Merencanakan Keuangan Memerlukan Proses dan Waktu. Semuanya tidak bisa dilakukan dengan instan. Kali ini Finansialku akan membahas kaitannya dengan cara mengelola keuangan dan merencanakan keuangan yang benar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan dan Merencanakan Keuangan yang Benar?

Tahukah Anda pendidikan keuangan atau literasi keuangan di Indonesia, termasuk dalam angka yang kurang bagus. Banyak keluarga dan orang-orang diantara kita yang tidak tahu bagaimana cara mengelola dan merencanakan keuangan dengan benar. 

 Merencanakan Keuangan Memerlukan Proses dan Waktu - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Infografis: Merencanakan Keuangan dengan Cara yang SMART]

 

Merencanakan keuangan memerlukan proses, dan inilah prosesnya:

Langkah 1: Membuat dan Mengontrol Anggaran

Anggaran adalah salah satu alat keuangan yang sangat penting. Dengan menggunakan anggaran keuangan rumah tangga, Anda dapat mengetahui uang yang boleh dikeluarkan untuk masing-masing pos pengeluaran, misal berapa yang boleh dikeluarkan untuk pos pendidikan anak, kesehatan, hobi, keperluan pribadi dan lainnya.

 

Langkah 2: Mencatat Keuangan

Catatan keuangan adalah tools yang berfungsi untuk mengingatkan kita kemana uang kita mengalir, dan Anda dapat mengetahui kebocoran-kebocoran dalam keuangan Anda.

[Baca Juga: 4,5 Keuntungan Mencatat Keuangan

 

Setiap klien yang datang ke perencana keuangan selalu dicek pola pengeluarannya. Dimana letak kebocoran keuangan dan bagaimana cara membelanjakan uangnya. Seringkali hal ini menjadi permasalahan, karena mereka tidak memiliki catatan keuangan. Bagaimana kita bisa, melakukan perbaikan jika kita tidak memiliki data yang cukup?

 

English

If you can’t measure it, you can’t improve it

Peter Drucker

 

 [Baca Juga: 5 Perilaku Mengelola Keuangan yang Sehat]

 

Bahasa Indonesia

Jika Anda tidak dapat mengukurnya, Anda tidak dapat memperbaikinya

Peter Drucker

 

Sebenarnya mencatat keuangan adalah pekerjaan yang sederhana, namun kita masyarakat Indonesia tidak terbiasa mencatat keuangan. Jika Anda mau memperbaiki kondisi keuangan Anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat keuangan.

 

Langkah 3: Merencanakan Keuangan dan Menjalankan

Langkah ketiga adalah mulai merencanakan keuangan dan menjalankan. Hitung berapa dana yang harus Anda persiapkan untuk mewujudkan impian Anda. Misal Anda ingin menyiapkan biaya kuliah anak, maka Anda harus mulai menghitung berapa yang dibutuhkan untuk biaya kuliah anak? Dan berapa yang harus diinvestasikan setiap bulannya?

 [Baca Juga: Investasi Sesuai dengan Rencana Keuangan]

 

Setelah itu, langkah berikutnya adalah memantau seberapa jauh kemajuan (progress) dari tujuan keuangan Anda. Mulailah dengan merencanakan tujuan-tujuan keuangan jangka pendek yang mudah diwujudkan.

 

Langkah 4: Berinvestasi

Rencana keuangan saja tidak cukup untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda. Anda perlu berinvestasi untuk membuat uang Anda bekerja lebih kereas. Langkah-langkah sebelum berinvestasi adalah hitung dan simulasikan, kemudian berinvestasi sesuai dengan tujuan keuangan. Terakhir pantau perkembangan investasi Anda setiap akhir bulan.

 

Langkah 5: Cek Kesehatan Keuangan

Jangan lupa, selalu cek kesehatan keuangan Anda. Ada banyak keuntungan, jika Anda sehat secara keuangan, antara lain: proses kredit Anda dapat lebih mudah disetujui, uang Anda bekerja untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda dan keuntungan lainnya.

 

Langkah 6: Lakukan Perbandingan Produk Keuangan

Banyak orang Indonesia, tidak terbiasa dengan membandingkan produk-produk keuangan. Alasannya sederhana: ribet, repot, tidak memiliki waktu untuk harus melihat satu-persatu produk keuangan. Padahal Anda bisa mendaptkan bunga yang paling murah untuk kredit Anda (kartu kredit, KTA, KPR, kredit kendaraan).

[Baca Juga: 10 Cara Cerdas Mengatur Tagihan Kartu Kredit

 

Anda juga dapat membeli investasi dengan hasil yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda (investasi reksa dana, saham, deposito, tabungan). Anda juga dapat membeli produk-produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dengan biaya premi yang paling terjangkau

 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jadi, agar tujuan keuangan Anda segera terwujud, maka …

Tentu saja Anda saat ini merasakan kondisi keuangan tahun ini masih kurang bagus. Seperti yang Anda ketahui, kondisi keuangan Anda saat ini adalah hasil keputusan Anda di waktu yang lalu. Mungkin Anda tidak pernah membuat anggaran, tidak pernah mencatat pengeluaran, tidak pernah merencanakan keuangan, tidak berinvestasi dan lainnya. 

Jika Anda ingin keuangan Anda kedepannya lebih baik, maka Anda harus membuat pilihan yang benar disaat ini. Kalau bisa melakukan perbaikan saat ini, kenapa harus tunggu besok? Tunggu apa lagi.

 

Menurut Anda, apa yang dibutuhkan untuk mulai mengelola keuangan keluarga Anda dan cara mewujudkan tujuan keuangan Anda?

 

Sumber Gambar:

  • Financial Planning – http://goo.gl/XnoSCl

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku