Mengunjungi Kota Pahlawan terasa kurang pas jika tidak mencoba ragam kuliner Surabaya yang enak dan terkenal berikut ini.

Kali ini Finansiaku akan membahas mengenai apa saja kuliner di Surabaya yang bisa Anda coba.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Daftar Kuliner Surabaya yang Harus Dicoba

Setelah mengetahui daftar kuliner Surabaya yang harus Anda cicipi di artikel sebelumnya, berikut adalah daftar kuliner lainnya yang juga harus Anda coba untuk melengkapi perjalanan liburan Anda di Surabaya.

 

#8 Rawon Setan Mbak Endang

Rawon adalah kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan. Rawon Setan Mbak Endang ini berada di Jalan Embong Malang, Surabaya adalah depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Nama rawon setan ini karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging Rawon disini cukup besar dan juga empuk, kuahnya pun tidak kalah nendangnya.

 

#9 Lontong Balap Pak Hasyim

Lontong Balap dapat dikatakan sebagai ikon kuliner Kota Surabaya. Satu porsi Lontong Balap terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lento, dan tauge yang sangat banyak.

Kuliner Surabaya 05 Lontong Balap - Finansialku

[Baca Juga: 10 Top Rekomendasi Kuliner Semarang yang WAJIB Banget Kamu Coba]

 

Lontong Balap Pak Hasyim ini unik karena memiliki kuah yang gurih dengan tambahan lento. Lento adalah sejenis makanan yang terbuat dari kacang-kacangan.

 

#10 Es Krim Zangrandi

Mencari kuliner Surabaya yang manis dan cocok disantap saat siang hari yang terik?

Maka Anda bisa berkunjung ke Restoran Ice Cream Zangrandi yang berada di jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia.

Outlet es krim Zangrandi memiliki nuansa klasik dan otentik yang asik.

Selain tempat yang nyaman dan asik buat nongkrong bersama sahabat, es krim Zangrandi juga memiliki cita rasa yang mewah meskipun telah berdiri sejak tahun 1933.

 

Selain kuliner-kuliner di atas, Anda bisa mencoba kuliner Surabaya yang buka hingga malam hari bahkan dini hari. Berikut adalah kuliner di Surabaya yang buka hingga malam hari:

 

#11 Penyetan Padin

Ada berbagai macam lauk yang bisa Anda pilih sendiri di sini. Tempat makan penyetan ini buka 24 jam.

Tapi, kalau Anda tidak suka makanan pedas sebaiknya jangan coba-coba makan sambalnya ya. Lokasinya berada di Jalan Kranggan Nomor 26, Bubutan. 

 

#12 Rawon Kalkulator

Anda akan menemukan Warung Rawon Sedap Malam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Rawon Kalkulator. Keunikan dari rawon kalkulator ini adalah kecepatan kasirnya dalam menghitung pembayaran layaknya sebuah kalkulator. 

Warung tersebut sudah berdiri sejak 1975 lho! Jam bukanya mulai 11 siang hingga 3 pagi. Selain rawon, Anda juga bisa mencoba sotonya.

 

#13 Penyetan Bang Ali

Penyetan Bang Ali yang bisa Anda kunjungi, yakni di Jalan Kupang Indah I yang buka dari jam 3 sore hingga 12 malam.

Ada pula di Jalan Simpang Darmo Permai Utara Nomor 22 yang buka 24 jam. Pilihan lauknya beragam, sambalnya pun nikmat! Anda bisa memiliki tingkat kepedasannya sesuai selera.

 

#14 Bakso Omen

Jika Anda pecinta bakso, Bakso Omen salah satu yang populer di Surabaya. Anda bisa menemukannya di Jalan Raya Darmo Baru Barat 19, tepat berada di depan GKI Dasa.

Baksonya terdiri dari banyak jenis, seperti keju, jamur, urat, dan sebagainya. Anda bisa mengambil dan mengombinasikannya sendiri. Mau tambah mi, gorengan atau pangsit, bawang goreng pun boleh. Bukanya mulai pukul 20.00.

 

#15 Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Kuliner Surabaya ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon. Kuliner Surabaya yang unik ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya.

Ulekan kacang sebagai saus aneka sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang hitam dan kaya dengan rasa rempah ini bakal memanjakan lidah Anda.

 

#16 Warung Nasi Cumi

Anda juga bisa menemukan lokasi kuliner di malam hari salah satunya adalah Warung Nasi Cumi di Jalan Waspada atau yang juga dikenal sebagai Warung Nasi Cumi depan Pasar Atom.

Warung Nasi Cumi di tempat ini menyediakan tiga macam menu nasi cumi yang ditawarkan, yaitu nasi cumi peyek, nasi campur, dan nasi komplit.

Selain enak, Warung Nasi Cumi di Jalan Waspada ini juga cukup ramah kantong. Satu porsi makanan di tempat ini dapat Anda beli dengan harga mulai dari Rp15 ribu saja.

 

Berburu Kuliner Surabaya, Pilih Murah atau Enak?

Itulah beberapa kuliner Surabaya yang dapat Anda kunjungi dan cicipi selama di Surabaya. Apakah Anda pernah mencoba salah satu di antaranya?

Dalam memilih tempat makan, faktor utama yang menjadi alasan seseorang untuk memilih tempat makanan adalah harga makanan yang ditawarkan.

Harga makanan ini kemudian menjadi penentu seseorang untuk membeli makanan yang dijual. Kenyataannya, makanan dengan harga murah yang paling sering diburu.

Apakah Anda tergolong orang yang mementingkan rasa atau harga? Tapi meskipun harganya sedikit mahal tapi sebanding dengan kelezatan yang ditawarkan rasanya tidak jadi masalah ya. Selamat berburu kuliner di Surabaya!

 

Apa pendapat Anda terkait artikel di atas? Anda bisa menambahkan wisata kuliner lainnya yang pernah Anda kunjungi dan berkesan bagi Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Yoshi Nathania. 10 Januari 2019. 7 Kuliner Malam di Surabaya yang Gak Pernah Sepi Pembeli, Enak Nih !. idntimes.com – https://bit.ly/369317H
  • Tantri Setyorini. 24 Desember 2019. 15 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba. Merdeka.com – https://bit.ly/33WznR
  • Ester Laura Silitonga. 28 Kuliner Khas Surabaya yang Legendaris dan Murah Meriah. Tripcanvas.co – https://bit.ly/2YnEqti
  • Yoshi Nathania. 10 Januari 2019. 7 Kuliner
  • Malam di Surabaya yang Gak Pernah Sepi Pembeli, Enak Nih !. idntimes.com – https://bit.ly/369317HTantri Setyorini. 24 Desember 2019. 15 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba. Merdeka.com – https://bit.ly/33WznR
  • Ester Laura Silitonga. 28 Kuliner Khas Surabaya yang Legendaris dan Murah Meriah. Tripcanvas.co – https://bit.ly/2YnEqti

 

Sumber Gambar:

  • Rawon – https://goo.gl/ub9Aea
  • Nasi Goreng Jancuk – https://goo.gl/BV35U3
  • Rujak Cingur – https://goo.gl/aLUXee
  • Tahu Tek – https://goo.gl/a463me
  • Lontong Balap – https://goo.gl/1cVUmi
  • Pecel Semanggi – https://goo.gl/9g9fbr
  • Depot Ai Doho – https://goo.gl/E2CLji
  • Lontong Kupang Artomoro – https://goo.gl/1cVUmi
  • Gado-Gado Arjuna Surabaya – https://goo.gl/f6FeJf
  • Warung Bu Kris Surabaya – https://goo.gl/9UWTvJ