Banyak orang yang masih belum tahu 188 nomor apa. Sebagian dari mereka mengira kalau nomor tersebut bagian dari salah satu sindikat penipuan. 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak artikel berikut sampai selesai. Selamat membaca!

 

Summary:

  • Bagi para pengguna seluler yang menerima panggilan dari nomor 3 digit, mungkin akan panik karena ketidaktahuan terhadap nomor tersebut.
  • Meski menghubungi secara random, nomor 188 punya tujuan tertentu yang memberi benefit bagi pelanggan. 

 

Isu Kebocoran Data Membuat Pelanggan Nomor Seluler Panik

Kemajuan teknologi membuat hidup masyarakat semakin mudah. Daripada puluhan tahun silam, masyarakat sekarang makin termudahkan berkat teknologi. 

Salah satu kemajuan teknologi yang mencolok adalah telepon seluler. Dua puluh tahun lalu, gawai ini hanya untuk telepon dan SMS. Lalu fungsinya hampir menyamai komputer.

Kebanyakan gawai menggunakan jaringan seluler sebagai sumber jaringan. Dengan banyaknya pengguna, operator seluler tak luput dari kesalahan, salah satunya kebocoran data pengguna.

Bocornya data membuat masyarakat sedikit kehilangan kepercayaan operator kepada seluler. Mereka cenderung panik jika ada nomor asing yang menghubungi, termasuk nomor 188.

Banyak masyarakat yang belum paham 188 nomor apa. Sehingga, nomor tersebut pun kerap disangka sebagai salah satu modus penipuan.

Lantas, sebenarnya 188 nomor apa? Agar tidak salah sangka lagi kamu bisa membaca artikel berikut! Simak baik-baik, ya!

 

188 Itu Nomor Apa?

Ketika ada nomor asing menghubungi, setiap orang pasti merasa tidak nyaman, termasuk dari 188. 

Padahal, di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada beberapa nomor khusus dengan jumlah tiga digit yang penting kamu ketahui:

  • 110 untuk menghubungi polisi. 
  • 188 untuk menghubungi ambulans.
  • 113 untuk pemadam kebakaran, dan sebagainya.

 

Jumlah nomor ponsel di Indonesia adalah sebelas sampai tiga belas digit dengan kode +62.  Jika mendapat panggilan dengan nomor khusus, misal 188, maka kamu tidak perlu khawatir.

Lantas, nomor apakah itu? Ternyata, nomor tersebut adalah panggilan layanan TelkomselPerusahaan tersebut merupakan perusahaan penyedia jaringan seluler yang juga berstatus Badan Usaha Milik negara (BUMN).

Nomor 188 akan menghubungi pengguna untuk kebutuhan tertentu. Jika kamu pelanggan Telkomsel dan ada panggilan dari nomor ini, maka tidak perlu khawatir. Bisa jadi, kamu akan mendapatkan promo spesial.

Secara teratur, nomor 188 akan menghubungi pelanggan. Perlu kamu catat, tidak semua pelanggan mendapat panggilan ini. Hanya pelanggan terpilih yang akan dihubungi oleh tim melalui 188.

[Baca Juga: Waduh! Ini Daftar 47 HP yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 2023]

 

Tujuan Nomor 188 Menghubungi Pengguna

Perlu kamu ketahui, saat ini ada beberapa nomor khusus yang dapat kamu hubungi ketika dalam keadaan darurat. 

Bagi pelanggan Telkomsel, nomor ini juga bisa punya fungsi yang serupa. Berikut adalah beberapa tujuan nomor 188 menghubungi pengguna:

 

#1 Menawarkan Promo Menarik Kepada Pengguna

Nomor 188 bisa menghubungi pelanggan Telkomsel Prabayar dan Kartu Halo untuk menawarkan berbagai promo menarik, seperti MAXstream, GamesMAX, MusicMAC, dan akses gratis ke berbagai layanan lain yang terhubung.

Pengguna kartu Telkomsel secara khusus akan mendapatkan prioritas jaringan. Sementara untuk pengguna Kartu Halo akan kena pembayaran dengan sistem tagihan bulanan. 

Dengan begitu, pelanggan menggunakan layanan terlebih dahulu baru membayar tagihan kemudian.

 

#2 Memberi Informasi Bahwa pelanggan Belum Terdaftar di 4G

Telkomsel peduli dengan pelanggan. Mereka akan menghubungi melalui 188 untuk menginformasikan bahwa nomor mereka masih di jaringan 3G. 

Pengguna juga mungkin akan dapat tawaran untuk beralih ke Kartu Halo agar lebih mudah dalam berkomunikasi.

Jika mendapat tawaran Kartu Halo, kamu tidak perlu mengiyakan jika keberatan. Sebab, Kartu Halo merupakan layanan pascabayar dengan sistem tagihan. 

Hal ini berbeda dengan Telkomsel Prabayar yang menggunakan pulsa untuk membeli paket data, telepon, dan SMS.

188 Nomor apa

Ilustrasi Call Center Telkomsel. Sumber: Telkomsel.com

 

#3 Informasi Bahwa Pelanggan Mendapat Hadiah

Nomor 188 juga akan menghubungi jika pelanggan mendapat hadiah. Kamu tidak perlu panik jika mendapat informasi hadiah dari nomor ini karena sudah pasti informasinya valid. 

Tetapi, jika butuh validasi lebih lanjut, kamu tetap bisa menghubungi customer service Telkomsel melalui kanal lain, seperti aplikasi MyTelkomsel atau media sosial.

[Baca Juga: Terbaru! Begini 5 Cara Daftar Paket Darurat Telkomsel]

 

#4 Menawarkan Paket Khusus

Perusahaan provider, termasuk Telkomsel, memiliki parameter tertentu untuk mengukur loyalitas pelanggan. 

Pelanggan yang dianggap memiliki track record baik akan mendapat prioritas atas promo menarik, misal, paket murah, potongan harga, dan sebagainya.

Langkah ini merupakan salah satu upaya Telkomsel membangun komunikasi dengan pelanggan dengan cara yang personal. Teknik ini akan membuat pelanggan merasa istimewa.

 

#5 Melakukan Survei Kepuasan

Kamu telah mengetahui nomor 188, dan salah satu alasan mengapa mereka menghubungi pelanggan adalah menanyakan tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan mereka.

Jika kamu menerima panggilan dengan alasan tersebut, pastikan menjawab dengan jujur, meskipun buruk. 

Jika jaringan di tempat tinggalmu buruk, katakan dengan lugas bahwa kualitasnya memang buruk. Begitu pun sebaliknya. Kejujuran pelanggan justru akan membantu mereka meningkatkan kualitas layanan di daerah tertentu.

Nomor 188 hanya menghubungi pelanggan dengan kriteria tertentu, salah satunya melakukan pembelian tertentu selama satu bulan secara rutin atau telah lama menjadi pelanggan Telkomsel.

Dengan ada panggilan dari nomor ini, berarti kamu masuk dalam salah satu orang dalam daftar pelanggan prioritas mereka. Kamu akan mendapat benefit lebih daripada pengguna baru.

 

Apakah Menelepon Nomor 188 Bebas Pulsa?

Telkomsel memiliki beberapa opsi agar pelanggan terhubung dengan customer service mereka, yakni melalui Veronica, media sosial, dan 188. Layanan tersebut bisa kamu hubungi 24 jam untuk menjawab pertanyaan.

Untuk memanggilnya, kamu hanya perlu mengetik tersebut dari menu dial. Selanjutnya, kamu langsung bisa terhubung dengan layanan.

Panggilan pada nomor tersebut memiliki tarif berbeda. pelanggan prabayar dikenakan biaya Rp300 per panggilan karena mereka menggunakan sistem pulsa. 

Sementara pengguna pascabayar yang menggunakan sistem tagihan bulanan mendapat akses gratis—atau sebenarnya tidak gratis dengan biaya yang dibebankan ke tagihan bulanan.

[Baca Juga: Cara Hilangkan Iklan di HP Android dengan atau Tanpa Aplikasi]

 

Jangan Panik Jika Nomor Tiga Digit Menghubungi

Sekarang, kamu telah mengetahui nomor 188. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika nomor tersebut menghubungi karena merupakan nomor resmi dari Telkomsel. 

Bisa saja menawarkan promo menarik, sehingga akan menghemat pengeluaran daripada membeli paket reguler.

Nah, supaya pengeluaran seperti ini tidak mengganggu cash flow keuangan, pastikan kamu sudah menyiapkan budget untuk pulsa atau paket internet dalam anggaran bulananmu.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat anggaran keuangan, yuk, simak video berikut ini!

 

 

Jika kamu punya permasalahan soal perencanaan keuangan, kamu bisa hubungi Perencana Keuangan Finansialku untuk mendapatkan saran yang tepat atas masalah kamu.

Yuk, buat janji temu melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 sekarang. 

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya.

Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah ulasan tentang nomor 188. Sekarang, waktunya kamu share info ini ke teman-temanmu agar mereka tidak panik dan tahu informasi lengkapnya. Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi: 

  • Ayu Rifka Sitoresmi. 20 April 2021. Ketahui 188 Nomor Apa, Jangan Panik Ini Penjelasannya. Liputan6.com – https://bit.ly/3jSaJzf
  • Josina. 18 Juli 2022. Panggilan Nomor Tidak Dikenal, 188 Nomor Apa Sih? Detik.com – https://bit.ly/3IqyV5T
  • Puti Aini Yasmin. 26 Agustus 2022. 188 Nomor Apa Ya? Jangan Panik, Ini Penjelasan dari Panggilan Tak Dikenal. Inews.com – https://bit.ly/3X8G5QA
  • Melynda Dwi Puspita. 29 September 2022. Panggilan 188 Nomor Apa Ya? Jangan Takut, Ini Penjelasannya. Tempo.co – https://bit.ly/3VMPSKQ
  • Thalis Annisa. 23 Mei 2022. Pernah Ditelepon Nomor 188? 188 Nomor Apa, Ya? Berikut Penjelasan Lengkapnya! Ekrut.com – https://bit.ly/3Il592y