Komik Berkenalan dengan Keluarga Ronald

Berkenalan dengan Keluarga Ronald

 

Keluarga Ronald adalah keluarga kelas menengah di Indonesia yang terdiri dari seorang kakek, ayah, ibu dan dua orang anak. Sebagai salah satu warga kelas menengah di Indonesia, keluarga Ronald seringkali menghadapi tantangan-tantangan dalam mengelola keuangan. Ikuti kisahnya keluarga Ronald dalam mengelola keuangan keluarga.

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Kakek

Fico

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Papa

Ronald

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Mama

Glory

Kakak Amora - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Kakak

Amora

Adik Dylan  Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Adik

Dylan

 

 

Cerita Keluarga Ronald

Halo para pembaca Finansialku, saya Ronald tuan rumah keluarga Ronald :D. Ini adalah cerita keluarga kami dalam mengelola keuangan keluarga. Kami bukan orang yang sempurna dalam hal keuangan dan seringkali mengalami permasalahan keuangan, seperti kadang-kadang kartu kredit ga lunas, investasi yang minus, bahkan istri saya pernah ikutan investasi emas bodong. Saya punya seorang ayah yang sangat-sangat konservatif dan anti segala sesuatu yang berhubungan dengan investasi, kecuali emas, tanah dan rumah. Saya memiliki dua orang anak yang selalu ceria, si sulung Amora dan si bungsu Dylan. Saya sangat bersyukur karena saya diberi keluarga yang bahagia. Saya seringkali bermasalah dengan keuangan, tetapi tenang saja karena saya dan istri memiliki resolusi untuk merencanakan keuangan keluarga saya di tahun 2015. Ikuti cerita kami ya, di Finansialku.

Keluarga Ronald

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Kakek Fico

Fico adalah Ayah saya dan sekarang sudah menjadi kakek untuk anak-anak saya. Pada tahun 2015, kakek Fico berumur 65 tahun dan tentu saja sudah pensiun.

Kakek Fico adalah orang yang cukup bijaksana dan sangat konservatif dalam mengelola keuangan. Dahulu dia bekerja di sebuah perusahaan swasta.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Papa Ronald

Halo saya Ronald, kepala keluarga sekaligus tuan rumah keluarga Ronald :D. Saya bekerja sebagai asisten manajer di perusahaan swasta di Jakarta. Saya bukan orang yang ahli dalam keuangan dan kerap kali melakukan kebodohan dalam mengelola keuangan. Kadang-kadang saya tidak bisa menabung atau berinvestasi dari gaji bulanan saya. Saya punya sebuah mimpi, mimpi kebanyakan orang kelas menengah di Indonesia #IndonesianDreams yaitu punya rumah (keluar dari apartemen sekarang), lunas cicilan mobil, bisa nyekolahin anak – anak sampe perguruan tinggi, jaminan kesehatan buat sekeluarga dan tentu saja pensiun yang aman dana nyaman.

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Mama Glory

Perkenalkan ini Glory, istri sekaligus ibu dari anak-anak saya. Saya kagum dengan istri saya, karena dia selain ibu rumah tangga juga berprofesi sebagai wanita karir dan direktur keuangan di keluarga Ronald. Dia bekerja sebagai agen asuransi di perusahaan asuransi jiwa. Dia orang yang cukup ahli dalam memasarkan produk dan persuaif. Orang yang cukup menyenangkan dan bijak sebagai ibu. Dahulu saat kami menikah, Glory bukan seorang yang ahli dalam keuangan (meskipun dia lulusan sarjana ekonomi dan pernah kerja di perbankan). Untuk meningkatkan karirnya di dunia industri asuransi, istri saya banyak mengikuti training, seminar mengenai kekuangan. Setidaknya sekarang keuangan keluarga kami lebih baik daripada awal pernikahan, meskipun belum berlebih.

Kakak Amora - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Kakak Amora

Amora anak pertama dari pernikahan kami. Saat ini Amora sedang duduk di SMP swasta kelas IX (SMP kelas 3) dan tahun depan Amora akan masuk ke SMA dan tentu saja 7 tahun lagi dia akan masuk kuliah. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk Amora, tapi yang paling utama adalah pendidikannya. Saya berpikir pendidikan adalah bekal yang bisa saya siapkan buat anak-anak saya. Amora adalah putri yang cukup cerdas di sekolahnya dan memiliki pergaulan yang luas. Dia seperti Glory, istri saya seorang yang sangat supel dan persuasif. Cita-citanya adalah menjadi seorang pebisnis sukses.

Adik Dylan  Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com

Adik Dylan

Dylan anak putra pertama sekaligus anak bungsu dari pernikahan kami. Saat ini Dylan sedang duduk di SD swasta kelas IV. Ternyata di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti di Jakarta lagi marak sekolah internasional. Saya saat ini sedang berdiskusi dengan Glory akankah kami memindahkan Dylan ke sekolah internasionl? Pertimbangannya adalah kurikulum yang katanya lebih baik vs biaya yang cukup mahal. Saya berpikiran perjalanan Dylan masih cukup panjang dan masih banyak dana yang harus dikeluarkan khususnya untuk pendidikannya. Dylan seperti anak kecil pada umumnya, hobi dengan bermain games di PS, IPad, Komputer dan lain sebagainya. Cita-citanya sekarang tidak jauh dari games, yaitu menjadi pembuat games :D.

 

Itu tadi cerita dari saya, Pak Ronald tuan rumah keluarga Ronald. Jangan lupa ikuti kisah saya dan keluarga dalam mengelola keuangan. Saya kembalikan kepada pemilik website yaitu Finansialku.

 

Cerita Keluarga Ronald:

 

Catatan dari Finansialku

Cerita keluarga Ronald adalah cerita fiksi (bukan sebenarnya) dan dibuat dengan tujuan untuk mengajarkan mengenai keuangan individu dan keluraga. Cerita keluarga Ronald dibuat oleh perencana keuangan independen Finansialku. Jika ada kesamaan atau nama karakter yang sama, adalah hal yang kebetulan. Cerita keluarga Ronald adalah bagian materi dari artikel Finansialku dan tidak dijual. 

 

Sumber Gambar

Logo Freepik

Karakter keluarga Ronald adalah courtesy dari www.Freepik.com people avatar 761436. Anda dapat mendownload karakter-karakternya di www.Freepik.com.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Januari 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

By | 2016-12-02T15:35:51+00:00 January 10th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Keuangan Keluarga, Lifestyle|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download