Terdapat 10 kebiasaan baik dalam hidup yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang yang menginginkan kesuksesan. Cari tahu yuk!

Kebiasaan tersebut tidaklah sulit tetapi membutuhkan ketekunan serta semangat yang tinggi.

Kali ini, Finansialku akan memberikan daftar kebiasaan yang dapat Anda ikuti setiap harinya untuk lebih dekat pada tahap kesuksesan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

10 Kebiasaan Baik

Sukses diartikan sebagai keberhasilan seorang individual karena dapat membuat visinya menjadi sebuah kenyataan.

Salah satu kunci menuju kesuksesan adalah membiasakan pola pikir positif. Penasaran, apalagi kebiasaan baik yang dimiliki orang sukses?

Berikut ini adalah sepuluh kebiasaan yang dapat membantu Anda untuk lebih sukses dan berpikiran positif.

 

#1 Memiliki Resolusi dan Memelihara Kebiasaan Baik

Seringkali kebiasaan baik Anda dimulai pada saat Anda membuka mata di pagi hari.

Saat tersebut merupakan waktu permulaan di mana Anda mengatur energi dan motivasi Anda untuk hari Anda.

Rutinitas pagi hari yang dapat Anda lakukan adalah tidak bangun siang, mulai memikirkan apa yang akan Anda lakukan di hari itu, dan menyiapkan resolusi untuk hari tersebut.

 

#2 Mengerti Bahwa Kegagalan Membentuk Kekuatan dan Pengalaman

“What doesn’t kill you makes you stronger”

Apa yang tidak membunuh Anda akan membuatmu lebih kuat.

 

Jika Anda siap untuk menjadi lebih sukses, maka Anda harus siap untuk gagal dan menggunakan kegagalan tersebut sebagai titik pelajaran Anda.

Seringkali cerita sukses seseorang telah melewati kegagalan demi kegagalan yang tidak terlihat atau tidak terdengar. Ingatlah bahwa sederhananya, kegagalan adalah sebuah respons atas apa yang telah Anda lakukan.

 

#3 Ubah Cara Anda Melihat Kehidupan dan Pola Pikir Anda

Perilaku Anda sehari-hari menunjukkan bagaimana cara Anda menyelesaikan sebuah masalah.

Mempunyai pikiran negatif hanya akan menghasilkan solusi negatif, sedangkan dengan pola pikir positif, seseorang dapat meningkatkan motivasi dan tekad mereka bahkan pada situasi yang mengecewakan.

Belajar untuk mengubah cara pikir Anda, dari buruk menjadi baik, dan selalu memberikan yang terbaik merupakan cara yang tepat untuk mencapai tujuan hidup Anda.

 

#4 Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas Anda akan meningkat ketika Anda mengimplementasikan strategi yang benar yang juga disertai dengan keinginan kuat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Produktivitas masing-masing orang tentu saja berbeda, oleh karena itu strategi yang Anda butuhkan juga berbeda. Kenali diri Anda dan carilah apa yang dapat memotivasi Anda sebagai seorang individual.

Kebiasaan Baik yang Seharusnya Dimiliki Setiap Orang Agar Menjadi Orang Sukses 01 Finansialku

[Baca Juga: Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan]

 

Setelah itu, tentukanlah strategi apa yang tepat untuk meningkatkan produksi serta kualitas pekerjaan Anda.

Misalkan Anda merupakan seseorang yang lebih cepat bekerja pada suasana yang tenang, maka bentuklah suasana yang kondusif baik.

Atau mungkin saja Anda lebih cepat menyelesaikan sesuatu jika bekerja di pagi hari, maka Anda dapat datang ke kantor lebih pagi daripada kolega Anda.

 

#5 Membentuk Opini yang Lebih Baik Mengenai Diri Anda Sendiri

Merasa percaya diri dengan diri Anda dapat membantu keberhasilan Anda dalam lingkaran sosial dan tempat kerja Anda.

Cara Anda memandang diri sendiri dapat merefleksikan cara orang lain memandang Anda.

Mampu menerima diri sendiri dapat membantu orang yang berinteraksi dengan Anda untuk lebih hormat pada Anda.

Untuk itu, Anda harus dapat meningkatkan percaya diri Anda melalui gaya hidup yang lebih baik.

Jika Anda tidak percaya diri karena masalah fisik, maka perbanyak olahraga dan perbaiki diet Anda. Jika Anda tidak percaya diri karena kurang berpengetahuan maka perbanyaklah membaca buku

 

#6 Fokus dan Ketahui Tujuan Hidup Anda

Tujuan hidup adalah titik fokus yang harus selalu Anda genggam. Fokus dengan tujuan atau visi hidup Anda dapat mengurangi gangguan yang memperlambat jalan Anda menuju kesuksesan.

Dengan terbiasa fokus pada tujuan hidup Anda, Anda akan lebih mudah untuk fokus dengan tujuan lainnya seperti tujuan finansial hingga spiritual Anda.

 

#7 Ritual Pagi Hari

Seperti yang telah dibahas pada poin pertama, waktu pagi hari Anda adalah momen yang sangat penting untuk menentukan apakah hari Anda akan berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Tidak hanya memberikan perintah kepada otak Anda, Anda pun harus memelihara kebiasaan pagi hari melalui aktivitas yang menunjang kesibukkan Anda.

Kebiasaan Baik yang Seharusnya Dimiliki Setiap Orang Agar Menjadi Orang Sukses 02 Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

 

Misalnya, lari di pagi hari, menulis, membaca, mendengar lagu atau bahkan menyiapkan sarapan sehat untuk keluarga Anda dapat menjadi ritual pagi hari yang berguna.

Yang penting adalah mengerjakan hal yang membuat Anda lebih termotivasi dan semangat dan merasa lebih baik. Lakukan ritual pagi hari tersebut langsung setelah Anda membuka mata selama 1-2 jam.

 

#8 Ubahlah Target Anda

Memiliki target memang merupakan kebiasaan yang harus diikuti untuk menjadi sukses, hanya saja seringkali target tersebut tidak realistis sehingga membuat Anda tidak termotivasi.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda membentuk target sederhana setiap harinya.

Setelah target pertama tercapai, barulah Anda menentukan target kedua yang lebih besar dan lebih sulit dicapai, dan berlanjut hingga Anda mencapai target yang Anda inginkan.

Ibaratnya sebuah bangunan hanya akan terbentuk jika batu bata disusun tahap demi tahap.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#9 Hadapi Ketakutan Anda

Mungkin Anda mengira bahwa seorang yang sukses tidak memiliki ketakutan, tetapi Anda salah.

Sebaliknya, kebanyakan orang sukses adalah orang yang takut, tetapi ketakutan tersebut tidak menghentikan mereka dari tujuan yang telah mereka impikan. Ketakutan merupakan sifat alami seorang manusia.

Yang terpenting adalah bagaimana Anda menghadapi ketakutan tersebut dengan memastikan bahwa apa yang Anda takuti tidak akan terjadi.

Untuk itu, Anda membutuhkan fokus dan kerja keras yang lebih untuk menghadapi ketakutan tersebut. Jadikan ketakutan Anda dorongan untuk lebih maju.

 

#10 Akui Kesalahan Anda

Seorang yang sukses adalah seseorang yang berani mempertanggung jawabkan keberhasilan serta kesalahan yang mereka lakukan. Jangan pernah melempar tanggung jawab kepada orang lain.

Untuk mengakui kesalahan Anda dibutuhkan orang yang berjiwa besar dan lebih besar lagi untuk mengatakan maaf atas kesalahan Anda. Solusi hanya akan ditemukan jika Anda mengetahui kesalahan Anda.

Sifat ini akan berguna pada kehidupan sosial serta kehidupan pekerjaan Anda. Anda akan memiliki reputasi yang lebih baik dan kredibilitas yang lebih tinggi karena mampu mengakui kesalahan Anda.

Selain itu, kerelaan Anda untuk mengakui kesalahan Anda dapat meningkatkan kualitas diri Anda.

 

Kebiasaan Baik: Tekad dan Tekun

Mempunyai tekad adalah tahap awal yang harus Anda miliki, tahap selanjutnya adalah tekun menjalankan tekad tersebut.

Ketekunan Anda pastinya akan selalu diuji baik oleh kegagalan serta situasi buruk yang akan terjadi. Tetapi dengan selalu berpikiran positif serta fokus pada tujuan Anda, Anda akan lebih mudah mencapai kesuksesan.

 

Sukses mempunyai arti yang berbeda untuk setiap orang, tentukan apa arti sukses untuk Anda! Setelah mengetahuinya, praktikkan 10 kebiasaan di atas dan rasakan perubahan yang terjadi. Silahkan mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Phil Ward. The 10 Building Blocks of Personal Development for Success. Addicted2success.com – https://goo.gl/PTmceW

 

Sumber Gambar:

  • Kebiasaan baik 1 – https://goo.gl/Y6dMeZ
  • Kebiasaan baik 2 – https://goo.gl/9FK3iD
  • Kebiasaan baik 3 – https://goo.gl/e35DxF