Seperti apakah tahapan penyesuaian diri seseorang saat memasuki masa pensiun? Ternyata ada tiga tahapan yang pasti dilewati oleh orang yang memasuki masa pensiun.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tahapan Saat Memasuki Masa Pensiun

Pensiun adalah salah satu tahapan yang akan dilewati oleh setiap manusia. Masa pensiun adalah masa peralihan dari seorang yang tadinya produktif, menjadi kurang produktif. Berita buruknya banyak orang merasa cemas saat memasuki masa pensiun, karena kurangnya persiapan dari segi jasmani, rohani dan keuangan.

3 Fase Penyesuaian Diri Saat Seseorang Memasuki Masa Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Banyak Karyawan Merasa Cemas Memasuki Masa Pensiun?]

 

Setiap orang yang mau memasuki masa pensiun, membutuhkan masa-masa penyesuaian diri. Seorang Professor dibidang ilmu Gerontology (ilmu yang mempelajari orang berusia lanjut, dengan berbagai kajian ilmu) bernama Robert Atchley membagi masa pensiun menjadi 3 fase utama yaitu:

  1. Fase Pra Pensiun (Pre Retirement Phase)
  2. Fase Pensiun (Retirement Phase)
  3. Fase Pasca Masa Pensiun (End of Retirement Phase)

 

Ketiga fase tersebut dibagi menjadi beberapa tahapan (stages) yang lebih kecil. Mari kita bahas satu persatu.

 

#1 Fase Pra Pensiun (Pre-Retirement Phase)

Menurut Robert Atchley, bagian pertama menjelang masa pensiun dikenal dengan istilah fase pra pensiun (pre-retirement phase). Masa ini dibagi menjadi 2 tahapan utama yaitu remote dan near retirement.

 

Tahapan Remote

Tahapan saat masa pensiun masih dianggap satu masa yang masih sangat jauh. Katakanlah saat Anda baru pertama kali bekerja, berusia antara 25 tahunan. Tahapan remote adalah tahap dimana seseorang mulai mendapat pekerjaan. Masa ini berakhir ketika seseorang sudah menjelang masa-masa pensiun, yaitu antara usia 45 – 50 tahun.

 

Tahapan Near-Retirement :

Tahapan nearretirement adalah tahap dimana seseorang sudah mulai mendekati masa pensiun. Antara usia 45 – 50 tahun. Orang akan tersadar bahwa dirinya akan memasuki tahapan baru dalam kehidupannya. Orang tersebut tentunya membutuhkan penyesuaian diri dengan lingkungan, kondisi emosional, kondisi keuangan, pemasukan, pengeluaran dan lain sebagainya. Banyak perusahaan di Indonesia yang mempersiapkan pelatihan atau program persiapan masa pensiun.

 

#2 Fase Pensiun (Retirement Phase)

Pada usia 55 tahun, orang di Indonesia akan memasuki tahapan pensiun. Pensiun dari aktivitas kerja hariannya. Robert Atchley membagi menjadi 4 tahapan, yaitu:

 

Tahapan Honey Moon

Fase honey moon adalah fase yang menjebatani antara masa kerja dan masa pensiun. Masa-masa ini adalah masa yang paling indah saat pensiun, karena seseorang akan merasa: tidak harus bangun pagi-pagi, tidak harus cek email setiap pagi, tidak harus menyiapkan bahan meeting dan lain sebagainya. Intinya disini seseorang akan memasuki masa dimana dia memiliki banyak waktu.

[Baca Juga: 3 Masalah Klasik Manusia]

 

Pada umumnya orang akan mencari kesibukan baru, misal mulai merenovasi rumah, mencari hobi baru, jalan-jalan bersama pasangan ke luar negeri dan lain sebagainya. Tentunya kegiatan baru ini disesuaikan dengan gaya hidup, kondisi kesehatan dan kemampuan finansial. Fase ini bisa berjalan 6 bulan – 12 bulan pertama masa pensiun. Sampai disatu titik orang merasa bosan dan mulai merasa keraguan.

 

Tahapan Disenchantment

Setelah masa-masa bahagia, seseorang akan masuk ke dalam tahap kekecewaan atau disenchantment. Pada masa ini orang akan kembali merefleksi keputusan-keputusan dan merasa ragu akan kondisinya sekarang. Ada beberapa orang yang merasakan depresi saat memasuki masa disenchantment, misal post power syndrome, kehilangan pengaruh, merenggangnya hubungan teman karena jarang bertemu dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Penyebab Post Power Syndrome dan Cara Pencegahannya]

 

Tahapan Reorientation

Bagi sebagian orang yang berhasil mengalahkan dirinya sendiri, berhasil memaafkan dirinya sendiri akan masuk masa baru yaitu masa reorientation. Mulai menggunakan kekecewaannya untuk bangkit memperbaiki kondisi saat ini. Bangkit untuk membuat hidup menjadi lebih bermakna dan bernilai. Biasanya pada tahap reorientation, seseorang akan masuk pada satu titik kedewasaan dan kebijaksanaan. Orang tersebut akan mulai melangkah dengan lembaran baru, membuat sesuatu yang baru. Ada banyak orang yang kemudian menuangkan pemikirannya dalam karya seni, tulisan, menjadi bagian dalam kegiatan sosial dan amal, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

 

Tahapan Retirement Routine

Tahapan akhir dari titik balik atau reorientation adalah meneruskan sisa hidup dengan misi terakhirnya.

 

#3 Fase Pasca Pensiun (Post Retirement Phase)

Pada tahap ini, seseorang memasuki masa bergantung pada orang lain karena faktor usia. Orang yang memasuki masa ini, sudah tidak lagi memikirkan pensiun atau masalah lainnya. Pada masa ini, beberapa orang sudah mulai pikun, menurun kesehatannya dan lain sebagainya.

 

Apa yang Seharusnya Dilakukan dan Bagaimana Caranya?

Teori yang disampaikan oleh Robert Atchley, memang teori yang banyak dialami oleh manusia. Seseorang mulai masuk masa senang (honeymoon), kemudian kekecewaan, reorientation dan lain sebagainya. Disini kami melihat dari sudut pandang finansial, sebagai perencana keuangan kami hanya memastikan agar permasalahan keuangan bukanlah masalah besar ketika Anda pensiun. Jadi Anda tidak perlu terlalu cemas dengan kondisi keuangan. Dan hal itu sangat mungkin terjadi, jika Anda sudah mempersiapkan dana hari tua sejak usia muda.

 

Menurut Anda seberapa pentingkah persiapan dana hari tua untuk orang-orang usia muda (katakanlah orang-orang di masa remote)? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber referensi:

  • Budhi Dharmawan Prasojo. 2011. Skripsi: Kecemasan Menghadapi Masa Pensiun pada Pegawai Kementrian Agama yang Istrinya Bekerja dan Tidak Bekerja (Studi Komparatif Pada Pegawai Kementrian Agama Kabupaten Banjarnegara). Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
  • 28 Juli 2015. The 6 Stages of Retirement. Retirementjourneys.com – http://goo.gl/Rfcyhe

 

Sumber gambar:

  • Retirement – http://goo.gl/LlKbZg

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang