Semua orang tentu saja memiliki hobi kan? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan berbagi 7 jenis hobi yang dapat dibisniskan.

Artikel ini dipersembahkan oleh rekan:

Halomoney Indonesia Logo

7 Jenis Hobi yang Dapat Dibisniskan

Tentu sangat menyenangkan, jika kita memiliki hobi yang dapat dibisniskan. Jika kita dapat memulai bisnis sesuai dengan hobi, tentu akan lebih menyenangkan dan seru. Kira-kira, apa saja hobi yang dapat dibisniskan?

 

Hobi 1: Nonton

Buat teman-teman yang hobi nonton biasanya memiliki koleksi DVD atau film. Daripada cuma menumpuk saja, ga ada salahnya kan DVD tersebut disewakan atau dijual kembali secara onliine. Apalagi sekarang kan banyak tokoonline yang gratis. Walaupun tidak besar sekali, tetapi kenapa tidak dibisniskan. Kalau mau lebih hebat lagi, Anda dapat membuat bioskop mini.

 

Hobi 2: Travelling

Jika Anda suka bepergian atau travelling, ga ada salahnya Anda membeli waralaba bisnis travelling. Sekalian cari penghasilan dan nemenin tur jalan-jalan ke luar negeri. Banyak orang sudah merasa ketakutan saat ada kata-kata membeli waralaba. Ya seperti kita ketahui, kebanyakan waralaba ditawarkan dengan harga yang cukup fantastis. Mungkin Anda juga bisa cek berbagai jenis pendanaan.

Seperti Apa Saja Peluang Bisnis Online di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: 11 Bank Penyedia KPR Terbaik Dengan Bunga di Bawah 1 Persen!]

 

Hobi 3 : Menulis

Jika Anda suka menulis, banyak sekali bisnis yang dapat Anda ciptakan. Misal Anda membuat sebuah blog dengan informasi yang menarik, membuat buku, e-book dan lain sebagainya. Anda dapat memanfaatkan hobi menulis Anda untuk mendatangkan uang.

 7 Jenis Hobi yang Dapat diBisniskan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengubah Passion menjadi Sumber Pendapatan]

 

Hobi 4: Fotografi

Hobi berikutnya yang dapat dibisniskan adalah fotografi. Jika Anda memiliki hobi fotografi, memiliki kamera dengan segala perlengkapannya, Anda dapat menawarkan jasa foto produk, foto prewed atau menjual hasil foto pada website-website.

Jonathan Oringer founder Shutterstock - Orang Kaya di Abad Informasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Jon Oringer pendiri Situs Penjual Foto]

 

Hobi 5: Desain

Anda yang jago mendesain website, logo, kartu nama dan lainnya juga dapat menjadi tenaga kerja freelance di internet. Lumayan banyak loh website yang menawarkan kompetisi-kompetisi mengenai desain. Ga ada salahnya Anda sekalian ikut kompetisi freelance, sekalian menyalurkan hobi desain.

 

Hobi 6 : Memasak

Memasak adalah salah satu hobi yang menyenangkan dan dapat dibisniskan. Banyak sekali chef-chef terkenal di dunia yang berawal dari sekedar hobi dan menjadi professional chef. Kalau Anda jago memasak ga ada salahnya Anda mencoba untuk menerima katering atau membuka rumah makan.

 

Hobi 7: Kerajinan Tangan

Banyak sekali jenis kerajinan tangan yang dapat dibisniskan, misal: hobi merajut, membuat produk dari kain flanel atau tas, miniatur automotif, lampu unik dan sebagainya, kembangkan saja dan jual, baik di toko atau online. Anda dapat menawarkan kerajinan tangan dengan menggunakan toko online atau website marketplace untuk barang-barang kerajinan tangan.

 

Apakah Anda pernah memiliki hobi yang dapat dibisniskan?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang