KPR termasuk Utang Produktif atau Utang Konsumtif

KPR termasuk Utang Produktif atau Utang Konsumtif? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih lengkap mengenai apakah KPR termasuk utang produktif atau utang konsumtif?

 

English

Good Debt is A Powerful Tool, But Bad Debt Can Kill You.

Robert T. Kiyosaki

 

KPR termasuk Utang Produktif atau Utang Konsumtif - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Indonesia

Utang baik adalah alat yang kuat, tetapi utang buruk dapat membunuhmu.

Robert T. Kiyosaki

 

Robert T. Kiyosaki dalam quotenya menjelaskan perbedaan utang produktif dan utang konsumtif (utang baik dan utang buruk). Utang produktif menurut Robert T. Kiyosaki artinya saya yang utang, orang lain yang bayar, misal seseorang ambil utang untuk membeli waralaba toko belanja ritel, seseorang ambil utang untuk membeli rumah kos dan lain sebagainya.

Bagaimana jika kita membeli rumah untuk kita tempati (KPR) apakah utang produktif atau utang konsumtif? Nah menurut Robert T. Kiyosaki utang produktif adalah saya yang utang orang lain yang bayar. Kalo KPR tersebut saya yang utang dan saya yang bayar, maka KPR tersebut tidak termasuk utang produktif. 

Sedikit menyimpang dari topik, silahkan berikan komentar Anda:

  1. Utang kartu kredit, apakah termasuk utang produktif atau utang konsumtif?
  2. Utang kendaraan pribadi untuk kebutuhan keluarga, apakah termasuk utang produktif atau utang konsumtif?
  3. Utang kendaraan untuk disewakan, apakah termasuk utang produktif atau utang konsumtif?
  4. Cicilan elektronik, apakah termasuk utang produktif atau utang konsumtif?

 

Menurut Finansialku, setiap orang tentunya ingin memiliki rumah pertama. Kami meyakini jika seseorang sudah memiliki rumah pertama, paling tidak orang tersebut merasa aman dari segi keuangan (Financially secure). Nah Jika Anda saat ini sedang mencari rumah dan KPR sesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda mengambil utang KPR yang melebihi kemampuan Anda dan kesusahan dalam membayar cicilan. 

 

Kesimpulan

Menjawab pertanyaan apakah KPR termasuk utang produktif atau utang konsumtif? Jawabannya tergantung pada siapa yang bayar utang Anda. Jika Anda mengambil KPR untuk rumah kos, dan cicilannya dibayar dari keuntungan bulanan rumah kos, maka KPR tersebut termasuk utang produktif. Sebaliknya jika Anda harus membayar cicilan KPR dari hasil kerja, maka KPR tersebut termausk utang konsumtif. Semoga teman-teman dapat membedakan utang KPR termasuk utang produktif atau utang konsumtif

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

By | 2017-06-06T13:19:44+00:00 April 20th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Kata Kata Mutiara|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment