Tahukah Anda 24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah masalah keuangan keluarga? Apa saja yang harus dilakukan keluarga Anda untuk dapat mengurus keuangan dengan lebih baik dan mudah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Lalu Bagaimana Solusinya?

Berdasarkan data dari Kementerian Agama di tahun 2014, tepatnya Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (MA) menyebutkan, dari 285.184 perkara perceraian, sebanyak 67.891 kasus (24%) karena masalah ekonomi. Sayangnya banyak keluarga yang masih meremehkan permasalahan keuangannya. Lalu sebenarnya apa permasalahan utama ekonomi keluarga?

Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update) - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

Permasalahannya dapat dirangkum menjadi 3 masalah utama:

  1. Penghasilan yang kurang
  2. Tidak mampu mengelola atau mengurus keuangan keluarga
  3. Tidak memiliki rencana keuangan

 

Dalam hal keuangan, kami Finansialku.com meyakini ada tiga bagian utama yaitu keamanan finansial (financial security), kenyamanan finansial dan kebebasan keuangan (financial freedom).

  • Keamanan finansial adalah kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka pendek (0-12 bulan ke depan).
  • Kenyamanan finansial adalah kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan jangka menengah (2 – 5 tahun ke depan).
  • Kebebasan keuangan adalah kemampuan seseorang untuk hidup, tanpa bergantung pada penghasilan aktif. Dengan kata lain, aset dan investasinya dapat menghidupi dirinya.

 

Permasalahan nomor 1 dan 2 terkait dengan keamanan finansial. Untungnya sekarang ini sudah ada solusi untuk membantu Anda mengelola keuangan keluarga. Silahkan daftar dan gunakan Aplikasi Finansialku:

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

atau download di Google Play Store. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan kondisi keuangan Anda dalam jangka pendek (1 – 12 bulan ke depan):

 

#1 Cek Kesehatan Keuangan Anda

Awalnya dimulai dengan mengecek kondisi kesehatan keuangan Anda. Apakah keuangan Anda dalam kondisi sehat, setengah sehat, agak sakit atau sakit kronis. Jika Anda ragu atau tidak tahu dengan kondisi keuangan Anda, silakan cek dengan menggunakan Aplikasi Finansialku di smartphone Anda atau klik Cek Finansialku. Setelah Anda melakukan pengecekan kesehatan keuangan, langkah selanjutnya adalah mulai memperbaiki kondisi keuangan Anda.

 

#2 Buat Anggaran Keuangan Keluarga

Tools kedua yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengelola keuangan keluarga adalah dengan membuat anggaran (budgeting) keuangan keluarga. Apakah Anda memiliki anggaran keuangan keluarga? Sekarang ini lebih dari 50% keluarga tidak memiliki anggaran. Padahal ibu-ibu rumah tangga zaman dahulu banyak yang menggunakan anggaran. Apakah Anda masih teringat ibu-ibu yang membagi keuangan dalam amplop alias bahasa kerennya envelope based money management.

24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Bagaimana Solusinya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Kelemahan sistem amplop adalah: repot memisahkan masing-masing amplop dan terkadang kurang efektif. Banyak orang yang sulit untuk menyisihkan pemasukan untuk ditabung dan diinvestasikan, karena mereka tidak memiliki anggaran atau masih menggunakan sistem yang lama. Sekarang ini sudah ada solusi yang lebih modern, dari Finansialku.com yaitu sistem anggaran.

Iklan Aplikasi Finansialku - Anggaran

 

Menu anggaran dalam Aplikasi Finansialku sudah disusun sesuai dengan prioritas yang benar. Tugas Anda hanya memasukan perkiraan data pengeluaran sesuai dengan urutan yang tertera. Silakan coba (klik di sini).

 

#3 Buat Catatan Keuangan Keluarga

Membuat anggaran saja memang tidak cukup, Anda juga perlu disiplin dalam mencatat keuangan. Permasalahannya mencatat keuangan adalah hal yang merepotkan, harus buka notes di handphone, menulis di buku catatan dan lain sebagainya. Nah solusinya adalah dengan menggunakan menu transaksi di Aplikasi Finansialku.

Iklan Aplikasi Finansialku - Rekeningku Transaksi

 

#4 Mulai Menyiapkan Dana Darurat

Langkah berikutnya untuk mengamankan kebutuhan jangka pendek, yaitu dengan mempersiapkan dana darurat sesuai dengan kebutuhan Anda. Dana darurat (emergency fund) adalah dana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak dan darurat, seperti risiko PHK, membayar rumah sakit, biaya jika ada musibah dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai dana darurat, silakan cek infografis dana darurat. Masing-masing orang memiliki kebutuhan dana darurat yang berbeda, oleh sebab itu silakan gunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung kebutuhan dana darurat.

 

#5 Lindungi Diri Anda dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Apakah Anda dan keluarga sudah terlindungi dengan asuransi? Setidaknya ada dua jenis asuransi yang harus Anda miliki:

  • Asuransi Jiwa: untuk Anda (dan pasangan) yang bekerja menghasilkan pemasukan dan memiliki tanggungan.
  • Asuransi Kesehatan: untuk Anda dan seluruh anggota keluarga (Anda, istri dan anak-anak).

 

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan adalah langkah yang paling mudah dan murah untuk memberikan proteksi terhadap risiko keuangan. Coba Anda bayangkan jika terjadi sesuatu dengan tulang punggung keluarga, berapa kerugian finansial yang harus ditanggung?

  1. Berapa sisa utang yang harus dibayar?
  2. Berapa dana yang disiapkan untuk pasangan (setidaknya untuk 12 bulan ke depan)?
  3. Berapa dana yang disiapkan untuk rumah duka, penguburan atau kremasi?
  4. Berapa dana yang harus dipersiapkan untuk pendidikan anak?
  5. Berapa dana yang harus dipersiapkan untuk balik nama rumah, kendaraan dan lain sebagainya?

 

Cara Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berapa Jumlah Uang Pertanggungan yang Harus Dimiliki Tulang Punggung Keluarga?]

 

Oleh sebab itu Anda, tulang punggung keluarga wajib memiliki asuransi jiwa dengan jumlah uang pertanggungan (UP) yang sesuai dengan kebutuhan. Uang pertanggungan disini bukan hasil investasi (dan jangan lihat investasi). Ketika Anda membeli asuransi jiwa, fokus pada uang pertanggungan yang diberikan. Hitung kebutuhan uang pertanggungan Anda dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

 

Mulai Pegang Kendali Keuangan Anda, dengan Mengamankan Keuangan Anda

Kelima langkah di atas adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengamankan keuangan Anda. Setelah Anda aman secara keuangan, baru fokus untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda satu persatu. Jangan pernah merasa terlambat untuk memulai, karena sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Jika Anda sudah mendaftar Aplikasi Finansialku, kasih tahu juga teman-teman Anda, karena mereka juga perlu mendapatkan keamanan keuangan.

 

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan atau mendapatkan keamanan keuangan? Silakan share pengalaman dan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini, karena perencana keuangan Finansialku.com akan membantu Anda.

 

Sumber Gambar:

  • Asian divorce – https://goo.gl/5BkTGT

 

Sumber Data

  • Nuniek Tirta. 15 November 2015. Cinta itu buta: Masalah Keuangan yang Menyebabkan Pasangan Bercerai. Rappler.com – https://goo.gl/tBM6SP

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku