Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik

Bagaimana cara memilih asuransi mobil bekas terbaik? Mobil bekas atau mobil baru tentu saja memiliki risiko yang sama kalau di jalan. Risiko mobil yang dikendarai di jalan ada dua yaitu kalau tidak nabrak ya ditabrak. Apalagi mobil bekas, mungkin saja peformanya sudah tidak sebagus mobil baru. Oleh sebab itu asuransi mobil bekas adalah solusi yang dapat dipertimbangkan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

DuitPintar

 

Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik

Ketika Anda membeli mobil, mau mobil baru atau mobil bekas pasti teringat dengan asuransi. Wajar dong mengingat asuransi ini penting jika ada apa-apa dengan mobil kesayangan. Asuransi ini juga berlaku bagi pemilik mobil bekas.

Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Urusan memilih asuransi mobil bekas itu bukan perkara gampang. Ada buannyakkk pertimbangan dalam membeli asuransi mobil bekas terbaik. Kerap kali calon pembeli mengalami kesusahan memilih asuransi mobil bekas terbaik. Banyak pilihan tapi mana yang pali baik? Mungkin bingung menentukan mau prioritaskan premi murah, jenis perlindungan, atau layananannya.

 

[Baca: Ketahui Untungnya Asuransikan Mobil Bekas]

 

Sebelum Anda mengasuransikan mobil bekas, sebaiknya jawab dulu beberapa pertanyaan di bawah ini agar makin yakin perlu atau tidak membeli asuransi.

 

1. Berapa besar risiko yang mungkin terjadi terhadap mobil bekas?

Pertama: Kenali dulu risiko yang bakal terjadi. Misalnya, mobil bekas untuk mobilitas sehari-hari atau untuk pajangan di rumah. Kalau dikendarai ya jelas risikonya pasti lebih besar.  

Atau ukuran risiko itu bisa dilihat dari situasi keamanan lingkungan rumah ataupun kantor. Jika kondisi tempat tinggal rawan pencurian mobil, mungkin bisa memilik opsi mengasuransikan kendaraan. Coba deh cek kejadian-kejadian lucu ini, sebelum Anda menolak asuransi mobil bekas

 

 

2. Apakah biaya perbaikan mobil tergolong mahal?

Mahal atau murah itu relatif kan, maka hitung dengan seksama biaya yang Anda keluarkan setelah punya mobil bekas. Jangan lupa hitung juga biaya perawatannya. Termasuk juga kemungkinan terjadi kerusakan, apakah biaya perbaikan dapat merusak keuangan kita?

  

3. Seberapa kuat kondisi finansial saat mobil hendak diasuransikan?

Ingat ketika mau memilih asuransi mobil bekas, Anda harus melihat kondisi keuangan Anda. Keputusan membeli asuransi harus mempertimbangkan kondisi keuangan. Perlu diingat, punya mobil, mau mobil bekas atau mobil baru pasti akan menambah pengeluaran. Asuransi mobil bekas tidak akan menanggung biaya servis rutin, bahan bakar, bahkan ban yang gundul akibat pemakaian apalagi pajak kendaraan. Asuransi mobil ada yang TLO ada juga yang All Risk. Itu berbeda harganya. 

  

Kalau biaya asuransi masih terlalu mahal, mungkin menunda adalah pilihan terbaik. Jadi Anda harus lebih berhati-hati dalam mengendarai mobil Anda. Pastikan Anda benar-benar menghitung besaran premi yang harus dibayar, sebelum Anda memutuskan membeli asuransi mobil bekas.

  

4. Adakah rencana menjual mobil bekas itu dalam waktu dekat?

Ini pertanyaan  yang penting. Mau sampai kapan menggunakan mobil bekas itu? Apakah ada rencana menjualnya? Jawaban Anda dapat dijadikan pertimbangan saat membeli asuransi. Sayang kan sudah membayar asuransi mobil bekas dengan perlindungan 1 tahun, eh baru 6 bulan sudah dijual mobilnya. Solusinya coba cari produk asuransi mobil bekas yang menawarkan pengembalian sebagian premi (cash back) jika mobil hendak dijual. Tapi ini agak sulit ya, tidak semua produk asuransi mobil bekas memiliki fitur ini.

 

Tips Memilih Asuransi Mobil Bekas 

Nah kalau pertimbangannya sudah matang dan berencana membeli asuransi mobil bekas dalam waktu dekat, ada baiknya baca dulu tips di bawah ini.

  1. Beli saat ada momen, buat ngejar promo. Contoh awal tahun, akhir tahun, promo 17 Agustus dan lain sebagainya.
  2. Nego dengan perusahaan: premi, plus perlindungan yang didapat. Contoh perlindungan termasuk melindungi kerusakan mobil dengan perluasan jaminan huru-hara atau Tanggung Jawab Pihak Ketiga (TJH III) tanpa tambahan biaya lagi.
  3. Jika polis sudah berakhir, jangan langsung perbaharui. Coba cari asuransi mobil bekas yang lain. Banding-bandingkan fitur dan premi asuransinya.
  4. Pelajari produk-produk asuransi secara online. Lihat dan bandingkan mana yang menawarkan perlindungan terbaik dengan besaran premi yang masih terjangkau.
  5. Pastikan memilih penyedia layanan asuransi dengan reputasi yang baik. 
  6. Cek juga fitur layanan tambahan. 

 

Jika kita memiliki mobil bekas bukan berarti tidak ada risiko. Karena disadari atau tidak, risiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dapat membuat keuangan tergerus. Asuransi mobil bekas menjadi salah satu pilihan yang oke. 

 

DuitPintar.com memberi berbagai pilihan produk asuransi mobil di Indonesia. Anda dapat membandingkan dan meminta penawaran untuk mendapatkan asuransi mobil yang terbaik untuk Anda!

 Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik Tidak Perlu Puyeng, Pertimbangkan Saja Hal-Hal Ini

 

 

Sumber:

  • Bank Indonesia Permintaan IDI Historis – http://goo.gl/DlO8gs

 

Image Credit:

  • Credit Report – http://goo.gl/HgvGuB

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By | 2016-12-08T16:20:27+00:00 September 6th, 2015|Categories: Asuransi, Asuransi Kendaraan|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Duit Pintar
DuitPintar.com adalah Situs Perbandingan Produk-Produk Keuangan di Indonesia. Bandingkan semua kartu kredit, pinjaman dan asuransi yang ada di Indonesia. DuitPintar menyediakan informasi tentang berbagai produk keuangan dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menemukan semua informasi yang relevan dari semua produk yang tersedia di pasaran.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download