Warisan itu lebih dari sekedar orang tua yang membagikan uang atau harta ke anak. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas sebuah quote dari Placido Domingo terkait mengenai motivasinya bukan hanya uang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Warisan itu Lebih dari Sekedar Uang

Ada orang bijak mengatakan, bahwa kekayaan tidak di bawa mati. Yup karena pada akhirnya orang tua akan mendistribusikan atau membagikan kekayaannya kepada anak-anaknya. Pembagian kekayaan tersebut dikenal dengan warisan, tetapi apakah motivasi utama dari warisan?

 

English

If money was my only motivation, I would organize myself differently.

Placido Domingo

 

Warisan itu Lebih dari Sekedar Uang

 

Indonesia

Jika uang adalah hanya motivasinya, saya akan mengelola uangnya dengan cara yang berbeda.

Placido Domingo 

 

 

Quote tersebut tidak terkait langsung dengan masalah pembagian waris, tetapi ada huhungannya. Disadari atau tidak orang tua ketika melakukan waris, tidak hanya mempertimbangkan jumlah uangnya. Apa yang dimaksud dengan pembagian warisan itu lebih dari sekedar bagi uang?

  

Kalau Tidak Sama Rata Bukan Berarti Tidak Adil

Orang tua pada dasarnya ingin melihat anak cucunya senang bahagia. Pembagian waris ditujukan untuk masa depan yang lebih baik. Sayangnya seringkali pembagian waris menjadi salah satu sumber keretakan rumah tangga. Keretakan disebabkan karena adanya kesalahpahaman dalam cara membagikan waris. Ada pihak yang merasa dirugikan, karena menerima jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang lain.

 

[Baca Juga: Merencanakan Distribusi Keuangan dengan Waris dan Hibah]

 

Distribusi keuangan atau waris ditujukan tidak melulu mengenai bagi – bagi uang. Jika memang motivasinya membagi uang, pembagian waris tampak lebih mudah. Misal seseorang ingin mewariskan kekayaannya sebesar Rp 1.000.000.000 ke dua orang anak. Jika memang ingin adil, langsung saja bagi dua sama rata. Masing-masing anak mendapatkan Rp 500.000.000. 

Orang tua terkadang membagi tidak sama rata, seperti perhitungan di atas. Mungkin anak yang satu mendapat lebih banyak dibandingkan dengan anak yang lain.  Motivasi utama orang tua adalah orang tua ingin agar anak-anak tetap kompak dan mampu hidup lebih sejahtera. Orang tua melihat anak yang satu lebih mampu dan lebih baik kondisi keuangannya dibanding yang lain. Ingat keadilan tidak sama artinya dengan sama rata. Coba lihat ilustrasi di bawah ini. 

 

[Baca Juga: 3 Jenis Surat Wasiat di Indonesia]

 

Gambar di atas menunjukkan bahwa kesama rataan tidak sama dengan keadilan. Orang tua pasti memikirkan keadilan, saat membagikan waris kepada anak-anak. Cuma yang seringkali menjadi kesalahan adalah orang tua tidak menggunakan cara yang tepat, misal membuat surat waris (akta waris). 

 

Kesimpulan

Motivasi orang tua membagikan waris tentu saja tidak hanya mengenai pembagian uang. Orang tua akan memikirkan lebih dari sekedar pembagian uang atau materi. Jika Anda saat ini sedang berencana membagikan waris atau menyiapkan waris, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan notaris.

 

Menurut Anda, apakah membicarakan waris kepada orang tua adalah hal yang tabu?

 

Image Credit:

  • Justice and Equality – https://goo.gl/GBfM9Z

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang