Sering bepergian dengan pesawat? Jika iya, sudahkah Anda mengunjungi salah satu bandara termahal di dunia ini?

Bangunannya yang mewah dan megah ini membutuhkan biaya pembangunan yang fantastis. Penasaran? Yuk simak pembahasannya di artikel ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inilah 10 Bandara Termahal di Dunia

Sebagai salah satu tempat yang selalu dipadati banyak orang setiap harinya, serta menjadi gerbang transportasi pesawat baik dalam maupun luar negeri, maka sejumlah bandara pun didesain sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam menunjang kelancaran transportasi.

Lahan yang luas sebagai ruang lepas landas dan mendarat pesawat memang dibutuhkan oleh setiap bandara. Semakin banyaknya lalu lintas pesawat dalam bandara tersebut, akan meningkatkan jumlah lahan yang diperlukan.

Karena itulah, tidak sedikit bandara yang dirancang dengan arsitektur rumit bahkan dilengkapi pusat perbelanjaan ataupun restoran untuk membuat pengalaman perjalanan lebih menyenangkan.

Terdapat banyak bandara di berbagai belahan dunia yang dibangun dengan harga fantastis dengan menawarkan berbagai fasilitas yang mumpuni.

Bandara-bandara besar ini memerlukan biaya pembangunan hingga miliaran dolar Amerika atau ratusan triliun rupiah! Berikut adalah 10 bandara dengan biaya pembangunan termahal di dunia, psst jangan kaget melihat nomor 9 dan 10-nya ya!

 

#1 Dallas-Fort Worth International Airport – US$3,2 miliar (Rp45 triliun)

Dallas-Fort-Worth-International-Airport-Finansialku

Dallas/Fort Worth International Airport (DFW) di Dallas, Texas, Amerika Serikat

 

Bandara yang berbasis di daerah Dallas, Texas, Amerika Serikat ini menghabiskan total US$3,2 miliar (setara dengan Rp45 miliar) untuk pembangunan kelima terminalnya.

Sebagai bandara tersibuk kedua di Texas dan kesembilan di dunia, Dallas/Fort Worth International Airport (DFW) telah melayani lebih dari 63,5 juta penumpang pada 2014.

Secara keseluruhan, lebih dari 25 maskapai penerbangan hilir-mudik di antara DFW dengan lebih dari 200 destinasi di Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, Amerika Tengah, Karibia, Amerika Selatan, Eropa, Asia, juga Timur Tengah.

Bandara DFW memiliki tujuh landasan terbang dan lima terminal penumpang dengan gerbang sebanyak 165 buah.

Layanan dan fasilitas yang dapat Anda nikmati di DFW antara lain adalah hotel, ruang pameran karya seni, toko-toko ritel, restoran, ATM, area bermain anak-anak, pusat pengisian ulang baterai ponsel serta mobil listrik, internet WIFI gratis, booth semir sepatu, spa, kamar mandi dengan pancuran dan USO Center, pusat pelayanan dan rekreasi bagi keluarga tentara Amerika.

 

#2 Kuala Lumpur International Airport – US$3,5 miliar (Rp49 triliun)

Kuala-Lumpur-International-Airport-Finansialku

Kuala Lumpur International Airport (KUL) di Selangor, Malaysia

 

Dibangun selama lima tahun, Bandara Internasional Kuala Lumpur, atau yang kerap disebut KLIA, dibuka pada tahun 1998. Bandara ini mencakup 25.000 hektar ruang dan memiliki terminal individu untuk penerbangan murah dan perjalanan udara standar.

KLIA adalah salah satu bandara terbesar di Asia dengan lebih dari 50 juta penumpang pe rtahun.

Bandara ini juga terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari ATM, kamar perawatan bayi, WIFI gratis, layanan kesehatan dan kecantikan, counter informasi, layanan medis dan apotek, ruang ibadah, dan masih banyak lagi.

Sistem kereta api driverless, aerotrain, yang dapat membawa setidaknya tiga ribu orang dalam perjalanan satu jam ini telah menjadi standar dalam transportasi KLIA.

 

#3 Denver International Airport – US$4,8 miliar (Rp67 triliun)

Denver-International-Airport-Finansialku

Denver International Airport (DIA) di Denver, Colorado, Amerika Serikat

 

Bandara Internasional Denver di Colorado, Amerika Serikat adalah salah satu dari 10 bandara termewah dan termegah di dunia.

Bandara yang menangani 54,5 juta penumpang tiap tahunnya ini didapuk sebagai bandara kelima tersibuk di Amerika Serikat.

Desain Denver yang dirancang oleh arsitektur Amerika, Curtis Fentress, mampu menghipnotis para penumpang bandara internasional salah satunya karena atapnya begitu unik dengan lapisan kain raksasa berbahan teflon. 

Bandara seluas 35.000 hektar ini dirancang untuk menampung enam landasan pacu dan satu terminal penumpang dengan total 142 gerbang.

Lebih dari 15 maskapai penerbangan beroperasi dengan lebih dari 170 tujuan, termasuk 20 tujuan internasional di sembilan negara, termasuk Kanada, Meksiko, Inggris, Jerman, Jepang, dan Islandia.

Fasilitas yang dapat Anda nikmati di Denver International Airport termasuk restoran dan outlet makan cepat saji, toko-toko ritel, pameran seni, WIFI gratis pengisian ulang baterai mobil listrik, ATM, outlet pertukaran mata uang, hingga ruang beribadah.

 

#4 Dubai International Airport – US$6 miliar (Rp84 triliun)

Dubai-International-Airport-Finansialku

Dubai International Airport (DXB) di Dubai, Uni Emirat Arab

Bandara internasional Dubai sudah terkenal sebagai tempat transit yang paling ditunggu para pelancong dunia karena lengkapnya fasilitas yang ditawarkan.

Sebagai negara yang terkenal dengan kekayaannya, wajar saja bila bandara ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti, restoran, shopping mall, toko-toko tas branded, hingga toko-toko perhiasan.

Dubai pun bisa dikatakan sebagai surganya para penggila belanja. Berbagai barang bermerek dan perhiasan kualitas original dapat Anda temui di terminal 2 bandara ini.

Bandara ini juga membangun beberapa terminal baru untuk melayani lebih dari 45 juta penumpang setiap tahunnya, sehingga menambah biaya pembangunan bandara hingga mencapai 84 triliun rupiah.

Selain itu, sistem penanganan bagasinya dapat dibilang sangat besar karena dapat melayani 8.000 bagasi per jam.

 

#5 Berlin Brandenburg Airport – US$7,6 miliar (Rp77 triliun)

Berlin-Brandenburg-Airport-Finansialku

Berlin Brandenburg Airport (BER) di Berlin, Jerman

 

 Berlin Brandbenburg Airport yang kini tengah dibangun rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2020.

Bandara dengan kode internasional BER ini awalnya akan dibuka pada 2011. Namun karena serangkaian kesalahan perencanaan dan kesalahan konstruksi menyebabkan penundaan serta pembengkakan biaya yang sangat parah.

Berlin Brandenburg pada awalnya hanya memerlukan biaya €2 miliar (setara dengan Rp 33 triliun), namun setelah direvisi beberapa kali, biayanya melonjak hingga mencapai €6,5 miliar (Rp108 triliun)

Bandara ini akan menggabungkan lalu lintas udara Tegel dan termasuk sebuah taman bisnis baru, akses kereta api mudah dan gerbang yang dapat menangani Airbus A380, pesawat dengan biaya $ 400 juta untuk membangun tetapi bisa muat setidaknya 500 penumpang tergantung pada tata letak keseluruhan yang digunakan dalam pesawat.

 

#6 Beijing Capital International Airport – US$8 miliar (Rp113 triliun)

Beijing-Capital-International-Airport-Finansialku

Beijing Capital International Airport (PEK) di Shunyi, Beijing, China

 

Bandara internasional ini menawarkan kemewahan dan kemegahan yang seringkali membuat para pengunjungnya takjub. Bandara Beijing juga menjadi bangunan terbesar di dunia dengan bentuk tradisonal dan efek dramatisme. Setiap tahunnya bandara ini mampu menampung 80 juta orang.

Bandara ini telah menerapkan teknologi mutakhirnya yaitu mampu menyaring udara dari bagian atap akan menambah kenyamanan ketika berada di tempat tersebut.

Dalam bandara ini terdapat 3 terminal yang memiliki 297 ribu m², lebih dari 70 restoran, dan area bagasi dengan sistem berbasis barcode besar dan dapat memindahkan lebih dari 19.000 koper dalam satu jam.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#7 London Heathrow Airport – US$10,5 miliar (Rp148 triliun)

London-Heathrow-Airport-Finansialku

London Heathrow Airport (LHR) di London, Inggris

 

London Heathrow Airport terletak 23 km sebelah barat Central London. Bertempat di atas lahan seluas 12,27 km persegi, bandara ini merupakan bandara tersibuk di Inggris sekaligus menjadi bandara tersibuk di Eropa karena telah melayani 75 juta penumpang sejak tahun 2015.

Bandara yang beroperasi sejak 1929 ini terhubung dengan stasiun kereta api bawah tanah, sehingga memudahkan para penumpang melanjutkan perjalanan ke pusat kota atau tujuan lainnya.

Bandara yang merupakan markas utama maskapai Virgin Atlantic dan British Airways ini juga dilengkapi dengan banyak hotel yang bisa menjadi alternatif tempat beristirahat setelah menjalani penerbangan yang melelahkan.

 

#8 Al-Maktoum International Airport – US$12 miliar (Rp169 triliun)

Al-Maktoum-International-Airport-Finansialku

Al Maktoum International Airport (DWC) di Dubai, Uni Emirat Arab

 

Pada pertengahan 2010, Dubai Airport Company memulai proyek pengembangan Al-Maktoum International Airport dengan dana pembangunan yang fantastis.

Proyek besar yang digadang-gadang akan menjadi bandara terbesar dan terbaik di dunia itu merupakan langkah antisipasi Dubai menghadapi World Expo pada 2020.

Apabila rampung, empat tahun mendatang bandara ini akan memiliki 28 gerbang, 42 jembatan bongkar muat, 221 loket check-in seluas 120.770 meter2, area duty-free, dan hotel mewah berbintang lima.

Bandara ini sedang diperluas untuk mencakup tiga terminal penumpang dan lima landasan pacu masing-masing 16.100 kaki dan bahkan akan memiliki 100.000 ruang parkir mobil.

 

#9 Hong Kong International Airport – US$20 miliar (Rp282 triliun)

Hong-Kong-International-Airport-Finansialku

Hong Kong International Airport (HKG) di Chek Lap Kok, Hong Kong

 

Bandara ini terletak di Hongkong, tepatnya Pulau Chek Lap Kok. Pulau Chek Lap Kok merupakan pulau buatan dari tanah reklamasi.

Hongkong International Airport melayani 100 rute penerbangan ke 180 kota di seluruh dunia. Untuk mengatasi aktivitas penerbangan yang sangat sibuk di bandara ini, lebih dari 65.000 karyawan dipekerjakan.

Apabila Anda mengunjungi bandara ini Anda bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa Anda lakukan di bandara lain, misalnya menonton film di bioskop Imax yang berada di terminal 2. Bioskop ini digadang-gadang dapat menampung hingga 350 pelanggan dan memiliki layar bioskop terbesar di seluruh Hong Kong.

Apabila Anda senang berbelanja, Anda juga bisa memanjakan diri di terminal 1, yang berisi 47 toko barang-barang branded seperti Burberry, Chanel, Prada, Versace, dan masih banyak lagi.

 

#10 Kansai International Airport ­– US$20 miliar (Rp282 triliun)

Kansai-International-Airport-Finansialku

Kansai International Airport (KIX) di Osaka, Jepang

 

Bandara yang terletak di Osaka, Jepang ini pertama kali dibuka pada tahun 1994 dan dibangun di pulau buatan sepanjang 2,5 mil.

Pulau tersebut telah dirancang dengan dinding megah dan kokoh untuk melindunginya dari gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Dengan rancangan spektakuler arsitek Italia Renzo Piano, bandara Kansai bisa bertahan dari gempa bumi Kobe tahun 1995 silam.

Bandara ini memiliki jembatan yang dibangun dengan biaya US$1 miliar untuk membantu orang masuk ke pulau tersebut.

Bandara Internasional Kansai ini melayani sekitar 19,4 juta penumpang pada tahun 2014 dengan total sekitar 55 maskapai penerbangan beroperasi di bandara ini.

Lewat bandara ini, Anda dapat terbang ke berbagai tujuan di Asia, Oceania, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara.

Fasilitas dan layanan di bandara ini termasuk restoran, toko ritel, ATM, outlet penukaran mata uang, ruang ibadah, ruang tunggu, ruang pertemuan, WIFI gratis, dan masih banyak lagi.

 

*Catatan: Kurs US$1 = Rp14.141

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Nikmati Perjalanan Anda di Bandara yang Megah

Itulah sepuluh bandara termewah dengan beragam fasilitasnya. Sudahkah Anda mengunjungi salah satunya? Yuk, segera agendakan liburan Anda dan nikmati kemewahan bandara-bandara tersebut!

 

Silakan berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Lisa Dingman. 10 Most Expensive Airports Ever Built In The World. Therichest.com – https://goo.gl/F9oLsS
  • Profesor Beruang. 30 September 2016. 10 Bandara Termegah di Dunia yang Sangat Mengagumkan. Neuhauslabs.com – https://goo.gl/YqL2Zs
  • Admin. Bandara Internasional Dallas/Fort Worth (DFW). Tripadvisor.co.id – https://goo.gl/x3sVZT

 

Sumber Gambar:

  • 10 Airport Termewah – https://goo.gl/eDQka3
  • Bandara Mewah – https://goo.gl/fpN2F5