Mengunjungi Kota Pahlawan terasa kurang pas jika tidak mencoba ragam kuliner Surabaya yang enak dan terkenal berikut ini.

Kali ini Finansiaku akan membahas mengenai apa saja kuliner di Kota Pahlawan yang bisa Anda coba. Yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surabaya Surganya Santapan

Bukan hal yang asing lagi kalau sebagian besar orang Indonesia gemar menyantap kuliner. Jika berbicara mengenai kuliner, Indonesia mungkin juaranya.

Ada banyak macam-macam kuliner dengan rasa yang berbeda-beda. Ada yang menonjolkan citarasa manis, pedas, gurih, dan lainnya.

Begitu pun dengan Surabaya, Jawa Timur yang memiliki ragam kuliner nan lezat. Berkunjung ke Surabaya, Anda tidak hanya akan mendapati berbagai tempat wisata menarik dan bersejarah.

Tapi juga wisata kuliner, Tak hanya terkenal sebagai kota pahlawan, Surabaya menyimpan berbagai destinasi wisata kuliner lezat yang wajib dikunjungi saat singgah ke ibukota Jawa Timur ini. 

Sebut saja rujak cingur, lontong balap, sego pecel, rawon, dan masih banyak lainnya. Kuliner-kuliner tersebut dijamin bikin ketagihan.

Meskipun udaranya yang terkenal dengan panas, tapi itu nggak bakal menahan Anda untuk berpetualang menggoyang lidah.

 

Inilah Daftar Kuliner Surabaya yang Harus Dicoba

Surabaya juga memiliki banyak ragam makanan dan wisata kuliner yang layak Anda coba.

Bagi Anda yang mencintai wisata kuliner, berikut ini adalah beberapa kuliner Surabaya yang layak Anda coba untuk melengkapi perjalanan liburan Anda di Surabaya:

 

#1 Nasi Goreng Jancuk

Jika Anda menyukai makanan pedas, nasi goreng jancuk ini bisa menjadi pilihan ketika Anda datang ke Surabaya. Selain rasanya yang sangat pedas, porsi nasi goreng di Nasi Goreng Jancuk juga sangat besar.

Kuliner Surabaya 02 Nasi Goreng Jancuk - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tempat Kuliner Malang Enak dan Lezat yang WAJIB Kamu Kunjungi]

 

Saking besarnya, nasi goreng ini bisa dinikmati bersama teman-teman Anda bisa sampai empat atau lima orang. Satu porsi nasi goreng jancuk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp100 ribu.

 

#2 Soto Lamongan Cak Har

Meski bukan kuliner Surabaya yang asli, namun Soto Lamongan sudah menjadi salah satu menu utama yang wajib Anda cicip bila berada di Surabaya.

Soto lamongan yang paling terkenal di Surabaya ada di warung Cak Har yang berlokasi di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno. Sotonya juga memiliki berbagai varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, juga jeroan.

 

#3 Sate Klopo Ondomohen

Kuliner Surabaya yang satu ini adalah sate daging sapi, ayam, usus, udang atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate. Salah satu penjual Sate Klopo yang terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih.

Meskipun terlihat sama dengan sate-sate lainnya, lidah Anda akan merasakan perbedaan rasa yang lebih menggoda.

Irisan sate di tempat kuliner Surabaya ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai, inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih.

 

#4 Nasi Krawu Mbuk Su

Nasi Krawu adalah satu porsi nasi putih pulen yang disajikan bersama semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi. Jika Anda mampir ke Gubeng, Anda bisa mencicipi Nasi Krawu yang cukup terkenal di daerah ini.

Kehangatan nasi putih berpadu dengan aneka lauk yang gurih akan membuat lidah dan perut dimanjakan.

 

#5 Kepiting Cak Gundul 1992

Kalau Anda penggemar hidangan laut, Kepiting Cak Gundul 1992 wajib dikunjungi, tepatnya di Jalan Raya Kupang Indah, Surabaya. Sesuai namanya, restoran ini berdiri sejak tahun 1992.

Itu berarti usianya sudah 26 tahun. Restoran tersebut menyajikan berbagai olahan hasil tangkapan laut, terutama kepiting.

Anda bisa memilih ukuran kepiting untuk disantap beserta sausnya.

Saking terkenalnya, Kepiting Cak Gundul 1992 sudah membuka cabang di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta.

 

#6 Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak cingur yang terkenal di Surabaya adalah rujak cingur Ahmad Jais yang terletak di Jalan Tunjungan. Anda bisa merasakan rasa otentik rujak cingur yang berpadu dengan rasa petis.

Anda bisa nikmati rujak cingur ini dengan harga Rp50 ribu. Meskipun cukup mahal, tapi harga tersebut sepadan dengan rasa rujak cingur yang Anda dapatkan.

 

#7 Nasi Udang Bu Rudy

Nasi udang empal adalah salah satu nama menu yang ada di depot Bu Rudy. Kuliner ini disajikan dengan sambal bawang yang menggelitik lidah. Nasi pulen putih yang nikmat dan istimewa sangat cocok di lidah Anda.

Menu yang disajikan di tempat ini sangat beragam sesuai dengan selera dan lidah. Anda bisa datang ke lokasi ini untuk menikmati menu istimewanya di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya.

 

Bagaimana pendapat Anda tentang daftar kuliner Surabaya di atas? Anda bisa menuliskannya dalam kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat!

Masih ada daftar kuliner Surabaya lainnya yang bisa diakses melalui tombol di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Nabila Inaya. September 2016. 15 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba, Arek Suroboyo Pasti Bilang “Ciamik Soro”. Hipwee.com – https://goo.gl/BV35U3
  • Nimas Arini, Februari 2017. 12 Wisata Kuliner Legendari Surabaya yang Wajib Dicoba. Shopback.co.id – https://goo.gl/1cVUmi
  • Halo Muda. Agustus 2017. 39 Tempat Wisata Kuliner Surabaya Paling Enak. Halomuda.com – https://goo.gl/wPDth8
  • Yoshi Nathania. 10 Januari 2019. 7 Kuliner Malam di Surabaya yang Gak Pernah Sepi Pembeli, Enak Nih !. Idntimes.com – https://bit.ly/369317H
  • Tantri Setyorini. 24 Desember 2019. 15 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba. Merdeka.com – https://bit.ly/33WznR
  • Ester Laura Silitonga. 28 Kuliner Khas Surabaya yang Legendaris dan Murah Meriah. Tripcanvas.co – https://bit.ly/2YnEqti

 

Sumber Gambar:

  • Rawon – https://goo.gl/ub9Aea
  • Nasi Goreng Jancuk – https://goo.gl/BV35U3
  • Rujak Cingur – https://goo.gl/aLUXee
  • Tahu Tek – https://goo.gl/a463me
  • Lontong Balap – https://goo.gl/1cVUmi
  • Pecel Semanggi – https://goo.gl/9g9fbr
  • Depot Ai Doho – https://goo.gl/E2CLji
  • Lontong Kupang Artomoro – https://goo.gl/1cVUmi
  • Gado-Gado Arjuna Surabaya – https://goo.gl/f6FeJf
  • Warung Bu Kris Surabaya – https://goo.gl/9UWTvJ