Langkah Awal Menuju Kebebasan Keuangan

Langkah awal menuju kebebasan keuangan (financial freedom) adalah …

Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas langkah awal menuju kebebasan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tiga Jenis Pendapatan menurut Robert T. Kiyosaki

Robert T. Kiyosaki sebagai konsultan keuangan di Amerika, pernah menulis dalam bukunya, bahwa seseorang berpotensi untuk mendapatkan penghasilan bulanan berdasarkan:

Dimana saya harus berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

  • Pendapatan Aktif: Pendapatan karena seseorang bekerja, misal karyawan mendapat gaji, pemilik toko mendapat keuntungan berjualan, dokter mendapatkan uang hasil memeriksa, perencana keuangan mendapatkan fee jasa konsultasi.
  • Pendapatan Portofolio: Pendapatan karena seseorang mendapatkan keuntungan dari saham, reksa dana, investasi di aset – aset kertas (paper asset).
  • Pendapatan Pasif: Pendapatan karena seseorang memiliki penghasilan dari asset (rumah kos, waralaba dan lainnya) yang memberikan keuntungan secara berkala.

Pada artikel sebelumnya Finansialku pernah membahas tiga jenis rencana keuangan, nah kali ini bagaimana cara menuju kebebasan keuangan (financial freedom)?

 

Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)

Kebebasan keuangan (Financial Freedom) tidak sama dengan kaya, tidak sama dengan punya uang banyak. Kebebasan keuangan adalah kondisi dimana asset Anda mampu menghasilkan pendapatan minimum sebesar pengeluaran Anda. Jadi:

Kebebasan keuangan adalah pendapatan pasif minimum sama dengan pengeluaran Anda.

Semakin besar pendapatan pasif, maka semakin menuju ke kebebasan keuangan (financial freedom).

 

Langkah Awal Menuju Kebebasan Keuangan

Langkah awal menuju kebebasan keuangan adalah, mengubah pendapatan aktif menjadi pendapatan portofolio dan pendapatan pasif. Langkah kecil yang dapat kita lakukan adalah: mulai berinvestasi (ingat pelajari dulu mengenai produk investasinya dan mulai dari jumlah yang paling kecil).

Langkah Awal Menuju Kebebasan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Berdasarkan keuntungan investasi dan pendapatan aktif, mulai membeli aset – aset yang produktif, misal membeli ruko yang dapat disewakan, membeli waralaba dan lain sebagainya. Pendapatan pasif juga dapat dilakukan dengan menciptakan asset, contoh Mark Zuckerberg menciptakan Facebook, Evan Spiegel menciptakan SnapChat, Jon Oringer menciptakan Shutterstock dan lain sebagainya. Anda juga dapat menciptakan asset yang dapat menghasilkan pendapatan pasif untuk Anda.

 

Kesimpulan

Jadi langkah awal menuju kebebasan keuangan adalah mulai mengubah pendapatan aktif kita menjadi pendapatan pasif.

 

Menurut Sobat Finansialku, langkah awal apa yang harus kita lakukan agar kita memiliki uang untuk diinvestasikan setiap bulannya?

 

Sumber Gambar:

  • Success – https://goo.gl/Qo4E77

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment