Aaron Patzer adalah seorang entrepreneur muda yang sukses dibidang financial technology. Beliau mulai mulai mendirikan bisnis, membesarkan dan berhasil menjualnya ke investor. Bagaimana kisah sukses Aaron Patzer?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Aaron Patzer Pendiri Mint.com

Aaron Patzer adalah seorang entrepreneur di bidang teknologi finansial (financial technology). Beliau mendirikan sebuah aplikasi website yang berguna untuk mengelola keuangan dan menghemat pengeluaran.  Aplikasinya bernama Mint.com.

 

Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint dan Serial Entrepreneur - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kisah Sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook]

 

Aaron Patzer lulus dari universitas Duke di tahun 2002 dengan gelar BSEE. Kemudian Aaron Patzer melanjutkan pendidikannya dengan gelar MSEE di Universitas Princeton. Setelah lulus (sekitar tahun 1998 – 2000), Aaron Patzer berkarir di bidang industri internet.

 

Kisah Sukses Mint.com

Aaron Patzer mendirikan Mint.com pada Maret 2006. Beliau mendapatkan inspirasi Mint.com karena frustasi saat menggunakan aplikasi Quicken. Quicken adalah aplikasi untuk mengelola keuangan yang diproduksi oleh Intuit. Aaron Patzer mengembangkan versi alpha Mint.com sebelum bertemu dengan Josh Kopelman dan Rob Hayes. 

 

Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint dan Serial Entrepreneur Photo - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim Pendiri Gojek]

 

Pertemuan Aaron Patzer dengan kedua orang tersebut, menghasilkan pendanaan pertama untuk Mint.com. Tidak lama setelah pendanaan tersebut Aaron Patzer merilis Mint.com ke publik, saat konferensi TechCrunch 40. Pada kesempatan yang sama juga, Mint.com mendapatkan hadiah sebesar $50.000 sebagai juara pertama dalam konferensi.

Pada 14 September 2009, Intuit menyatakan bahwa mereka akan membeli Mint.com dengan harga $170.000.000. Pada saat itu Mint.com memiliki 1,5 juta pengguna. Setelah dibeli Intuit, Aaron Patzer bergabung dengan VP Product Innovation di Intuit. 

 

Setelah Mint.Com Dibeli

Setelah Mint.Com dibeli, Aaron Patzer melanjutkan ke proyek selanjutnya Swift. Proyek Swift adalah proyek dibidang alat transportasi yang mempermudah para pengguna. Proyek ini kurang berhasil, karena biaya pengembangan yang tinggi. Setelah kegagalan di proyek Swift, Aaron Patzer merilis proyek Fountain.com di tahun 2013.  

Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint dan Serial Entrepreneur Quote - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia.com]

 

Fountain.com adalah aplikasi yang dapat menghubungkan kita dengan ahli. Kita bisa bertanya mengenai cara memasak, olahraga Yoga, mengisi pajak dan lain sebagainya. Pada tahun 2015, Fountain di akuisisi oleh Porch. 

 

Apa yang Dapat Dipelajari dari Sosok Aaron Patzer?

Banyak sekali hal yang dapat kita pelajari dari Aaron Patzer, antara lain:

  1. Ketekunan dan keuletan dalam menjalankan bisnis. Aaron Patzer memulai Mint.com dengan modal yang sangat minim. Modal minim bukan menjadi alasan untuk menyerah. Pada akhirnya Aaron Patzer dapat menjual Mint.com dengan harga $170 juta (Rp 1.700.000.000.000).
  2. Semangat berinovasi dan mengembangan produk. Mint.com dikembangkan karena Aaron Patzer mengalami kesulitan saat mengurus keuangannya sendiri. Ternyata aplikasi Mint.com tidak hanya menyelesaikan masalah sendiri tetapi juga banyak orang Amerika.
  3. Pantang menyerah dalam berbisnis. Setelah sukses dengan Mint.com, Aaron Patzer sempat mengembangkan beberapa start-up. Sayangnya start-up tersebut tidak mencetak kesuksesan seperti Mint.com. Semangat pantang menyerah, membawa Aaron Patzer sukses dengan Fountain.com
  4. Komunikasi yang hebat. Aaron Patzer beberapa kali sukses meyakinkan investor untuk mendanai proyeknya, bahkan membeli startup nya.

  

 

Menurut Anda, pelajaran apa yang Anda dapat dari Aaron Patzer?

 

 

Sumber Gambar: 

  • Aaron Patzer – http://goo.gl/z6EEzG
  • Aaron Patzer – http://goo.gl/xfJE8x
  • Aaron Quote – https://goo.gl/K8gmTZ

 

Sumber Berita

  • Aaron Patzer Wikipedia – https://goo.gl/368suJ
  • Scott Gerber. 2 Juni 2011. How I Did It: Aaron Patzer on Creating Mint.com. Time.com – http://goo.gl/R11oOz

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

 

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang