Reksadana itu Dipahami dan Dinikmati, Jangan Diacuhkan

Reksadana itu dipahami dan dinikmati, jangan dibuat pusing. Kalau tidak kenal, bagaimana bisa akrab dan menghasilkan keuntungan?

 

Apa itu Investasi Reksadana?

Banyak orang takut mulai investasi reksadana karena belum mengenalnya. Ketakutan tersebut adalah hal yang wajar dan dapat diatasi. Obat yang paling mujarab yaitu mengenal reksadana. Kalau Anda mau mengenal investasi, Anda perlu menambah pengetahuan (edukasi) terkait produk dan juga harus mencoba. Tidak ada seorang yang jago berenang, hanya dengan teori di darat. Kalau mau bisa berenang, ya harus masuk ke kolam. Mulai dari kolam yang dangkal dengan bantuan pelampung. Begitu pula jika Anda ingin mengenal investasi reksadana. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas definisi reksadana..

 

Reksadana itu Dipahami dan Dinikmati, Jangan Diacuhkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Investasi itu Membingungkan?]

 

Definisi investasi reksa dana menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1995, Pasal 1 angka 27  tentang Pasar Modal (“UUPM”) adalah:

 

“Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (MI).”

 

Investasi reksadana itu beda jauh dengan investasi saham. Salah satu perbedaanya adalah lebih mudah dan Anda tidak perlu melihat harga secara terus menerus melalui layar monitor. Untuk mulai berinvestasi reksadana, Anda cukup mendaftar akun investasi dan mulai membeli unit penyertaan. Anda tidak perlu lagi repot-repot melihat layar monitor Anda, karena sudah ada manajer investasi (MI) yang siap mengelola uang Anda.

Iklan Bareksa 1 - 728x250 - Cara Investasi Reksadana Online

 

 

Bagaimana Bentuk Reksadana?

Jika investasi logam mulia, kita  sebagai investor memegang logam mulianya. Jika deposito, kita akan mendapat bilyet. Nah bagaimana dengan investasi reksadana? Jika Anda membeli reksadana, Anda membeli portofolio efek yang bentuknya kertas atau laporan. Berikut ini contoh screenshot laporan kinerja reksadana yang dapat diakses melalui website Bareksa.com. 

Reksadana itu Dipahami dan Dinikmati - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Gambar: Tampilan Portofolio Reksadana di Bareksa.com, Finansialku

 

Gambar di atas, adalah contoh portofolio reksadana dalam website Bareksa.com. Perhatikan pada bagian yang dilingkari warna merah: MNC Dana Ekuitas, MNC Asset Management, PT. Pada contoh di atas, saya membeli reksadana MNC Dana Ekuitas, yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI) bernama PT. MNC Asset Management. 

 

Apa saja isi dari Reksadana MNC Dana Ekuitas? Jika Anda ingin mengetahui isi sebuah reksadana, Anda dapat mendownload fund fact sheet (ringkasan investasi) dan/atau prospektus. Pada contoh di atas, kita dapat mengetahui isi reksadana MNC Dana Ekuitas dengan mengecek fund fact sheet-nya. 

 

Reksadana itu Dipahami dan Dinikmati - Isi Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Gambar: Isi Produk Reksadana MNC Dana Ekuitas bulan November 2015

 

 

Anda dapat mencoba cek reksadana dengan cara klik link pada widget di samping (atau di bawah, jika Anda mengakses melalui smartphone). Klik pada nama produknya, contoh: Millenium Dynamic Equity Fund.

 

Bareksa Logo

 

Anda juga dapat langsung mendaftar ke Bareksa.com tanpa dipungut biaya pendaftaran dan tanpa uang deposit. Setelah Anda terdaftar dalam Bareksa.com, Anda dapat membeli reksadana tersebut. Salah satu cara belajar dan mengenal reksadana adalah baca informasi dan coba berinvestasi. Mulai dari jumlah yang paling minimum dan perhatikan kinerjanya.

 

 

Kesimpulan

Seperti penjelasan di atas, reksadana adalah wadah untuk menampuang uang untuk masyarakat. Kemudian uang tersebut dikelola oleh perusahan manajer investasi dalam portofolio efek. Ketika Anda berinvestasi reksadana, Anda artinya membeli portofolio investasi. Selamat mencoba.

 

Apakah Anda pernah menghasilkan keuntungan dari investasi reksadana?

 

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai Perencanaan Keuangan

[formcraft id=’4′]

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]
By | 2016-12-13T04:43:21+00:00 December 27th, 2015|Categories: Paper Asset, Reksa Dana|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download