Selain Monas, Berikut ini 45 Tempat Wisata di Jakarta yang Keren di Instagram

Salah satu hal yang tidak pernah ketinggalan ketika berwisata adalah berfoto. Di zaman teknologi yang sudah canggih, kebanyakan foto akan di-upload melalui media sosial.

Jika Anda kebetulan bepergian ke Jakarta dan bingung tempat apa yang sesuai untuk dimasukkan ke dalam media sosial Anda, maka simaklah artikel yang akan memberikan Anda informasi mengenai tempat-tempat hits di Jakarta.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Wisata Kuliner

#1 Bandar Djakarta

Bandar Djakarta merupakan sebuah restoran yang mengambil konsep unik, yang mana restoran ini selalu mengambil lokasi di tepi laut Jakarta.

Salah satu cabang restoran Bandar Djakarta yang paling pertama adalah Bandar Djakarta yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Bandar Djakarta

 

Di restoran ini, Anda dapat menikmati hidangan khas lautnya yang sangat spesial dengan ditemani oleh pemandangan laut yang sangat indah.

Tidak hanya makan di tepi laut, Bandar Djakarta pun memberikan pilihan untuk makan di ruangan indoor, atau secara lesehan.

Kesegaran hasil lautnya pun tidak ada duanya karena Bandar Djakarta selalu mengambil hasil laut yang masih hidup sehingga kesegarannya terjamin.

Jika Anda mengunjungi Bandar Djakarta, jangan lupa untuk memesan menu khas seperti Kepiting Saus Lada Hitam, Lobster, Cumi Goreng dan hidangan laut lainnya.

 

#2 Social House

Social House merupakan sebuah restoran yang berada di Mall Grand Indonesia. Dari restoran ini, Anda dapat melihat pemandangan kota Jakarta dengan desain interior yang sangat cantik.

Social House mengambil nuansa kayu dan warna hijau untuk restorannya dan tentu saja, Anda akan menemukan banyak selebriti yang datang bersantap di restoran yang sering dijadikan spot foto untuk media sosial.

Social House

 

Makanan dan minuman yang ditawarkan di sini cukup mahal, tetapi rasanya sebanding dengan harganya. Walaupun tempatnya didesain dengan sangat modern, jangan mengira bahwa menu yang ditawarkan hanyalah menu internasional.

Di Social House, Anda pun dapat mencicipi menu makanan khas Indonesia. Menu makanan yang harus Anda coba di sini adalah capricciosa pizza, iga bakar sambal ijo, dan minuman grandma’s iced lemon tea.

 

#3 Hospitalis Restaurant & Bar

Pernahkah Anda melihat posting Instagram atau Facebook teman Anda yang sedang makan atau minum melalui wadah seperti alat-alat rumah sakit atau laboratorium?

Jika ya, maka kemungkinan besar, teman Anda sedang berkuliner di restoran yang berada di Jalan K. H. Achmad Dahlan No 31 ini.

Hospitalis Restaurant & Bar

 

Restoran yang dinamakan Hospital Restaurant & Bar mempunyai konsep yang sangat unik di mana pengunjung akan disajikan makanan dengan alat-alat yang berhubungan dengan rumah sakit.

Bahkan para pelayannya pun mengenakan kostum ala perawat di rumah sakit.

Warna yang identik di dalam restoran ini adalah merah dan putih. Jika Anda adalah seseorang yang mudah mual atau takut melihat darah, maka sebaiknya jangan makan di tempat ini, tetapi, kalau untuk berfoto saja, tidak apa-apa.

 

#4 Namaaz Dining

Restoran ini merupakan salah satu restoran yang menawarkan makanan dengan konsep yang sangat unik yang sayang sekali jika tidak Anda abadikan.

Di Namaaz Dining, Anda akan merasakan makanan lezat dalam sebuah set menu yang mana setiap makanannya disajikan dengan penyajian yang sangat unik.

Namaaz Dining

 

Misalnya menu Gulai Ayam yang ada di restoran ini, disajikan dalam bentuk pensil kayu dan kertas note. Sangat unik bukan?

Silahkan kunjungi restoran yang berada di Jalan Gunawarman No 42, Kebayoran Baru.

 

#5 Awan Lounge

Awan Lounge adalah sebuah tempat nongkrong sekaligus restoran di Jakarta yang menawarkan konsep rooftop. Lokasi Awan Lounge ini ada di Jalan K. H. Wahid Hasyim.

Di sini, Anda dapat menikmati hidangan makanan Anda dengan menikmati pemandangan ibukota yang dihiasi oleh lampu jalan dan lampu gedung di malam hari.

Awan Lounge

 

Tentunya restoran ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin melihat kecantikan kota Jakarta dan spot ini sangat indah untuk diabadikan.

 

#6 Café Batavia

Ingin merasakan makan di restoran yang menyajikan konsep tempo dulu? Silahkan datang ke Café Batavia.

Café Batavia menawarkan nilai sejarah dari kawasan Jakarta, terutama di Kota Tua.

Café Batavia

 

Konon bangunan ini dibangun selama 45 tahun di tahun 1850 dan kemudian digunakan oleh VOC sebagai lokasi kantor administrasi.

Konsep tempo dulu serta lokasi yang ditawarkan adalah salah satu spot yang tepat untuk memenuhi posting media sosial Anda.

 

#7 Colette & Lola

Colette & Lola merupakan sebuah restoran yang menawarkan bentuk-bentuk kue yang sangat menarik.

Kue yang dijual di sini ada yang berbentuk karakter kartun fiksi mulai dari berbentuk panda hingga lego. Tidak hanya bentuknya yang unik, rasa dari kue itu sendiri juga sangat lezat.

Colette & Lola

 

Tentunya, selain makanan yang ditawarkan unik, restoran Colette & Lola sendiri memiliki desain yang lucu.

Konsep ruangannya warna warni dengan tempat duduk yang tidak terlalu banyak. Bagi Anda yang gemar meng-upload foto cantik, maka tempat ini adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi.

 

#8 The Playground

Restoran yang terletak di dalam Plaza Indonesia ini menawarkan sebuah konsep restoran yang unik. Di sini, Anda akan merasa seperti bersantap di dalam tempat bermain anak-anak.

Bahkan meja dan kursinya sendiri didesain seperti ayunan. Makanan yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari khas nusantara hingga khas internasional.

The Playground

 

#9 Sinou Kaffee Hausen

Sinou Kaffee Hausen merupakan sebuah restoran di daerah Panglima Polim 5 No 26, Melawai, Jakarta Selatan dan tempat ini sangat menarik untuk dijadikan foto di sosial media.

Alasannya, tempat ini mempunyai desain yang industrial, tidak hanya meja makan dan kursinya, tetapi bagian langit-langit hingga dindingnya pun menawarkan konsep yang unik.

Sinou Kaffee Hausen

 

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk memesan Nachos yang disertakan dengan keju dan daging sapi, Mom’s Sirloin Steak yang menggunakan daging sapi Wagyu, Cheese stuffed Mushroom dan makanan penutup Waffle Heaven Choco.

Sedangkan, untuk minumannya, Anda dapat memesan Lychee Iced Tea, Oreo Choco Caramel atau Hot Cappuccino bagi Anda pencinta kopi.

Sudahkah Anda merencanakan liburan Anda ke tempat-tempat yang disebutkan di atas? Yuk rencanakan dana liburan dan perjalanan Anda dengan Aplikasi Finansialku. Klik saja banner berikut.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#10 Tugu Kunstkring Paleis

Restoran ini merupakan salah satu restoran yang menawarkan eksotisme interior yang dipadukan dengan nuansa khas Jawa serta nuansa kolonial.

Ketika Anda masuk ke dalam tempat ini, Anda tidak akan menyadari bahwa Anda sedang berada di abad ke-20.

Tugu Kunstkring Paleis

 

Untuk makanannya sendiri tergolong cukup mahal tetapi rasanya sangat otentik dan khas. Jika Anda ingin berfoto dengan desain interior Belanda, maka datanglah ke tempat yang satu ini.

 

#11 Ron’s Laboratory

Ron’s Laboratory merupakan sebuah tempat makan yang menyajikan es krim yang dibuat dengan menggunakan nitrogen cair.

Di sini, pengunjung dapat dengan bebas membuat kreasi es krim mereka sendiri, sehingga nama toko es krim ini adalah laboratorium.

Ron’s Laboratory

 

Selain itu, Anda dapat melihat langsung pembuatan es krim yang Anda pesan langsung di saat itu juga.

Ron’s Laboratory sendiri terletak di Mall Grand Indonesia dan beberapa rasa es krim yang dapat Anda coba adalah Avocado with espresso, Dark Vader, Tape Ketan atau Red Velvet.

 

#12 Taman Pecenongan

Taman Pecenongan atau yang sering disebut dengan nama Jalan Pecenongan merupakan sebuah jalan di pusat ibukota yang terkenal sebagai pusat kuliner malam.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai jajanan khas Indonesia dan mancanegara.

Taman Pecenongan

 

Tidak hanya masakan kaki lima, bahkan rumah makan dan restoran di sini pun buka hingga tengah malam dan rata-rata mereka telah membuka usahanya selama puluhan tahun.

Jalan Pecenongan ini terbentang hingga 600 meter dan letaknya ada di Sawah Besar. Tentunya untuk soal rasa, Anda tidak perlu khawatir karena pastinya semua makanan yang dijual di sini, luar biasa enak.

 

Wisata Alam

#13 Hutan Mangrove

Walaupun Jakarta adalah kota metropolitan yang terkenal dengan kemacetannya, Jakarta juga memiliki hutan bakau yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Hutan bakau ini menawarkan fasilitas yang cukup beragam, di sini Anda dapat menyewa kapal kecil untuk berkeliling melintasi hutan.

Wisata Mangrove

 

Selain itu, di dalam hutan bakau ini pun terdapat sebuah hutan pengamatan burung yang mana di dalamnya terdapat banyak jenis burung yang unik dan jarang Anda temukan.

 

#14 Pantai Ancol

Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di kawasan TIJA (Taman Impian Jaya Ancol) dan merupakan tempat wisata yang sudah sangat terkenal. Jika Anda ingin menambah like di Instagram Anda, maka sebaiknya Anda datang pada sore hari.

Selain mataharinya sudah mulai tidak terik, Anda pun dapat merasakan pemandangan matahari terbenam yang indah. Untuk mengunjungi tempat ini pun tidak dipungut biaya.

Pantai Ancol

 

#15 Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau yang letaknya di Selat Sunda, Jakarta Utara, dan terdiri dari pulau yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni.

Di kawasan Kepulauan Seribu sendiri, terdapat 5 pulau besar yang merupakan langganan wisatawan, yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir, Pulau Onrust, Pulau Rambut dan Pulau Untung Jawa.

Kepulauan Seribu

 

Tentunya selain kelima pulau tersebut, terdapat pulau-pulau lainnya yang juga menawarkan pemandangan alam yang indah, seperti Pulau Bidadari dan Pulau Pari.

Untuk dapat menuju ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu, Anda dapat menaiki kapal Pelni dari kawasan Pantai Marina Ancol dan dengan kapal ferry dari kawasan Muara Angke.

 

#16 Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang masuk dalam kawasan pemerintahan Jakarta.

Selain itu, Pulau Bidadari juga menawarkan kebersihan air yang sangat jernih serta pemandangan yang tidak ada bandingannya.

Para pengunjung dapat bersantai di cottage darat maupun cottage terapung sembari menikmati kesegaran air atau berjemur di bawah sinar matahari.

Pulau Bidadari

 

#17 Pulau Tidung

Pulau Tidung juga termasuk ke dalam Kepulau Seribu, yang mana di Pulau Tidung ini, Anda akan melihat pemandangan laut yang sangat indah dengan biaya yang sangat terjangkau.

Pulau Tidung

 

Anda pun dapat memilih paket wisata yang Anda inginkan yang disesuaikan dengan preferensi Anda.

Selain itu, di Pulau Tidung juga terdapat permainan atraksi pantai seperti banana boat, watersport, jetski dan angsa laut.

 

#18 Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan salah satu tempat yang indah untuk dijelajahi kehidupan bawah lautnya.

Anda dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling, diving atau memancing di pulau ini.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru dan luas.

Pulau Pramuka

 

#19 Pulau Pari

Satu lagi pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang harus Anda kunjungi.

Di Pulau Pari, Anda akan merasakan pantai dengan pasir putih serta deburan ombak yang tenang. Nama Pulau Pari sendiri diambil dari bentuk pulaunya yang seperti Ikan Pari.

Pulau Pari

 

Anda pun dapat melakukan berbagai permainan air seperti banana boat, jetski, sofa boat serta kano.

Tidak hanya itu, Pulau Pari sendiri juga merupakan tempat penelitian pengembangan rumput laut dan terumbu karang oleh LIPI. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda bertemu dengan sekelompok mahasiswa di pulau ini.

 

#20 Pulau Semak Daun

Pulau ini merupakan salah satu pulau di dalam gugusan Kepulauan Seribu. Di dalam Pulau Semak Daun ini, Anda dapat merasakan suasana kemah di tengah hutan ataupun di pinggir pantai.

Salah satu ketertarikan pulau ini adalah garis pantai yang panjang, dangkal dan airnya yang sangat jernih.

Pulau Semak Daun

 

Ketika mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengambil paket yang mana Anda dapat sekalian melakukan aktivitas snorkeling atau diving, menjelajahi pulau sekaligus melihat tempat penangkaran hiu dan penyu.

Menyaksikan matahari terbenam serta matahari terbit dari tempat ini juga akan memberikan sensasi yang berbeda.

 

#21 Pantai Marunda

Pantai Marunda terletak di daerah Cilincing yang letaknya tidak jauh dari Masjid Al Alam dan Rumah Si Pitung, dua bangunan tertua yang berada di Jakarta.

Pantai Marunda menawarkan pengalaman berlibur di pantai yang sederhana tetapi juga menarik.

Untuk berwisata ke tempat ini pun, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.

Pantai Marunda

 

#22 Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng adalah suatu tempat wisata yang terletak di daerah Jakarta Barat yang memiliki 4.800 pohon dari 63 varietas berbeda.

Di dalam Hutan Kota Srengseng, Anda juga dapat menemukan danau yang dikelilingi dengan lintasan lari serta terdapat area bermain anak.

Jika Anda ingin bersantai sembari menghirup udara sejuk di tengah kota, Anda pun dapat bersantai di pendopo yang telah disediakan untuk umum.

Hutan Kota Srengseng

 

#23 Kebun Binatang Ragunan

Di dalam Kebun Binatang Ragunan, terdapat lebih dari 300 spesies binatang dan tempat ini tidak hanya memamerkan koleksi faunanya tetapi juga berfungsi sebagai edukasi bagi pengunjung terutama bagi para pelajar.

Kebun Binatang Ragunan terkenal sebagai salah satu museum primata terlengkap di Indonesia (Pusat Primata Schmutzer).

Kebun Binatang Ragunan

 

Kemudian, di sini Anda juga dapat menemukan Dunia Orang Utan yang menyediakan berbagai koleksi orang utan dan Children Zoo di mana anak-anak kecil dapat berinteraksi dengan hewan kecil dan jinak.

Kebun Binatang Ragunan juga dilengkapi dengan wahana permainan yang beragam yang sangat sesuai untuk anak-anak.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Wisata Budaya dan Rekreasi

#24 Bundaran Hotel Indonesia

Salah satu ikon kota Jakarta adalah Bundaran Hotel Indonesia atau yang sering disingkat dengan nama Bundaran HI.

Bundaran ini sendiri merupakan sebuah kolam air mancur dengan Monumen Selamat Datang di bagian tengahnya.

Bundaran Hotel Indonesia

 

Monumen Selamat Datang ini berupa sepasang manusia (lelaki dan perempuan) yang sedang melambaikan tangan sembari menggengam bunga.

Patung tersebut pun menghadap ke arah Monas, yang berarti menyambut para orang yang datang dari Monas.

Baik di malam hari maupun siang hari, Bundaran HI selalu menawarkan pemandangan yang menarik dan berbeda. Ingin menambah posting di media sosial Anda? Datanglah ke tempat ini.

 

#25 Setu Babakan

Setu Babakan merupakan sebuah danau yang sebenarnya berfungsi sebagai tempat resapan air di kawasan Jakarta Selatan.

Namun, lama kelamaan, tempat wisata ini dijadikan sebuah tempat cagar budaya untuk melestarikan kebudayaan Betawi.

Setu Babakan

 

Akhirnya sekarang, di sekeliling Setu Babakan dibangunlah sebuah perkampungan Betawi.

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal kebudayaan Jakarta dan bagaimana kehidupan asli budaya Betawi, maka kunjungilah tempat yang dibuka dari jam 6 pagi hingga 6 sore ini, dan tentu saja, gratis.

 

#26 Taman Ismail Marzuki

TIM (Taman Ismail Marzuki) merupakan sebuah kawasan yang menawarkan wisata seni, ilmu dan budaya yang mana nama tamannya sendiri diambil dari pencipta lagu legendaris di Indonesia yaitu Ismail Marzuki.

Taman ini dibuka pada tahun 1968 dan terletak di Cikini, Jakarta Pusat.

Bagi Anda wisatawan yang membawa anak-anak, Anda pun dapat membawa anak Anda mengunjungi Planetarium yang juga terletak di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki.

Taman Ismail Marzuki

 

Di Taman Ismail Marzuki, pengunjung pun dapat melihat acara-acara seni dari pelajar yang bersekolah di IKJ (Institut Kesenian Jakarta).

Acara seni tersebut dapat berupa pembacaan puisi, pagelaran musik dan tari, hingga pameran lukisan dan kerajinan tangan yang indah.

Jika Anda ingin menyaksikan teater atau pertunjukan, Anda harus membayar tiket terpisah.

 

#27 Stasiun Tanjung Priok

Jika Anda pernah melihat foto Instagram yang memamerkan keindahan sebuah stasiun, mungkin saja tempat tersebut adalah Stasiun Tanjung Priok.

Stasiun Tanjung Priok yang pada eranya ditetapkan sebagai stasiun termegah di Asia Tenggara.

Stasiun Tanjung Priok

 

Stasiun ini terletak di seberang Pelabuhan Tanjung Priok dan memiliki bangunan yang sangat kental nuansa tempo dulunya dan bergaya art deco sehingga tempat ini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya DKI Jakarta.

 

#28 Galangan Kapal VOC

Galangan Kapal VOC ini merupakan salah satu bangunan yang menawarkan keindahan arsitektur khas zaman kolonial Belanda.

Tempat ini dibangun pada tahun 1628 dan dahulunya dipakai sebagai kantor pusat kegiatan perusahaan dagang Hindia Belanda.

Galangan Kapal VOC

 

Pada eranya, galangan kapal ini dijadikan tempat menyimpan dan memperbaiki kapal-kapal besar dan kapal-kapal kecil yang akan berlayar selama berbulan-bulan atau bahkan tahunan ke perairan terbuka.

Dulunya, galangan kapal VOC ini menjadi suatu bandar terpenting di Asia dan pendukung bagi jaringan niaga se-dunia yang menggunakan kapal layar.

 

#29 Kota Tua

Kota Tua merupakan salah satu kawasan di Jakarta yang menawarkan pemandangan khas sejarah dan rumah-rumah peninggalan Belanda.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat indah karena arsitektur bangunannya yang belum pernah direnovasi dan masih sangat asli.

Kota Tua

 

Selain itu, Anda pun dapat mengunjungi taman di depan Museum Fatahillah yang juga berada di Kota Tua. Di taman ini, Anda akan menemukan para seniman jalanan serta pedagang kaki lima dan pedagang makanan.

Setiap harinya, taman ini sering dikunjungi orang, baik wisatawan yang hanya ingin melihat keramaian kota Jakarta, atau pasangan yang sedang melakukan foto prewedding dan masih banyak lagi.

 

#30 Taman Menteng

Taman Menteng merupakan salah satu taman yang ada di Jakarta yang dilengkapi dengan fasilitas serta pemandangan yang sangat indah.

Di sini, Anda dapat berolahraga lari di jogging track yang telah disediakan.

Taman Menteng

 

Selain itu, Anda pun dapat duduk bersantai sambil menikmati fasilitas internet gratis. Karena Taman Menteng sangat indah, seringkali taman ini dijadikan tempat untuk pembuatan FTV.

Penasaran dengan salah satu spot Instagram ini?

 

#31 Gedung Kesenian Jakarta

GKJ atau Gedung Kesenian Jakarta merupakan salah satu bangunan tua peninggalan pemerintahan Belanda yang masih berdiri di Jakarta. Dari luar pun, Anda akan merasakan atmosfer yang berbeda dan gedung yang megah.

Gedung Kesenian Jakarta ini terletak di Jalan Gedung Kesenian No 1, Jakarta Pusat.

Gedung Kesenian Jakarta

 

Gedung Kesenian Jakarta tersebut merupakan tempat para seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasi seninya, seperti drama, teater, film, sastra, dan lain sebagainya.

 

#32 Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Siapa yang tidak tahu TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Taman ini bukanlah taman biasa, tetapi taman ini merupakan gambaran dan wajah dari Indonesia versi mini.

Arsitektur dan desain di dalam TMII sendiri sangat mengagumkan.

TMII ini menyajikan edukasi budaya bagi Anda dan keluarga mengenai suku dan kebudayaan setiap daerah di Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

 

Untuk anak-anak yang gemar bermain, TMII pun menyediakan Istana Anak-anak Indonesia, sebuah taman hiburan yang dikhususkan untuk anak-anak dan juga tersedia kapal angsa, dimana anak-anak Anda dapat menjelajahi kepulauan yang ada di danau.

Untuk anak-anak dengan usia yang lebih dewasa, mereka dapat menonton pertunjukkan IMAX Theater di Keong Mas, sebuah panggung pertunjukan musik atau menghabiskan waktu dengan bermain air di Snow Bay.

Di sini pun tersedia lokasi wisata Taman Burung dan Taman Bunga.

Selain tempat di atas, terdapat juga Teater Tanah Airku, sebuah teater yang merupakan perpaduan keindahan Indonesia dan internasional dan yang pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknolgi panggung seni.

 

#33 Balai Kota DKI Jakarta

Sejak tanggal 12 September 2015, gedung Balai Kota DKI Jakarta ini resmi dibuka untuk umum.

Tidak hanya sebagai kantor Gubernur DKI Jakarta, sekarang Balai Kota DKI Jakarta sudah dapat dijadikan sebagai wisata edukasi dan budaya.

Balai Kota DKI Jakarta

 

Pengunjung dapat memasuki ruang-ruang yang ada di dalam Balai Kota DKI Jakarta ini. Pada saat berkunjung, wisatawan akan lebih mengerti sejarah gedung Balai Kota DKI Jakarta serta foto dan nama gubernur terdahulu.

Siapa tahu Anda beruntung dan dapat bertemu langsung dengan Gubernur DKI Jakarta.

 

#34 Patung Pancoran

Sebenarnya nama asli dari patung ini adalah Monumen Patung Dirgantara yang berada di kawasan Pancoran, dan karena lokasinya, akhirnya patung ini sering disebut dengan nama Patung Pancoran.

Patung Pancoran

 

Monumen ini dibangun dalam rangka penegasan bahwa bangsa Indonesia juga berani menjelajahi angkasa dan menjadi simbol dari dunia penerbangan atau kedirgantaraan.

Patung ini sengaja dibangun di pintu gerbang kawasan Jakarta Selatan dari Lapangan Terbang Halim Perdanakusuma. Lapangan terbang ini dahulunya menjadi Markas Besar Angkatan Udara Republik Indonesia.

 

#35 Monumen Proklamator

Monumen Proklamator merupakan sebuah tempat bersejarah yang ditandai dengan 17 pilar tepat di belakang patung proklamator Ir. Soekarno yang sedang membacakan naskah proklamasi dan tepat di sebelahnya terdapat patung Drs. Mohammad hatta.

17 pilar tersebut menandakan tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.

Di tengah-tengah mereka terdapat tulisan naskah proklamasi diatas batu marmer hitam tepat. Tepat di bawah batu marmer hitam tersebut terdapat piagam peresmian Monumen Proklamator oleh Bapak Soeharto presiden ke-2 bangsa Indonesia dalam marmer putih.

Monumen Proklamator

 

Selain monumen di atas, di dalam kawasan yang sama pula terdapat Tugu Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia, sebuah tugu yang berbentuk obelisk.

Tugu Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia ini dibangun tepat pada tanggal 17 Agustus 1946, tepat 1 tahun kemerdekaan Indonesia.

Tugu ini diresmikan pada saat dimana perjuangan kemerdekaan Indonesia sedang berkobar dan merupakan suatu usaha yang berani yang ditunjukkan oleh bangsa Indonesia.

Di sisi tugu ini tertulis tulisan yang dipahat di marmer berbunyi “atas oesaha wanita Djakarta”. Sedangkan di sisi lainnya terdapat tulisan naskah proklamasi dalam marmer dan peta Indonesia juga dalam marmer.

 

#36 Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta ini berhadapan langsung dengan Masjid Istiqlal, yang mana menunjukkan bahwa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai toleransi beragama.

Gereja ini memiliki gaya neo-gotik dan merupakan gereja tertua di Jakarta yang dibangun pada tahun 1901.

Gereja Katedral Jakarta

 

Selain sebagai tempat ibadah, Gereja Katedral Jakarta juga memiliki museum yang menyimpan barang bersejarah termasuk tongkat Paus Paulus VI dan piala Paus Yohanes Paulus II.

Wisatawan yang hobi fotografi haram hukumnya kalau tidak mengabadikan gambar bangunan gereja katedral yang keren ini.

 

#37 Museum Bahari

Museum Bahari ini dulunya merupakan sebuah gedung yang dipakai oleh Belanda dan di dalam museum ini, Anda akan menemukan berbagai koleksi yang berhubungan dengan kelautan.

Karena bangunannya yang sudah tua, di sini Anda akan melihat arsitektur serta desain khas zaman penjajahan Belanda.

Museum Bahari

 

#38 Kampung Luar Batang

Kampung Luar Batang terkenal sebagai salah satu permukiman tertua di kota Jakarta dan terletak di belakang Gedung Museum Bahari, Penjaringan.

Di sini, berdiri pula sebuah masjid yang bernama Masjid Luar Batang yang umurnya sudah cukup tua.

Kampung Luar Batang

 

Di dalam komplek masjid ini juga terdapat makam Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus, seorang tokoh agama yang sangat terkenal.

Jika Anda ingin mendapatkan foto bangunan tradisional dengan latar belakang yang indah, maka tempat ini adalah tempat yang paling sesuai untuk Anda.

 

#39 Petak Sembilan

Setiap negara memiliki Chinatown-nya sendiri, begitu pula di Indonesia.

Chinatown yang ada di Jakarta ini terletak di daerah Petak Sembilan. Selain desain arsitektur bangunan yang sangat melambangkan kaum Pecinan, kawasan Petak Sembilan ini juga terkenal dengan kulinernya yang beragam.

Petak Sembilan

 

Di dalam kawasan Petak Sembilan ini terdapat sebuah kelenteng, yang dinamakan Kelenteng Petak Sembilan atau Vihara Dharma Bakti atau Kelenteng Jin De Yuan.

Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di Jakarta yang dibangun oleh letnan berkebangsaan Tiongkok, Kwee Hoen pada tahun 1650.

Selain vihara, di tempat ini juga terdapat sebuah gereja Katolik kuno yang didesain dengan arsitektur Tionghoa.

 

#40 Museum Satria Mandala

Museum ini merupakan museum yang mengoleksi barang-barang TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Museum ini memamerkan sejarah TNI mulai dari masa penjajahan, kemerdekaan, reformasi hingga masa sekarang.

Ketika memasuki kawasan museum, pengunjung akan melihat sebuah roket dan helikopter yang sempat digunakan untuk perang pada zaman dahulu.

Museum Satria Mandala

 

#41 Museum Fatahillah

Museum ini terletak di Jalan Pinangsia, Jakarta Barat dan buka mulai dari hari Selasa hingga hari Minggu dari pukul 9 pagi hingga 3 sore.

Di sini, Anda akan menemukan benda peninggalan masa penjajahan dan replika prasasti serta benda seni dari masa kerajaan hingga masa kini.

Museum Fatahillah ini juga dahulunya merupakan kantor Gubernur Jenderal Batavia.

Museum Fatahillah

 

#42 Jakarta Islamic Centre

Tempat ini terletak di Jalan Kramat Jaya, Tugu Utara dan merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai pusat kajian Islam dan Anda dapat menemukan dan mengetahui sejarah perkembangan Islam secara lengkap.

Jakarta Islamic Centre

 

Yang unik dari Jakarta Islamic Centre ini adalah bangunan yang mempunyai desain khas Turki.

Selain itu, fakta unik lainnya adalah Jakarta Islamic Centre ini dibangun di atas lahan yang pernah dipakai oleh tempat prostitusi terbesar di Jakarta yaitu Lokalisasi Kramat Tunggak.

 

#43 Masjid Istiqlal

Salah satu fakta unik dari Masjid Istiqlal ini adalah bahwa Masjid Istiqlal ini dirancang oleh seorang Nasrani dan masjid ini tercatat sebagai masjid yang paling besar se-Asia Tenggara.

Masjid Istiqlal

 

Masjid yang dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 ini memiliki desain yang merupakan gabungan dari arsitektur khas Indonesia, Timur Tengah dan Eropa.

Sebagai masjid modern, Istiqlal tidak hanya melayani kebutuhan ibadah saja, namun juga menjadi kunjungan wisata religi, pusat pendidikan Islam dan pusat aktivitas syiar Islam.

 

#44 Hauwke’s Auto Gallery

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat sesuai untuk dijadikan posting media sosial. Ketika Anda datang ke tempat ini, Anda akan langsung merasakan atmosfer tahun 60-an.

Di sini Anda akan menemukan mobil-mobil tua yang terawat dengan baik serta nuansa klasik untuk bagian dekorasinya.

Beberapa mobil yang dapat Anda temukan di sini adalah mobil klasik seperti Chevrolet Bel Air, Chevrolet Impala, Austin Seven keluaran 1937 hingga mobil Formula 1vintage.

Hauwke’s Auto Gallery

 

Untuk menambah keunikan desainnya sendiri, Hauwke’s Auto Gallery pun menambahkan pompa bensin model Texaco di bagian depan.

Ketika Anda mulai masuk ke dalam, Anda akan melihat koleksi mobil Chevrolet Corvette, Mustang Boss, hingga mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno pun terpajang rapih di ruangan ini.

Kemudian naik ke lantai kedua, Anda akan melihat satu set peralatan makan Amerika seperti tahun 50-an lengkap dengan perabotan dan pernak-pernik yang khas di era tersebut.

 

#45 Alive Museum Ancol

Walaupun namanya adalah museum, namun Alive Museum Ancol bukanlah sebuah tempat yang mengoleksi barang-barang sejarah.

Alive Museum Ancol adalah sebuah museum yang menawarkan pengalaman 4 dimensi dan karena letaknya ada di TIJA (Taman Impian Jaya Ancol), maka diberikan nama Alive Museum Ancol.

Tempat Wisata di Jakarta

Alive Museum Ancol

 

Di sini, Anda akan melihat gambar dua dimensi yang jika diperhatikan dari sudut yang berbeda akan menjadi sebuah gambar 4 dimensi.

Hampir setiap sudut ruangan museum menawarkan gambar yang unik dan sangat menarik dan tentu semua gambar, lukisan dan mural yang ada di Alive Museum Ancol seluruhnya tampak hidup.

 

Tempat Wisata di Jakarta yang Instagrammable

Seringkali wisatawan terlalu terfokus dengan hasil foto kemudian lupa untuk merasakan dan mengambil makna dari sebuah tempat wisata.

Oleh karena itu, Anda harus selalu ingat bahwa mengambil foto hanyalah sebuah tujuan agar kita dapat mengabadikan momen tersebut.

 

Apakah Anda pernah mengunjungi tempat-tempat yang layak untuk di-upload di media sosial tersebut?

Silahkan bagikan pengalaman dan saran yang dapat Anda berikan untuk sesama traveller sehingga perjalanan Anda dan mereka akan lebih nyaman.

 

Sumber Referensi:

  • Nanda. 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba. https://goo.gl/KPk4Nj
  • Admin. 15 Spot Instagram Terbaik di Jakarta yang Akan Menjadikan Kamu Anak Kekinian. https://goo.gl/GBsF2M
  • Admin. 21 Januari 2017. 5 Pantai di Jakarta yang Lagi Ngehits Dikunjungi. https://goo.gl/bPiLjr
  • Admin. Tugu Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia. https://goo.gl/7SP21Q
  • Alfri. 12 Tempat Wisata di Jakarta Untuk Pengalaman Liburan yang Tak Biasa. https://goo.gl/xpUjB6
  • Alfri. 15 Tempat Wisata Populer yang Wajib Traveler Kunjungi Saat Liburan ke Jakarta Pertama Kali. https://goo.gl/xpUjB6
  • Deden. 19 Juni 2016. 10 Cafe dan restoran di Jakarta yang Dijamin Membuat Instagram Anda Lebih Keren. https://goo.gl/2bXfm7

 

Sumber Gambar:

  • Bandar Djakarta – https://goo.gl/pjH4Zc
  • Social House – https://goo.gl/fSmMyE
  • Hospitalis Restaurant & Bar – https://goo.gl/55D6DC
  • Namaaz Dining – https://goo.gl/bi6k7a
  • Awan Lounge – https://goo.gl/WQNTF3
  • Café Batavia – https://goo.gl/dSGQuE
  • Colette & Lola – https://goo.gl/SVtba7
  • The Playground – https://goo.gl/oWSPmq
  • Sinou Kaffee Hausen – https://goo.gl/Ak1h2F
  • Tugu Kunstkring Paleis – https://goo.gl/ZqAjur
  • Ron’s Laboratory – https://goo.gl/22SLwb
  • Taman Pecenongan – https://goo.gl/sxYuoW
  • Hutan Mangrove – https://goo.gl/fPqF3W
  • Pantai Ancol – https://goo.gl/Tr7mQy
  • Kepulauan Seribu – https://goo.gl/ca7Brt
  • Pulau Bidadari – https://goo.gl/iFBBW1
  • Pulau Tidung – https://goo.gl/o3Vn28
  • Pulau Pramuka – https://goo.gl/XQr3Q9
  • Pulau Pari – https://goo.gl/G3PvZE
  • Pulau Semak Daun – https://goo.gl/6D7yzy
  • Pantai Marunda – https://goo.gl/LDJkpw
  • Hutan Kota Srengseng – https://goo.gl/t3DjxD
  • Kebun Binatang Ragunan – https://goo.gl/thPgFF
  • Bundaran Hotel Indonesia – https://goo.gl/DxkBSN
  • Setu Babakan – https://goo.gl/HcD3qf
  • Taman Ismail Marzuki – https://goo.gl/4rHFh9
  • Stasiun Tanjung Priok – https://goo.gl/Du6kHA
  • Galangan Kapal VOC – https://goo.gl/7ykw6M
  • Kota Tua – https://goo.gl/97XQbU
  • Taman Menteng – https://goo.gl/D7WY6N
  • Gedung Kesenian Jakarta – https://goo.gl/dP6ZUf
  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – https://goo.gl/H74m54
  • Balai Kota DKI Jakarta – https://goo.gl/7Ab6se
  • Patung Pancoran – https://goo.gl/WZCHqS
  • Monumen Proklamator – https://goo.gl/B6LMqZ
  • Gereja Katedral Jakarta – https://goo.gl/8bgoFv
  • Museum Bahari – https://goo.gl/KexFCs
  • Kampung Luar Batang – https://goo.gl/9VjAXN
  • Petak Sembilan – https://goo.gl/FYGcrd
  • Museum Satria Mandala – https://goo.gl/r8FNXe
  • Museum Fatahillah – https://goo.gl/tVcypT
  • Jakarta Islamic Centre – https://goo.gl/eocwFT
  • Masjid Istiqlal – https://goo.gl/B6GmFP
  • Hauwke’s Auto Gallery – https://goo.gl/ReYbre
  • Alive Museum Ancol – https://goo.gl/E2iuei
By | 2017-12-06T15:01:46+00:00 December 2nd, 2017|Categories: Dana Liburan, Lifestyle, Travelling|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download