Apakah Anda pernah menilai atau melihat uang dari sudut pandang yang berbeda? Finansialku.com sebagai perencana keuangan ingin berbagi sebuah pandangan mengenai cara melihat dan menilai uang dari sudut pandang yang berbeda.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sudut Pandang Kita, Menentukan Penilaian Kita

Setiap orang pasti memiliki sudut pandang akan suatu hal. Sudut pandang tersebut yang nantinya akan menjadi penilaian (judgement) kita. Sering kali orang melihat sesuatu hanya dari satu atau dua sudut pandang, akibatnya penilaian atau kesimpulan kita salah. Mau coba, coba deh kita test ya!

Menilai dari Sudut Pandang yang Berbeda - Perencana Keuangan independen Finansialku

[Baca Juga: Melawan Mental Block dalam Perencanaan Keuangan]

 

Berikut ini adalah sebuah bidang yang dilihat dari atas, coba tebak gambar apakah ini?

Menilai Uang dari Sudut Pandang yang Berbeda - Lingkaran - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Jika Anda melihat dari satu sudut pandang (hanya tampak atas), Anda akan melihat sebuah lingkaran, betul? Sekarang kita coba lihat dari sudut pandang arah depan, gambar apakah ini?

Menilai Uang dari Sudut Pandang yang Berbeda - Segitiga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Jika Anda melihat dari satu sudut pandang saja (sudut pandang depan), Anda akan menyimpulkan gambar di atas adalah sebuah segitiga, betul? Nah coba Anda bayangkan jika Anda melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, misal lihat dari arah isometris, gambar apakah yang Anda lihat? Ternyata Anda melihat sebuah bentuk 3D bernama kerucut (cone).

Menilai Uang dari Sudut Pandang yang Berbeda - Kerucut - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jika kita memperkaya sudut pandang kita, maka kesimpulan yang dihasilkan juga akan berbeda bukan. Nah sekarang kita lakukan test berikutnya? Menurut Anda gelas ini setengah kosong, setengah penuh atau penuh? 

 

Jika Anda mengatakan setengah kosong, kesimpulan Anda tidak salah. Kenyataannya gambar di atas memang gelas yang setengah kosong. Begitupula jika Anda mengatakan bahwa gelas tersebut setengah penuh, karena gelas tersebut hanya berisi setengah bagian saja. Tetapi bagaimana dengan sudut pandang gelas penuh? Ternyata juga tidak salah, karena gelas tersebut setengah penuh dengan air dan setengah penuh dengan udara. 

Lain orang, tentu saja lain cara berpikirnya kan? Sah-sah saja sih mengenai hal itu, karena setiap orang memiliki kebebasan untuk berpikir, menentukan sudut pandang dan caranya menyimpulkan masalah. Bagaimana dengan cara pandang orang dengan uang.

 

Sudut Pandang yang Berbeda terhadap Uang

Lain cerita dengan sudut pandang terhadap uang. Hal inilah yang membedakan seseorang bisa menjadi kaya (bahkan menjadi seorang miliarder) dan orang lain menjadi orang biasa-biasa saja (bahkan menjadi orang yang miskin). Perbedaanya terdapat pada sudut pandang yang berbeda.  Orang kaya melihat uang bukan sebagai tujuan, tetapi sebagai alat. Kebanyakan orang biasa memandang uang sebagai tujuan dan segalanya.

[Baca Juga: 90+ Cara Miliarder Mengelola Uangnya dan Orang Biasa Melakukan Sebaliknya]

Apakah Anda mau menjadi seorang yang memiliki sudut pandang uang sebagai seorang miliarder atau orang biasa saja, itu pilihan Anda. Silahkan pilih sesuai dengan sudut pandang Anda dan kemauan Anda. Satu hal yang penting setiap pilihan memiliki konsekuensinya masing-masing, jadi jangan pernah menyesali kondisi Anda nanti, tahun depan. Keuangan Anda di masa yang akan datang, adalah buah dari pilihan yang Anda lakukan saat ini.

 

 

Bagaimana sudut pandang Anda terhadap uang? Apakah Anda memadang uang dengan gaya miliarder atau dengan gaya orang biasa?

 

 Sumber Gambar:

  • Man Binocular – http://goo.gl/n5RFiz
  • Glass Water –  http://goo.gl/QUKjp0

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang