Belanja online atau Online shopping merupakan satu hal yang udah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. dalam kesempatan kali ini Finansialku akan berbagi tips mengenai berbelanja online.

http://api.dailysocial.net/en/wp-content/uploads/2012/12/e-commerce.jpg

Perkembangan website-website yang menyediakan online shopping di Indonesia sangat cepat. Pengalaman berbelanja online tentu saja sedikit berbeda dengan berbelanja di toko-toko ritel biasa. Dalam segi belanja, tentu sangat mudah kita sebagai pembeli hanya memilih produk, klik tombol beli, isi formulir, bayar dengan menggunakan online banking dan barang diantar. Disisi lain kelemahan dari berbelanja online adalah barang tidak dapat dicoba. Tentunya sebelum Anda berbelanja di website online Anda sudah harus memastikan keamanan website, setidaknya website tersebut cukup memiliki nama atau kredibilitas. Setelah website tersebut aman, kemudian coba ikuti tips-tips berikut sebelum berbelanja online.

 

#1 : Jangan Sampai Kehilangan Akal Karena Tergoda Gambar.

Gambar diwebsite seringkali membuat seseorang tergoda untuk membeli. Banyak perempuan yang tergoda untuk membeli baju, celana, tas di online karena melihat gambar. Bahasa keren untuk menyebut hal ini adalah impulsive buying. Gambar di internet, seringkali melanggar budget (anggaran) kita untuk membeli sesuatu, contohnya ada seseorang yang menganggarkan belanja baju sebesar Rp 300.000, ketika dia melihat baju keren di websit dia tergoda untuk membeli, tanpa memperhatikan anggaran yang telah dibuat. Sebelum berbelanja di website, Cek dulu anggaran yang ada.

 

#2 : Amankan Posisi Anda.

Website-website penjual online pasti memiliki kebijakan pengembalian barang atau customer support. Tidak ada salahnya Anda mengecek kebijakan tersebut apabila Anda baru pertama kali melakukan transaksi. Kebijakan tersebut yang nantinya dapat membantu Anda apabila terjadi masalah dengan transaksi yang Anda lakukan. Apabila Anda malas untuk membaca aturannya, Anda dapt mencoba untuk mencari menu “hubungi kami” atau “contact us”. Saat ini beberapa website telah dilengkapi dengan fitur livechat (chat secara langsung), coba Anda diskusikan dulu dengan mereka.

 

#3 : Bayar Sesuai dengan Nilainya.

Penulis menganjurkan Anda benar-benar memperhatikan produk. Website-website yang berjualan online seringkali dapat dikatakan sebagai sebuah Supermarket. Mereka menjualkan produk-produk orang lain. Pastikan produk Anda benar, bukan barang palsu, tiruan atau sesuatu yang tidak Anda harapkan. Sebelum Anda membeli pastikan barang yang Anda beli, sesuai dengan yang Anda harapkan. Untuk pembelian kupon, ada baiknya Anda coba hubungi livechat di website atau toko yang menjual produk tersebut. Misal ada kupon yang menulis Diskon 50% Baso MNO, sebaiknya Anda cek melalui livechat atau telpon ke Baso MNO. Di Internet banyak orang yang merasa kesal karena adanya kesalahan dalam prosedur. Contohnya ada seseorang yang membeli kupon untuk tempat makan X. Setelah kupon terbeli, kupon tersebut tidak dapat ditukarkan karena adanya kesalahan prosedur.

 

#4: Hati-Hati dengan Informasi Kartu Kredit Anda di Online

Beberapa website melakukan transaksi dengan kartu kredit. Anda diminta untuk menuliskan nomor kartu kredit dan pembelian akan dikurangkan dari kartu kredit Anda. Sebaiknya Anda mewaspadai seluruh transaksi online yang meminta nomor kartu kredit. Hal ini dapat disalahgunakan, karena kecanggihan teknologi memungkinkan untuk disalahgunakan. Apabila transaksi bisa dilakukan dengan debit sebaiknya gunakan pengiriman melalui online banking atau menggunakan jasa-jasa uang online (e-money), seperti DOKU, PAYPAL, KASPAY dan lain-lain.

Jadi sebelum berbelanja ingat keempat tips tersebut. Keempat tips tersebut dirangkum berdasarkan riset, pengalaman pribadi dan solusi atas beberapa pengaduan di internet.

Apabila Para pembaca memiliki tips-tips atau pengalaman berbelanja online, Anda boleh berbagi pengalaman Anda. Jangan sampai orang-orang tertipu oleh oknum-oknum yang menyalahgunakan transaksi online.