Keluarga Anda butuh Rencana Keuangan sebagai panduan dalam mengelola keuangan dan mencapai tujuan keuangan. Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas lebih komprehensif kenapa keluarga Anda butuh rencana keuangan.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Rencana Keuangan

Perencanaan Keuangan menurut FPSB Indonesia adalah:

sebuah proses untuk mencapai tujuan-tujuan hidup seseorang atau keluarga melalui manajemen keuangan yang tepat dan terencana dengan benar. Perencanaan keuangan berperan sebagai “roadmap” untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda di masa depan.

 

Roadmap tersebut yang akan menunjukkan bagaimana cara menuju dari kondisi keuangan Anda saat ini (titik A) mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda di masa yang akan datang (titik B).

Rencana Keuangan, Roadmap Keuangan Masa Depanku Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Menurut Carl Richards penulis buku The One Page Financial Plan perencanaan keuangan dapat diilustrasikan sebagai berikut:

 Value Money Financial Planning - Carl Richards - One Page Financial Planning - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Menurut Carl Richards perencanaan keuangan adalah proses yang panjang, dengan menyelaraskan atau mensinergikan antara uang dan values Anda (segala sesuatu yang penting untuk Anda). Sebuah rencana keuangan penting tidak hanya untuk sekarang, tahun depan tetapi untuk jangka waktu yang lebih panjang. Oleh sebab itu perencanaan keuangan perlu senantiasa penyelarasan (alignment).

 

Perencanaan Keuangan di Mata Finansialku

Perencana keuangan independen Finansialku melihat sebuah rencana keuangan terdiri dari gabungan antara: ilmu keuangan, logika dan seni.

Perencanaan-Keuangan---Ilmu-Keuangan,-Seni-dan-Logika

  • Ilmu keuangan (personal finance) dibutuhkan untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan.
  • Logika (logic) dalam menyusun sebuah rencana keuangan diperlukan logika yang kuat, agar rencana keuangan yang dibuat bersifat robust.
  • Seni (art) adalah bagian yang penting dalam menyusun rencana keuangan. Dalam menyusun rencana keuangan harus mempertimbangkan banyak aspek, termasuk seni menyusun strategi investasi.

 

Keluarga Anda Butuh Rencana Keuangan

Keluarga Anda butuh rencana keuangan sebagai roadmap yang membantu keluarga Anda mencapai tujuan-tujuan keuangan. Seseorang pasti memiliki tujuan-tujuan keuangannya #IndonesianDreams, seperti: membeli rumah, membeli kendaraan, memenuhi dana pendidikan anak, jaminan kesehatan, dana hari tua (pensiun), waris, dana perjalanan ibadah dan lainnya. Jangan lupa vote tujuan keuangan Anda #IndonesianDreams.

[total-poll id=7289]

Nah bagaimana cara Anda mengelola keuangan saat ini untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda yang banyak tersebut? Jawabannya adalah keluarga Anda butuh rencana keuangan.

Keluarga Anda Butuh Rencana Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Jika saat ini keluarga Anda belum memiliki rencana keuangan, segera hubungi perencanaan keuangan independen untuk menyiapkan rencana keuangan keluarga Anda. Banyak orang salah persepsi alias negative thingking dalam perencanaan keuangan.

Buat Rencana Keuangan Sekarang Finansialku Buat Financial Plan Sekarang Finansialku - Update

 

Kesimpulan

Keluarga Anda butuh rencana keuangan sebagai roadmap untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda (tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang).

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Mei 2015

Baca E Magazine Sekarang!