut dengan pendapatan hasil investasi dan pendapatan pasif. Coba lihat gambar berikut ini

 Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Karyawan juga Perlu Perencanaan Keuangan]

Berdasarkan gambar di atas, Anda sudah tahu kan ada namanya pendapatan investasi. 

Pertanyaan kedua: Menurut Anda, apakah seseorang bisa mendapatkan hasil investasi, jika orang tersebut tidak pernah berinvestasi?

Ya betul, kalo orang tersebut tidak pernah berinvestasi, orang tersebut tidak akan mendapatkan penghasilan investasi.

Kok Bisa Investasi itu Ibarat Orang Menanam Pohon?

Jika Anda perhatikan lebih detil gambar di atas, Anda akan lihat bahwa aturan mainnya adalah menggunakan pendapatan aktif (gaji, bonus, tunjangan), untuk dibelikan produk investasi. Nah kemudian hasil investasi tersebut yang nantinya akan menambah pemasukan kita. Nah sekarang Anda sudah tahu kan fungsi dan peran dari investasi?

Investasi itu Ibarat Orang Menanam Pohon - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula]

Nah investasi itu ibarat bercocok tanam atau menanam pohon. Kita mulai menanam dari benih, dari waktu ke waktu tanaman tersebut dirawat dan tumbuh subur. Menghasilkan sayuran atau buah-buahan. Begitupula dengan investasi, pertama Anda mulai dari jumlah yang kecil. Dari tahun ke tahun, investasi Anda mulai tumbuh dan mendatangkan pemasukan untuk Anda

Beberapa pertanyaan yang perlu kita renungkan:

  • Ketika Anda menanam pohon, apakah pohon tersebut bisa mati?
  • Ketika Anda menanam pohon, apakah pohon tersebut bisa tumbuh subur?
  • Jika saat ini pohon Anda tumbuh subur dan tiba-tiba ada badai. Apakah pohon Anda bisa menjadi mati?
  • Jika saat ini Anda sama sekali tidak tahu bagaimana cara menanam pohon. Seberapa besar peluang pohon Anda tumbuh subur? (Jawab: besar atau kecil?).
  • Jika saat ini Anda sama sekali tidak tahu cara menanam pohon. Kemudian Anda belajar dari membaca buku, ikut pelatihan, bertanya pada ahlinya. Seberapa besar peluang pohon Anda tumbuh subur? (Jawab: besar atau kecil?).
  • Jika saat ini Anda sudah berpengalaman menanam pohon. Seberapa besar peluang pohon Anda tumbuh subur? (Jawab: besar atau kecil?)

Ganti kata “pohon” menjadi “investasi” dan kata “menanam pohon” menjadi “berinvestasi”. Hasilnya akan kurang lebih sama dengan jawaban Anda.

Kesimpulan

Jadi Anda sudah memahami bagaimana cara investasi yang kecil dapat menjadi besar dan menjadi sumber pendapatan bulanan kita. Pada dasarnya investasi tidak sulit, asalkan Anda mau menekuninya. Plus Anda juga tahu bahwa berinvestasi itu seperti menanam pohon, bisa tumbuh subur tetapi bisa juga mati. Tergantung pada siapa orang yang menanam, kondisi cuaca dan faktor lainnya.

Apakah Anda sudah mulai investasi untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda?

Image Credit:

  • Plant the tree – http://goo.gl/PLp2m0
  • Investing – http://goo.gl/LJBbNE

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku