Reksa Dana Pahami Nikmati

Reksa dana pahami nikmati adalah tagline yang digunakan untuk strategi pemasaran dan penjualan produk reksa dana. Finansialku.com akan membahas investasi reksa dana, agar Anda dapat lebih memahami dan menikmati hasilnya. Baca selengkapnya: “Reksa dana Pahami Nikmati.”

 Reksa Dana Pahami Nikmati

 

Logo Reksa Dana Pahami Nikmati

Menurut Aria Bapepam (sumber 1), Logo reksa dana di atas terbentuk dari gambar tiga orang yang mewakili para penyandang dana, perusahaan manajer investasi dan masyarakat. Pahami dan Nikmati bermakna ajakan untuk masyarakat agar memahami investasi reksa dana, ikut terlibat dan menikmati hasilnya. Kata memahami sendiri berarti investor harus mengerti terlebih dahulu produk reksa dana, potensi keuntungan dan kerugian produk reksa dana serta strategi penggunaan reksa dana untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan.

Banyak penipuan atau investasi bodong yang disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab untuk membohongi para investor. Penulis menyarankan sebelum melakukan keputusan investasi apapun, sebaiknya calon investor mengerti betul produk investasi apa yang diikuti, bagaimana cara memaksimalkan keuntungan, bagaimana cara meminimalkan kerugian dan lainnya.

Seorang pakar investasi pasar modal bernama Dr. Alexander Elder mengatakan kunci sukses seorang yang berinvestasi adalah prinsip 3M, mindset, method dan money management. Mindset artinya adalah cara berpikir yang tepat sebagai seorang investor. Salah satu penyebab orang terkena kasus penipuan investasi karena pada umumnya orang, memiliki sifat rakut (greed). Begitupula sebaliknya ada juga orang yang tidak dapat memaksimalkan keuntungannya, karena takut atau ragu-ragu (fear). Method adalah cara atau teknis melakukan investasi, contoh bagaimana cara membaca trend atas investasi kita, bagaimana cara menganalisis risiko investasi dan lain sebagainya. Terakhir adalah money management atau cara mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik dalam investasi bertujuan untuk memastikan investasi yang dilakukan dapat berkelanjutan dan berkembang.

 

4 Jenis Reksa dana

Empat jenis reksa dana yang umum ditemui di Indonesia, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

  • Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang 100% dananya diinvestasikan pada pasar uang.
  • Reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang minimum 80% investasi pada instrument obligasi.
  • Reksa dana campuran adalah reksa dana yang diinvestasikan pada saham dan surat utang (obligasi). Masing-masing saham ataupun surat utang proporsinya tidak boleh melebihi 80%.
  • Reksadana saham adalah reksa dana yang minimum 80% investasi pada saham.

 

Sumber

  • Penjelasan Logo Reksa dana. Website Aria Bapepam.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai Investasi Reksa dana Pahami Nikmati.

 

By | 2016-12-20T15:22:11+00:00 April 7th, 2014|Categories: Investasi|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment