Apakah waralaba dapat dijadikan salah satu opsi sumber pendapatan saat pensiun? Banyak orang berpikir bagaimana cara meningkatkan pendapatan saat pensiun? Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas waralaba sebagai sumber pendapatan saat pensiun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Waralaba Sebagai Sumber Pendapatan Saat Pensiun

Saat pensiun kebanyakan orang mengalami penurunan pendapatan. Hal yang wajar karena yang awalnya bekerja mendapatkan penghasilan (pendapatan aktif) menjadi tidak bekerja. Nah pertanyaannya adalah bagaiamana cara meningkatkan sumber pendapatan saat pensiun?

 

Waralaba Sebagai Sumber Pendapatan Saat Pensiun

 

Ada yang berpendapat untuk membangun usaha, ada yang berpendapat untuk deposito aja, ada juga yang berpendapat membeli waralaba. Nah mana yang paling tepat?

Jawabannya tetap: tergantung kondisi keuangan Anda. Kami tidak dapat mengatakan yang satu lebih baik daripada yang lain. Namun satu hal yang harus diingat baik membangun usaha, deposito atau waralaba tetap saja ada risiko dan keuntungannya masing-masing. Pada artikel ini kita fokus saja pada waralaba sebagai sumber pendapatan saat pensiun.

 

Waralaba Sebagai Sumber Pendapatan Saat Pensiun

Apakah benar membeli waralaba saat pensiun? Kalau kami tidak terlalu menganjurkan. Misal seseorang sebut saja Pak Fico, saat ini baru pensiun dan ingin membeli waralaba makanan. Kami pada dasarnya setuju kalau Pak Fico membeli waralaba, dengan syarata dan ketentuan berlaku.

 

Jangan Asal Memilih Franchise - Franchise Disclosure Document - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Salah satu syaratnya adalah jangan membeli waralaba pas pensiun, karena bisnis waralaba juga membutuhkan waktu untuk balik modal. Tahukah Anda ketika Anda membeli sebuah waralaba, Anda membutukan waktu 1-6 bulan adaptasi. Waktu adaptasi tersebut adalah adaptasi sistem, adaptasi pasar, adaptasi operasional dan lain sebagainya.

 

Tidak Semua Waralaba Dapat Diandalkan

Pada bagian terakhir artikel ini Finansialku ingin mengatakan, tidak semua waralaba dapat diandalkan untuk sumber pendapatan saat pensiun. Hanya waralaba dengan konsep bisnis yang terpercaya dan teruji yang dapat diandalkan untuk sumber pendapatan.  

Bisnis Waralaba atau Franchise - Menjalankan Usaha Franchise untuk Bebas Keuangan

 

Anda dapat mengecek dengan melihat konsep bisnis waralaba tersebut, pelatihan-pelatihan yang dibuat, pendampingan saat pembukaan, dukungan teknologi dan pemasaran, branding. Ketika Anda memilih waralaba sebagai sumber pendapatan saat pensiun, Anda harus memperhatikan waktu. Jangan sampai waralaba terlalu lama untuk mencapai titik balik modal.

 

Image Credit:

  • Retirement – http://goo.gl/PKulac

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang