Kisah Sukses Drew Houston Pendiri DropBox. Sudah pada punya akun DropBox? Nah kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Success Story

 

Biografi Drew Houston Pendiri DropBox

Berikut ini biografi singkat Drew Houston pendiri DropBox.

4 Maret 1983, Founder dan CEO DropBox

Quote

Don’t worry about failure, you only have to be right once. Drew Houston pendiri DropBox.
  • Kekayaan US$ 1,25 Billion (Asumsi kurs 1US$ = Rp 10.000 kekayaannya setara Rp 12,5 T).

  • Sumber kekayaan: DropBox

  • Tempat tinggal San Fransisco

  • Kewarganegaraan Amerika

 

  • Social Media

 

Awal Kehidupan Drew Houston

Drew Houston lahir pada tanggal 4 Maret 1983 di Acton, Massachusetts. Dia menjalani hari-hari sebagai anak biasa dan akhirnya lulus di bangku kuliah jurusan Ilmu Komputer atau Computer Science di universitas Massachusetts Institute of Technology (MIT). Drew lulus kuliah pada tahun 2006 dan bekerja di beberapa perusahaan startup, seperti Bit9, Accolade and Hubspot. Finansialku mengira tampaknya Drew terinspirasi oleh beberapa perusahaan startup tempat dia bekerja.

Kisah Sukses Drew Houston Pendiri DropBox - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Ternyata Drew juga anggota dari grup Phi Delta Theta fraternity. Dari sana awal kisah Drew bertemu calon partnernya yaitu Arash Ferdowsi. Mereka berdua yang menjadi awal dari DropBox. Nah dari sini cerita bermulanya DropBox. Jadi apa itu DropBox?

 

Drop Box

Sebelum kita membahas lebih dalam kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox, kita simak dulu ni apa itu DropBox?

[/fusion_builder_column]

 

Sudah tahu apa itu DropBox? Jadi DropBox adalah perusahaan yang memfasilitasi penyediaan tempat penyimpanan secara online. Istilah kerennya adalah Cloud Storage. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menyimpan data di banyak flashdisk, cukup masukin ke DropBox dan Anda bisa akses data itu di hp, tablet, computer dan gadget lainnya. Keren kan? Makanya miliki segera akun DropBox, gratis kok. Coba aja Sign In

 

DropBox didirikan pada 1 Juni 2007, berawal dari kisah sederhana. Gara-gara sering lupa bawa USB Flash Drive ketika menjadi mahasiswa di MIT. Drew mengeluh karena mengalami masalah yang sama dan berulang-ulang, internet lambat, file besar, bugs pokoknya masalah karena data kita tersebar.

Drew iseng-iseng membuat solusi untuk dirinya dan menjadi prototype DropBox. Kemudian Drew menyadari bahwa solusi iseng buat dirinya ternyata juga berguna bagi banyak orang.

Tahun 2007, Drew bergabung dengan Y Combinator (perusahaan incubator) dan mendirikan DropBox. DropBox launch secara resmi pada tahun 2008. Dari hal tersebut kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox menjadi lebih menarik. DropBox berkembang cukup pesat. Tahun 2012, Facebook dan DropBox bekerjasama memberikan layanan untuk penggunanya. Tahun 2013, DropBox mencatat total 200 juta pengguna terdaftar dan mengumumkan versi premium DropBox yaitu DropBox untuk Bisnis.

 

Berapa Modal yang Dibutuhkan DropBox?

Berbicara kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox, tidak lengkap jika tidak mengupas berapa jumlah modal DropBox? Darimana sumber pendanaan DropBox?

 

Salah satu kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox adalah keberhasilan dalam mengumpulkan dana. DropBox berhasil mengumpulkan dana hingga mencapai US$ 1,1 Billion dengan 6 kali pendanaan dari 24 investor.

 
JumlahTanggalInvestor
$15.000 / SeedJun 1, 2007Y Combinator
$1,2 M / SeedSep 4, 2007

Signature Capital, Bobby Yazdani, Pejman Nozad

Amidzad Partners, Ali Partovi, Hadi Partovi

dan 7 Orang Lainnya.

$6M / Series ANov 24, 2008Accel Partners dan Sequoia Capital
$250M / Series BOct 18, 2011
$350M / Series CJan 24, 2014

Salesforce Ventures, T. Rowe Price,

BlackRock

$500M / Debt FinancingApr 6, 2014JP Morgan, QueensBridge Venture Partners

 

 Keterangan:

  • M = million = juta, contoh $600M = $ 600.000.000 setara Rp 6T (asumsi 1 USD = Rp 10.000).
  • B = billion = milliar, contoh $1,1 B = $ 5.000.000.000 setara Rp 11T (asumsi 1 USD = Rp 10.000).
  • Series A, B adalah jenis pendanaan dengan kepemilikan saham.

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Drew Houston Pendiri DropBox

Berikut ini video rekaman kunci dari kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox:

 

Drew pernah menuliskan 4 kunci sukses bisnis, berikut ini Finansialku berbagi 4 pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox:

Menurut Finansialku DropBox menjadi produk yang awalnya untuk kalangan terbatas. Siapa yang butuh piranti cloud untuk menggantikan usb flash drive. Tapi Drew mampu memposisikan produk dan bisnis dengan tepat (setelah membuat banyak kesalahan).

Menurut Finansialku, kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox adalah dia mau namanya try (coba) and error (gagal) and try (coba lagi) and error (gagal lagi) and error, error, error sampai suatu kali benar. Makanya ada quote dari Drew yang mengatakan: Ga usah takut sama salah atau gagal. Anda cukup benar satu kali saja.

DropBox pada awal-awal (hingga saat ini) sangat bergantung pada feedback dari para pengguna. Menurut Finansialku, Drew membuat produk yang diinginkan oleh pengguna bukan produk yang menurut idealis pemilik.

Nah ini pembelajaran baru, Drew mengatakan DropBox tahu siapa penggunanya dan dimana mereka berkomunikasi. Kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox tercipta karena Drew adalah sosok leader yang mau mendengarkan, terutama suara-suara pengguna. DropBox berusaha agar dapat berkomunikasi dengan cara yang sangat natural.

 

Sobat Finansialku, semoga kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox ini dapat menginspirasi kita dan menjadi panutan dalam berbisnis. 

 

Sumber

Kisah sukses Drew Houston pendiri DropBox diambil dari beberapa sumber:

  • CrunchBase. DropBox. http://goo.gl/ObXdUz
  • CrunchBase. Drew Houston. http://goo.gl/D6NNwu
  • Forbes. Drew Houston. http://goo.gl/S2kYVA
  • Slideshare. Drew Houston. http://goo.gl/AXxo
  • Wikipedia. DropBox. http://goo.gl/mgWl
  • Wikipedia. Drew Houston. http://goo.gl/i07Bk

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015