Mengenal Asuransi Rumah

Asuransi rumah adalah jenis perlindungan yang penting tetapi sering dilupakan orang. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai asuransi rumah.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengenal Asuransi Rumah

Rumah adalah aset yang penting bagi seseorang. Menurut Suze Orman orang akan merasa aman dan lebih percaya diri secara finansial jika memiliki rumah. Banyak risiko yang dapat terjadi pada rumah Anda, misal kebakaran (fire), petir (lightning), ledakan (explosion), kejatuhan pesawat (aircraft) dan asap (smoke). Mengingat pentingnya asuransi rumah dan risiko yang mungkin terjadi Anda memerlukan adanya perlindungan atau asuransi rumah.

Mengenal Asuransi Rumah - Finansialku

Selain perlindungan tersebut, asuransi rumah juga memiliki perluasan atau perlindungan tambahan seperti:

  1. Kerusuhan dan huru hara.
  2. Kerusakan akibat tertabrak kendaraan.
  3. Angin ribut, gempa bumi, banjir maupun kerusakan yang disebabkan air.
  4. Kebongkaran dan perampokan yang diikuti dengan tindakan kekerasan.

Satu hal yang harus diingat: Pastikan Anda mempelajari polis asuransi rumah. Perlindungan apa yang diberikan dan sejauh mana perlindungan tersebut. Misal kita membeli asuransi rumah dan tertulis di dalam polisnya: penggantian bangunan karena kebakaran. Kita harus kritis mempelajari seberapa besar penggantian, kebakaran jenis apa yang dapat diklaim dan lain sebagainya. Jika terjadi kebakaran karena hal-hal bodoh seperti ini, bisa jadi perusahaan asuransi tidak akan menggantinya.

 

Orang melakukan kecerobohan membunuh laba-laba dengan api. Tak sengaja api membesar dan membakar rumahnya. Jika Kita sudah membeli dan benar-benar mempelajari polisnya maka, Kita akan jauh lebih tenang.

 

Berapa Harga Asuransi Rumah?

Kabar baiknya asuransi rumah memiliki harga yang cukup murah. Rumus penentuan premi adalah sebagai berikut:

Harga pertanggungan (rumah beserta isinya) x rate premi (per mill) = premi asuransi

 

Berikut ini ilustrasi perhitungan premi:

  • Harga rumah tinggal beserta isinya:  Rp.1.000.000.000
  • Rate premi:  0,099%
  • Premi yang harus dibayarkan = Rp 1.000.000.000 x 0,099% = Rp 990.000

Asuransi rumah sifatnya mirip dengan asuransi mobil. Premi dibayarkan tahunan dan bersifat hangus. Uang pertanggungan akan digantikan jika terjadi musibah seperti yang tertulis dalam polis asuransi rumah.

 

Kesimpulan

Asuransi rumah penting untuk dimiliki. Tetapi ingat: sebaiknya kita menjadi konsumen yang kritis dan mau mempelajari polisnya.

 

Sumber Gambar:

Home – http://goo.gl/P5JXb5

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

 

By | 2016-12-06T13:02:52+00:00 June 10th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Asuransi, Asuransi Rumah|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment