Banyak orang memiliki masalah dengan keuangan pribadinya dari dulu hingga sekarang. Perencanaan keuangan pribadi mulai banyak dibicarakan terlebih saat para perencana keuangan independen di Indonesia mulai gencar melakukan edukasi keuangan pribadi. Finansialku akan membahas mengenai cara melakukan perencanaan keuangan pribadi yang dapat dilakukan sendiri.

do-it-yourself-header Perencanaan Keuangan Pribadi

 

Tahap Awal Perencanaan Keuangan Pribadi

Apakah perencanaan keuangan dapat diurus oleh diri sendiri? Perencanaan keuangan pribadi dapat dilakukan oleh masing-masing pribadi, karena semua orang pasti berurusan dengan keuangan pribadi. Bahkan seorang anak kecil juga berurusan dengan uang sakunya, beramal, menabung untuk membeli mainannya, dan lain-lain. Semakin bertambah usia hal-hal keuangan menjadi lebih kompleks, seperti utang, investasi, asuransi dan lain-lain.

Cara merencanakan keuangan pribadi adalah dengan membagi melakukan perencanaan tujuan-tujuan keuangan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Biasanya jangka pendek adalah tujuan-tujuan keuangan di bawah 1 tahun, rencana jangka menengah sekitar 1-5 tahun dan jangka panjang adalah 5 tahun ke atas.

Ada baiknya mulai melakukan perencanaan keuangan untuk jangka pendek, mulai dari pengaturan arus kas, mengatur uang yang masuk (pendapatan) dan uang yang keluar, pengaturan utang, pengaturan dana darurat, asuransi, dan terakhir masuk ke rencana jangka menengah dan panjang.

Dalam artikel ini Finansialku akan fokus pada kebutuhan jangka pendek dan cara mengaturnya.

 

Mengatur Arus Kas

bagaimana-cara-mahasiswi-meningkatkan-literasi-keuangan-finansialku

[Baca juga : Anda Harus Meningkatkan Kemampuan Perencanaan (Planning Skills)]

 

Mengatur arus kas adalah pekerjaan yang mudah diucapkan tetapi susah di jalankan. Hal ini disebabkan karena ada faktor-faktor psikologis dari masing-masing pribadi. Contoh Kita membuat sebuah anggaran untuk membeli baju setiap bulannya maksimum 500.000, tetapi suatu hari ada diskon besar-besaran dan akhirnya Kita memborong hingga lebih dari 500.000.

Solusi mengatur arus kas adalah: mulai membuat anggaran bulanan, mencatat pengeluaran dan pemasukan harian dan berusaha untuk taat terhadap anggaran yang sudah dibuat.

 

Mengatur Utang

Mengatur utang disini adalah membuat rencana pelunasan utang, jumlah utang baru dan strategi pendanaan atau pembayaran utang. Pembayaran utang adalah hal yang cukup repot, terutama jika ada beberapa utang.

Solusinya mulai buat list utang-utang yang ada,  kelompokan utang untuk kebutuhan pribadi (utang konsumtif) dan utang produktif (utang yang digunakan untuk membuat asset yang dapat bekerja). Fokus perbaiki utang konsumtif setelah itu baru masuk ke perbaikan utang produktif.

 

Mengatur Dana Darurat

Seperti yang dielaskan pada artikel-artikel sebelumnya mengenai dana darurat. Dana darurat adalah dana yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang darurat (urgent). Selengkapnya dapat dibaca di:

salah-saya-jika-terkena-penipuan-berkedok-penggandaan-uang-gaib-finansialku

[Baca juga :  Dana Darurat Harus Ada ]

 

Mengatur Asuransi

Asuransi adalah sebuah kebutuhan yang mendasar bagi sebagian orang, terutama asuransi kesehatan. Hal ini disebabkan karena kenaikan harga kesehatan (biaya berobat). Oleh sebab itu seseorang ada baiknya memiliki asuransi kesehatan yang cukup atau sesuai dengan kebutuhan. Selengkapnya dapat dibaca di:

3 Alasan Mengapa Deposito Jadi Salah Satu Cara Untuk Bebas Keuangan 1 - Finansialku

[Baca juga : Rencana Keuangan Kedua: Manajemen Risiko Pribadi]

 

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku5 Jenis Pendapatan PasifBaca
finansialkuBBM datang di Android dan iOS, Bisa Hemat 1 GadgetBaca
finansialkuCara Melunasi Hutang KeluargaBaca
finansialkuMengajarkan Anak untuk Mengelola KeuanganBaca
finansialkuBelajar Menabung untuk Masa DepanBaca