Yuk Segera siapkan dana pendidikan anak segera! Ajakan ini kami buat karena terinspirasi dari klien-klien kami. Beberapa orang klien kami ingin dibantu untuk merencanakan dan mempersiapkan dana pendidikan anak. Kali ini Finansialku akan mengulas lebih dalam mengenai dana pendidikan anak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Dana Pendidikan Anak Tidak Semurah Dulu

Disadari atau tidak biaya pendidikan anak sudah tidak semurah seperti zaman kita sekolah. Tahukah Anda, biaya yang Anda butuhkan untuk menyekolahkan anak di SD, SMP, SMA? Apalagi dana pendidikan anak untuk sekolah home schooling atau sekolah di International School?

 Perencanaan Keuangan untuk Usia 40 an - Persiapan Dana Pendidikan Anak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Biaya pendidikan saat ini mungkin masih taraf moderat (beum mahal sekali), tetapi setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dinamakan inflasi. Pernahkah Anda menyadari bahwa uang sekolah anak meningkat 10% per tahun? Beberapa universitas di Indonesia, mengenakan kenaikan biaya 10% per semester.

Sebagai gambaran jika biaya kuliah (dari masuk sampai lulus) saat ini sekitar Rp 120.000.000, dengan peningkatan 10% per tahun, maka 10 tahun lagi biaya tersebut akan menjadi Rp 311 jutaan. Angka yang cukup fantastis kan?

 

Masyarakat Indonesia Belum Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia adalah: mereka tahu bahwa dana pendidikan anak itu makin mahal, tapi mereka tidak segera mengambil tindakan.

Yuk Segera Siapkan Dana Pendidikan Anak Sekarang - Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

Menurut survei yang dilakukan oleh HSBC dikeluarkan bulan Juli 2015, menyatakan:

9 dari 10 orang tua di Indonesia mengerti pentingnya persiapan dana pendidikan anak sejak dini, namun banyak dari mereka yang menunda, karena beragam alasan.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

Apa tindakan yang harus saya ambil terkait dengan mempersiapkan dana pendidikan anak?

  1. Mulai buat rencana untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak. Tanpa rencana, apa yang Anda lakukan menjadi kurang terarah. Pastikan rencana dana pendidikan anak Anda dibuat oleh orang yang ahli dibidangnya.
  2. Mulai melakukan investasi atau strategi untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak. Jangan menunda besok, tahun depan atau menjelang masuk kuliah. Ingat dalam berinvestasi, waktu memiliki peran penting. Jika Anda mulai berinvestasi sejak jauh-jauh hari, Anda dapat berinvestasi dengan dana yang lebih sedikit dan risiko dapat lebih dikelola.
  3. Mulai cari informasi mengenai kurang lebih si anak mau disekolahkan dimana. Memberikan pendidikan yang terbaik untuk si buah hati adalah kebanggaan buat setiap orang tua. Jika Anda memang ingin menyekolahkan anak ke sekolah yang terbaik pastikan Anda sudah mempersiapkan dana pendidikan anak.

 

Kemana saya Berinvestasi untuk Dana Pendidikan Anak?

Di Indonesia ada banyak pilihan investasi untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak. Kali ini Finansialku akan mengutarakan beberapa macam investasi. Untuk lebih detilnya Finansialku akan membahas investasi tersebut artikel terpisah.

 

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sebenarnya bukan produk investasi. Produk asuransi pendidikan saat ini sudah mulai perkembangan, sekarang perusahaan-perusahaan asuransi jiwa menawarkan asuransi pendidikan dalam paket unitlink. Baca juga: Bagaimana cara kerja Unit Link.

Produk asuransi pendidikan ini biasanya berisi proteksi terhadap orang tua dan investasi. Produk ini ada plus minusnya tersendiri. Keuntungannya adalah jika terjadi sesuatu dengan orang tua (khususnya pemberi nafkah), pendidikan anak tetap terjamin. Minusnya kalau dibandingkan dengan produk investasi, hasilnya mungkin tidak sebaik dengan produk investasi yang lainnya.

 

Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah produk yang dikeluarkan oleh Bank. Ya namanya tabungan, jelas hasilnya tidak setinggi produk-produk investasi. Ada beberapa produk Beberapa keuntungan tabungan pendidikan adalah bunga tabungan lebih tinggi dibanding bunga tabungan biasa. Beberapa produk tabungan pendidikan menawarkan asuransi bebas premi.

 

Reksadana

Produk investi selanjutnya adalah reksa dana. Produk investasi reksa dana dapat digunakan sebagai sarana investasi untuk persiapan dana pendidikan anak. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas produk reksa dana sebelum Anda berinvestasi.

 

Logam Mulia

Jenis investasi selanjutnya adalah logam mulia atau emas. Dahulu ada orang yang mengatakan untuk dana pendidikan anak, kita siapkan saja 1 kg emas. Menurut kami, mungkin nasehat itu benar, tetapi tidak sepenuhnya benar. Kita harus membandingkan kenaikan harga emas dan kenaikan biaya pendidikan.

 

Kesimpulan

Dana pendidikan anak harus disiapkan sejak dini dan jangan menunda lagi. Mulailah dengan melakukan perencanaan dana pendidikan anak dan berinvestasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Selamat mencoba.

Untuk lebih paham mengenai cara mudah dalam menyiapkan dana pendidikan anak, tim Finansialku telah menyiapkan Online Course untuk membantu Anda dalam menyusun strategi dana pendidikan.

 

Bagaimana cara Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak? Tinggalkan komentar Anda dan kami akan menajawabnya.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang